Menebus Bulan Madu yang Tertunda ke Pulau Sikuai

 

Bulan madu…. Hmm, tiba-tiba saja frasa ini meluncur di minda saya begitu melihat kalender di dinding. Lingkar merah besar menandai satu tanggal istimewa di bulan November. Yup. Ini anniversary kelima.

Tak terasa waktu bergulir begitu cepat. Padahal rasanya baru kemarin saya “merajuk” lantaran suami batal mengajak bulan madu. Rasanya baru kemarin pula kami melangsungkan ijab kabul. Dan sekarang sudah berjalan lima tahun dengan tiga krucils sebagai bonusnya. 🙂

Oiya ngomongin soal bulan madu ini, saya memang sempat merajuk. Ceritanya sebelum menikah kami berencana akan menghabiskan beberapa hari liburan Plau Sikuai, Padang Sumatera Barat.

Sebagai orang Minang, rasanya ada yang kurang bagi saya bila belum menjejakkan kaki ke pulau ini. Apalagi objek wisata ini sudah terkenal sampai ke mancanegara dan menjadi destinasi wisata favorit turis mancanegara.

 

Pesona Pulau Sikaui

 

Foto dari Dinas Pariwisata Sumbar

 

Pulau Sikuai merupakan pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera. Berada dalam wilayah administrative Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Pulau dengan luas sekitar 45 hektare ini mulai dikembangkan menjadi objek wisata bahari sejak 1994. Di sini para wisatawan dapat menikmati keindahan bahari dari mulai snorkeling, diving, berenang, memancing, trekking atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pantai.

Dan bagi saya, daya tarik paling besar dari Pulau Sikuai adalah bisa menyaksikan keindahan terumbu karang dari atas permukaan laut tanpa harus menyelam. Selain keindahan bawah laut, di sini pengunjung juga bisa menyaksikan pemandangan laut lepas, matahari terbenam di Samudera Hindia dari atas puncak bukit. Juga menyaksikan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar.

Pesona Sikuai sempat redup setelah terjadinya gempa besar yang melanda Padang. Namun sekarang, destinasi ini mulai berbenah kembali dan bisa diakses dengan menggunakan kapal yang akan mengantar setiap hari dari dermaga Bungus.

 

Keindahan pantai di pulau-pulau sekitar Sikuai

 

Sebenarnya, rencana berkunjung ke Sikuai sudah pernah kami cetuskan ketika masih kuliah dulu. Saat itu saya dan suami masih teman dekat. Namun setelah mencari tahu mengenai akomodasi untuk sampai dan menikmati pesona Pulau Sikuai, kami pun batal.

Alasannya, menikmati keindahan Sikuasai baru lengkap bila kita menginap di sana. Dan hanya ada satu resort yang tersedia. Bila pergi setelah menikah bianya tentu akan lebih hemat karena kami tak perlu memesan dua kamar.

 

“Kita ke Sikuai nanti saja ya setelah menikah. Sekalian untuk bulan madu,” ujar suami yang waktu itu masih berstatus perjaka. 🙂 

 

Lokasi Sikuai

Setelah menikah, rencana bulan madu tak jadi terlaksana. Alasan pertama, saya dan suami yang saat itu sama-sama berstatus pekerja tak punya sisa liburan untuk berbulan madu berdua. Alasan kedua karena biaya untuk bulan madunya sudah tak memadai. Hihi…

Dan sekarang, setelah lima tahun bergulir, keinginan untuk mengunjungi Pulau Sikuai kembali datang. Apalagi lebaran idul fitri kemarin kami juga tak pulang ke Padang. Jadi alasan saya untuk mengajukan proposal pulang kampung sekaligus menebus bulan madu yang tertunda pada suami menjadi besar.

Saya sudah menyampaikan keinginan ini. Sejauh ini suami memberi lampu hijau.

 

“Cobalah Adek lihat-lihat akomodasinya. Mudah-mudahan liburan akhir tahun kita bisa liburan sekeluarga ke sana.”

 

Asyikkk….

Lampu hijau benar-benar telah menyala. Tak mau buang-buang kesempatan, sebelum suami berubah pikiran saya langsung cuss mengecek Aplikasi Traveloka yang memang sudah terinstall di smartphone. Saya memang sudah lama menginstall aplikasi ini.

Sebab selama ini.bila pergi ke luar kota dan staycation bersama keluarga saya selalu memesan hotel di Traveloka. Harganya pasti dan terbukti lebih murah disbanding aplikasi lain. Bila hendak pulang kampung ke Padang atau ada tugas ke luar daerah saya juga selalu memesan tiket pesawat dari Traveloka.

Dan temans tahu. Salah satu aktivitas yang biasa saya lakukan sebelum mengecek tiket atau memesan hotel dari Traveloka adalah mengintip bagian promo. Setiap hari biasanya selalu ada promo khusus yang diberikan seperti Thanks God is Friday, Liburan Singkat, New Gateway. Dengan berbagai tambahan promo harga akhir yang harus saya bayar menjadi jauh lebih hemat.

 

 

Saat ini ternyata ada lagi yang lagi happening di Traveloka. Promo baru yang cocok dengan kebutuhan saya. Ada paket Pesawat + hotels. Jadi dengan paket ini kita bisa memesan tiket pesawat plus hotel sekaligus dalam waktu bersamaan. Juga ada paket honeymoon Traveloka

Cara memesan lewat paket ini juga jauh lebih mudah. Tinggal mengisi destinaasi tujuan, mengisi satu formulir untuk mendapatkan tiket pesawat dan penginapan dalam sekali enter. Tak perlu wara wiri lagi deh ngubek aplikasi memesan tiket pesawat dan hotel.

Oiya, setelah dicoba memesan dengan menggunakan paket ini juga jauh lebih murah dibanding memesan secara terpisah.

Untuk kepentingan penebusan bulan madu yang tertunda saya pun mulai mencari akomodasi yang kami pakai nanti. Rencananya, kami akan terbang ke Padang, dan menginap di salah satu hotel ini. Menyeberang ke Pulau Sikuai di Pagi hari dan kembali ke hotel di malam hari.

 

 

Untuk akomodasi selama di Padang saya berencana menginap di dekat pelabuhan Bungus. Kawasan Teluk Kabung. Tujuannya agar lebih mudah untuk menyeberang ke Pulau Sikuai nanti. Jadi saya memilih penginapan di sana.

Duh. Senang rasanya bisa merencanakan honey moon kami yang tertunda. Setelah mendapatkan harga yang murah, kini saatnya mengajukan proposal pada suami tercintah….

Oiya, saat ini di Traveloka juga ada paket bulan madu juga lho. Ada beberapa destinasi popular seperti honey moon Bali, Jogja, Gilitrawangan, KarimunJawa.

So, buat temans yang ingin liburan, bisa banget coba paket ini. Apalagi ada berbagai pilihan pembayaran, jadi tak perlu khawatir pembayaran tertunda. Mudah dan murah, banyak diskonnya pula.

Selamat mencoba ya…

🙂

 

 

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *