Microwave atau Oven? Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Membeli Microwave Oven

Memiliki microwave dan oven sekarang bukan lagi menjadi kebutuhan mewah. Seiring perkembangan pola hidup masyarakat yang mengarah gaya hidup sehat, kebutuhan akan oven dan microwave semakin besar pula.

Apalagi menjelang hari spesial seperti menyambut ramadhan dan lebaran kebutuhan akan oven dan microwave pun menjadi besar. Ada banyak menu dan sajian yang bisa dihidangkan dengan menggunakan oven.

Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.

Bila dulu orang mengenal oven tangkring, sekarang sudah ada oven listrik. Banyak perusahaan yang memproduksi oven dan microwave untuk memenuhi kebutuhan pasar. Oven listrik dan microwave kini menjadi kebutuhan rumah tangga yang penting di dapur.

Keluarga saya termasuk yang sangat terbantu dengan adanya oven listrik. Banyak menu yang bisa disajikan. Oven listrik membuat memasak menjadi lebih praktis dan menyenangkan.

Sama halnya dengan oven tangkring yang biasanya muncul dengan merek oven bima, oven listrik berguna untuk memanggang makanan. Bisa untuk aneka kue kering, kue basah juga memanggang ayam, ikan dan daging.

Beberapa merek oven listrik yang terkenal seperti oven listrik cosmos, oven listrik kirin, oven listrik oxone, dan oven listrik Modena. Selain mereka ini juga ada beberapa merek lain seperti Maspion, dan sharp.

 

“Tidak semua microwave oven bisa dipakai untuk memasak kue. Pada beberapa produk juga membutuhkan daya listrik besar. Pastikan temans tidak salah membeli.”

 

Berbeda dengan oven, microwave hanya berfungsi untuk menghangatkan makanan. Biasanya digunakan untuk mencairkan makanan beku sebelum dimasak. Microwave juga berguna untuk menghangatkan makanan sebelum dihidang sehingga lebih menggugah selera.

Bagaimana bila ingin merasakan manfaat keduanya, memanggang dan memanaskan dalam satu alat. Buat temans yang ingin punya alat pemanggang sekaligus yang bisa untuk memanaskan sekarang sudah ada microwave oven. Perkakas ini menggabungkan dua fungsi.

Meski begitu mencari microwave oven yang benar-benar bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak, memanggang dan memanaskan tidaklah mudah. Karena kurangnya informasi, banyak yang akhirnya salah membeli karena tidak semua microwave oven bisa digunakan untuk memanggang kue.

 

 

Di pasaran, terdapat 3 jenis microwave oven yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Karena itu, sebelum membeli microwave oven, sangat penting memastikan dan mencari informasi jenis yang akan dibeli. Jangan sungkan bertanya ke pelayan bila tidak mendapatkan informasi lengkap melalui display atau kardus.

Berikut 3 jenis Microwave Oven yang perlu diketahui

1. Microwave solo

Microwave solo adalah microwave biasa, konvensional yang punya fungsi utama menghangatkan makanan. Microwave solo juga digunakan untuk mempercepat proses pencairan makanan beku sebelum diolah atau dimasak.

Microwave jenis ini tidak bisa digunakan untuk memanggang kue dan juga ikan, ayam, dan daging. Di pasaran harga microwave solo bisa dijumpai mulai dari Rp 500 ribu. Mereknya beragam ada Panasonic, Samsung, cosmos, oxone, modenna.

 

2. Microwave oven grill.

Selain untuk menghangatkan, microwave grill bisa digunakan untuk memanggang. Namun kemampuan memanggangnya masih terbatas dan belum bisa digunakan untuk memanggang kue dan cake.

Microwave oven grill bisa digunakan untuk memanggang ikan, ayam dan daging. Microwave grill berada di pasaran dengan harga mulai dari Rp 1,1 juta. Produk yang murah dan sedang promo adalah Microwave Samsung.

 

3. Microwave oven convection

Jenis convection adalah jenis yang cocok buat temans yang ingin memasak kue. Micorwave convection memiliki fitur untuk menghembuskan udara yang dapat menjaga suhu panas di dalam microwave lebih merata.

Microwave convection juga bagus digunakan untuk membuat pizza karena tingkat kematangan lebih merata dan menyerap ke dalam makanan.

Model convection ini di pasaran harganya lebih mahal. Rata-rata berada di angka Rp2,5 juta. Karena fungsinya yang banyak jenis microwave convection biasanya baru ditemukan di toko elektronik besar ataupun supermarket.

 

 

Memperhatikan jenis microwave oven sangat penting sebelum membeli agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Ini juga akan meminimalisir salah beli karena tergoda diskon dan harga miring.

Beberapa waktu lalu saya hampir saja membeli microwave oven merek Samsung tds 19 liter. Saya berniat membeli microwave oven yang bisa dipakai untuk membuat kue. Untung teliti dulu karena ternyata microwave oven Samsung yang sedang promo dan dibanderol Rp 1.210 juta itu ternyata berjenis grill yang tidak bisa untuk memanggang kue.

Selain memperhatikan jenis yang akan dibeli, kita juga perlu mengetahui beberapa hal terkait microwave oven ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Daya listrik

Konsumsi listrik untuk menyalakan microwave oven cukup tinggi. Biasanya mulai dari 350 watt. Karena itu sebelum membeli pastikan daya listrik yang tersisa di rumah masih bisa untuk menambah satu perkakas rumah tangga lain.

Angka 350 watt pun juga merupakan angka minimal. Pada saat memasak, bisa saja daya yang dibutuhkan akan lebih tinggi. Beberapa microwave oven malah ada yang membutuhkan daya start dari 800 watt. So, pastikan temans sudah mengetaui dengan pasti daya yang dibutuhkan sebelum membeli microwave oven ya.

 

2. Ukuran

Ukuran ini berkaitan dengan kapasitas microwave oven. Bia kebutuhannya adalah untuk keluarga kecil bisa saja temans membeli microwave oven dengan kapasitas 19 liter. Tetapi ini ukurannya cukup kecil. Ruang masaknya cukup untuk memanggang seekor ayam.

Tapi jangan harap bisa memanggang kalkun di sini ya. Ukuran loyang pembuatan kue yang tersedia pun terbatas. Cukup untuk membuat cake dengan 4-5 telur. Namun bila ingin membuat cake ukuran besar seperti cake layer untuk pesta pernikahan belilah yang kapasitasnya lebih besar seperti 29 liter atau 35 liter atau yang lebih besar lagi.

 

3. Perlu tambahan piringan

Setiap paket pembelian microwave oven biasanya hanya dilengkapi satu piringan aluminium dan satu tatakan buat memanggang daging, ayam dan ikan. Karena itu bila ingin membuat variasi makanan seperti cake perlu membeli piringan aluminum tambahan.

 

4. Meja dalam oven

Meja atau tatakan bawah microwave oven ada dua. Ada yang model putar dan ada yang model datar.

Meja putar pada microwave oven adalah tempat meletakkan makanan yang dapat berotasi pada saat pemanasan masakan. Model putar akan membuat masakan matang dengan merata. Hanya saja bila membeli model putar akan sulit saat akan dibersihkan.

Model kedua adalah meja datar. Tipe meja datar dapat memanaskan masakan dengan merata tanpa harus diputar. Dengan begitu, ruang untuk meletakkan masakan lebih luas dibanding meja putar. Dari segi harga biasanya tipe meja datar lebih mahal dibanding tipe meja putar.

5. Perlu adonan khusus

Memasak dengan microwave oven terutama membuat cake berbeda dengan membuat menggunakan oven tangkring atau baking. Biasanya perlu adonan khusus kue yang dipanggang dengan microwave oven.

Adonan kue untuk microwave oven biasanya kadar airnya lebih sedikit dibanding saat masak dengan baking atau oven tangkring. Makanya sebaiknya kita menyesuaikan resep.

 

Saat ini terdapat banyak merek microwave oven. Agar dapat membeli dengan harga paling menarik taka da salahnya membanding-bandingkan harga di beberapa toko online sebelum membeli. Pastikan juga temans sudah melihat testimoni dan peringkat toko tempat akan membeli.

Saya sendiri beberapa waktu lalu membeli oven lewat online. Saya memilih membeli lewat official store yang ada di toko online tersebut. Dengan begitu saya jadi tak dag dig dug dengan keaslian barang yang dikirim. Plus ada garansi resmi pula.

Selamat belanja

🙂

 

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *