Tips Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Sehat

Kita tidak perlu menyapu dan mengepel lantai setiap hari untuk menjaga agar rumah tetap bersih dan sehat. Sebaliknya, menyapu tiap hari justru tidak akan membuat rumah kelihatan rapih jika memang barang-barang di dalamnya tidak ditata dengan benar.

Merawat rumah agar tetap bersih dan sehat adalah hal yang wajib dilakukan, baik oleh pria maupun wanita. Sebab hal kecil ini bisa memberi pengaruhi besar untuk kesehatan, mood, dan tingkat stress setiap hari.

Oleh karena itu, ketahuilah tips merawat rumah agar tetap bersih dan sehat berikut ini.

Tips Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Sehat

Agar rumah kelihatan bersih, rapih, tidak tumpuk-tumpukan, dan jauh dari kotoran dan penyakit, ikutilah tips berikut ini.

1. Bereskan Tempat Tidur Setiap Bangun Tidur

Tips yang pertama kita mulai dari kebiasaan yang sangat simple, yaitu membereskan kasur tiap bangun tidur. Jangan tunggu pulang kantor atau ketika sedang santai, biasakan membereskannya segera setelah bangun tidur sebelum keluar dari kamar.

Sebab kasur adalah benda yang paling memakan tempat di dalam kamar, bahkan bisa jadi salah satu benda paling besar di seluruh isi rumah.

Jadi bila kasur berantakan, seisi kamar bisa terasa berantakan.

2. Buka Jendela Setiap Pagi

Agar sirkulasi udara di rumah bisa tetap sehat, tidak lembab, dan moldy, buka jendela setiap pagi. Bila Anda takut banyak debu yang masuk, segera tutup sebelum jam 10 atau sebelum berangkat kerja.

Bila di rumah Anda lingkungannya kurang aman, cukup buka jendela tiap weekend ketika Anda sedang ada di rumah. Atau, pasang teralis jendela agar lebih aman.

3. Cuci Piring Setiap Pagi

Mencuci piring adalah hal yang paling membosankan di seluruh dunia. Oleh karena itu lakukan kegiatan ini di pagi hari, ketika energi kita masih banyak untuk menghadapi masalah-masalah yang membosankan.

Bila dibiarkan sampai malam, biasanya kita sudah terlanjur lelah dengan segala kegiatan seharian. Jadi malah ditunda sampai besok lagi, dan begitu seterusnya.

Satu tips agar cuci piring tidak terlalu membosankan, putar musik, film, atau video Youtube yang Anda suka sambil mencuci piring. Dengan begitu pikiran kita tidak akan terlalu jenuh dan kegiatan ini tidak akan terasa lama.

4. Sapu dan Pel Rumah Dua atau Tiga Hari Sekali

Menyapu dan pel rumah hanya perlu dilakukan dua atau tiga hari sekali. Tapi, pastikan Anda membersihkan seluruh area interior rumah dan memastikan semuanya bersih, wangi, dan nyaman untuk disinggahi.

Bila Anda tinggal di apartemen dengan lantai kayu, alternatif yang bisa dilakukan adalah menggunakan vacuum cleaner untuk mengganti sapu dan menggunakan pel khusus lantai kayu agar lebih bersih.

5. Buang Barang yang Sudah Tidak Dipakai Selama 3 Bulan

Terakhir, Anda pasti punya barang apapun yang sudah tidak dipakai selama lebih dari 3 bulan. Misalnya buku yang sudah tidak pernah dibaca lagi, koleksi mainan yang sudah tidak pernah diperhatikan secara serius belakangan ini, kumpulan kaset-kaset, baju, tas, dan masih banyak lagi.
Jika tidak ingin dibuang, sumbangkan ke yayasan atau tempat yang lebih membutuhkan.

Semakin sedikit barang di dalam rumah, semakin mudah kita menjaganya agar tetap bersih.

Mulailah tips merawat rumah agar tetap bersih dan sehat dari langkah pertama dulu. Kemudian seminggu kemudian, mulai kebiasaan yang kedua, dan begitu seterusnya. Sehingga merawat rumah akan terasa seperti kebiasaan tiap hari, bukan perintah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *