Inspirasi Ruang: Mengatur Kamar Sempit Menjadi Lega dengan Kasur Lipat

 

Memiliki rumah dengan desain dan ukuran minimalis bukan  berarti harus hidup bersempit-sempit bukan? Pengaturan yang tepat bisa membuat ruangan dan rumah menjadi nyaman dan lega.

***

 

Di Ibu Kota Jakarta dan kota padat penduduk lain di Indonesia, rumah dengan ukuran serba minimalis sudah biasa ditemukan. Namun, ukuran yang kecil tak menjadi penghalang untuk berkreativitas. Meski lahan terbatas, buktinya rumah-rumah yang ada di kota tetap bisa nyaman untuk ditinggali.

Coba deh temans lihat, di televisi seringkali ditampilkan rumah dengan ukuran mungil tetapi terlihat lega. Miniatur rumah yang sering ditunjukkan para developer perumahan pun juga demikian. Menggugah untuk ditinggali.

Salah satu cara mendapatkan rumah nyaman adalah dengan memilih perabot yang ukurannya minimalis pula. Padu padan yang apik dan pemilihan perabot ini akan membuat ruang menjadi terasa lega. Prinsip efisiensi akan menjadi hal penting dalam pengaturan perabot. Gunakan benda yang penting-penting saja biar rumah tidak makin sesak.

Begitu pula dan mengatur kamar tidur. Bagi saya sendiri, kamar tidur merupakan elemen terpenting di rumah. Kamar tidur kerap menjadi ruang untuk menemukan inspirasi. Ketika sedang asyik berbaring, tiba-tiba beberapa ide tulisan melintas begitu saja di kepala.

Menghadirkan kamar tidur yang nyaman wajib hukumnya. Biar makin betah dan nyaman untuk bercengkerama dengan keluarga. Bagi saya sendiri, kamar tidur merupakan salah satu ruang mewah di rumah. Meski ukurannya kecil, tetap saja kamar tidur harus terasa lega.

Berikut beberapa tips mengatur agar kamar sempit menjadi nyaman

  1. Gunakan perabot seperlunya.

Kamar itu tempat untuk istirahat. Karena itu sebaiknya di kamar tidak ada perabot yang membuat suasana tidak menjadi rileks. Apalagi untuk kamar yang ukurannya sempit. Misalnya meja computer. Bila  menginginkan kamar tidur yang nyaman sebaiknya meja computer tidak diletakkan di kamar tidur. Bisa saja di ruang keluarga.

Bagi temans yang tinggal di kos-kosan dan tidak punya ruang lain selain kamar tidur, maka sebaiknya memilih meja tidur yang portable atau bisa dilipat. Jadi ketika sedang tidak dipakai, meja computer bisa diletakkan di pinggir.

 

2. Menempelkan televisi di dinding

Bagi sebagian orang meletakkan televise di kamar tidur bisa menganggu kenyamanan istirahat. Namun bagi sebagian lainnya, televisi bisa menjadi media untuk bersantai sehingga sangat cocok diletakkan di kamar tidur. Dengan begitu seseorang bisa bersantai sambil beristirahat dan merebahkan badan.

Bila ingin meletakkan televisi di kamar tidur yang ukurannya kecil, ada baiknya bila meletakkan di atas dengan menanamnya di dinding. Sekarang hampir setiap televisi layar datar bisa ditempelkan. Bila tak bisa menempel sendiri, temans bisa meminta bantuan jasa service.

Selain membuat suasana kamar menjadi lebih lega, meletakkan televisi di dinding juga membuat jarak pandang mata menjadi lebih pas. Televisi yang ditanam di dinding juga relative lebih aman karena jauh dari jangkauan anak-anak.

 

 

Kamar yang tertata rapi akan menambah kenyamanan

 

3. Dekorasi minimalis

Untuk mendapatkan kamar yang enak dipandang, padu padan dalam pemilihan warna dan desain menjadi penentu. Agar kamar sempit menjadi lapang pilihlah perabot dan pernak-pernik dengan desain minimalis. Desain minimalis biasanya didominasi motif garis dan kotak.

Salah satu contoh pemanis yang bisa membuat kamar menjadi terlihat lega adalah dengan menempelkan lukisan abstrak di dinding. Pilihlah warna yangn sesuai dengan warna utama kamar. Bila kamar memiliki cat yang agak mentereng maka bingkai lukisan bisa dipilih dengan warna putih yang netral.

 

4. Menggunakan kasur lipat.

Kasur lipat merupakan alternatif paling tepat buat temans yang ingin menyulap kamar yang kecil menjadi lega. Apalagi bila kamar tidur juga kerap dijadikan ruang untuk family time seperti bermain dengan anak-anak.

Dengan menggunakan kasur lipat, kamar tidur bisa disulap menjadi ruang keluarga dadakan. Bercengkerama sambil bermain dengan si kecil menjadi lebih leluasa. Caranya dengan melipat kasur ketika sedang tidak digunakan.

Kasur lipat lebih praktis untuk dipindahkan dan disimpan. Bila sedang tidak dipakai, kasur lipat bisa diletakkan di atas lemari pakaian. Atau bisa juga diletakkan di belakang pintu. Atau bila memungkinkan kasur lipat juga bisa diletakkan di dalam lemari seperti halnya yang biasa dilakukan oleh Nobita dalam film doraemon. ☺

Saat ini di pasaran terdapat berbagai tipe dan ukuran kasur lipat sesuai kebutuhan. Ada yang ukuaran single, quen, dan bahkan ukuran king 200 cm x 180 cm. Bahannya pun bisa dipilih apakah yang busanya tebal atau tipis.

Beragam pilihan kasur lipat di mataharimall.com bisa jadi menjadi tempat tepat bagi temans yang ingin mencari kasur lipat. Harga untuk kasur lipat ini juga bervariasi.   Contohnya, harga kasur lipat ukuran Queen ada yang dihargai Rp650 ribu. Namun ada juga yang dibanderol Rp 240 ribu. Biasanya perbedaan harga ini karena beda bahan dan kualitas.

Selain menghemat tempat, manfaat lain menggunakan kasur lipat adalah karena mudah dibawa ke mana-mana. Misalnya ketika harus menginap di rumah saudara atau sedang melakukan perjalanan wisata bersama keluarga.

 

foto : pixabay

Agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama, kasur lipat juga perlu dirawat lho. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar kasur lipat yang sudah dibeli bisa awet.

 

  • Lapisi dengan sarung kasur atau spresi agar kasur lipat tidak mudah kotor
  • Rajin menjemur kasur lipat sambil ditepuk-tepuk agar debunya keluar
  • Jika mencuci kasur lipat yang terbuat dari busa, keringkan dengan cara menyandarkan kasur lipat pada dinding dengan posisi berdiri agar air yang ada di dalamnya keluar dengan sendirinya.
  • Jemur kain dengan cara mendiamkan hingga benar-benar kering, setelah itu baru bisa digunakan kembali
  • Lipat dan rapikan kasur lipat jika sedang tidak digunakan.

 

Itu dia beberapa tips untuk membuat kamar tidur yang sempit menjadi lebih lega. Bila kamar tidur sudah nyaman, hmmm, saya yakin siapapun yang masuk ke dalam kamar tidur yang sudah ditata dengan apik  akan betah. Tidur berkualitas pun bisa didapat dalam sekejap.

Selamat mencoba ya.

 

 

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *