Beli Mobil Bekas, Pastikan 5 Hal Ini Dulu Ya…

Beli dan Jual Mobil Bekas secara online merupakan trend yang berkembang seiring semakin baiknya akses internet. Masyarakat yang hendak membeli ataupun menjual mobil bekasnya tinggal terhubung ke internet dan memasukan gambar mobil yang dicari. Situs penghubung penjual dan pembeli akan menampilkan beragam produk yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan anggaran.

 

Meski jual beli mobil bekas menjadi lebih mudah, akan tetapi terdapat beberapa hal yang harus disadari oleh pembeli. Mobil bekas yang akan diincar tidak hanya harus terlihat baik secara fisik. Kondisi mesin juga harus dipastikan mendekati sempurna. Terutama untuk komponen mesin utama. Pembeli dan penjual yang tidak pernah kenal sebelumnya membuat tidak ada layanan aftersales jika terdapat kerusakan yang baru muncul setelah proses transaksi dilakukan.

 

Untuk itu, sebelum membeli mobil bekas secara online harus dilakukan

  1. Pastikan kondisi mesin prima

Pengecekan dapat dilakukan di mitra bengkel terpercaya. Pengecekan mesin menjadi penting karena adakalanya penampilan fisik tidak dapat dipercaya. Terutama mobil yang dijual karena habis terkena banjir dan seluruh mesin sudah basah oleh air. Secara fisik tidak terdapat kerusakan dalam kondisi ini.

 

Namun demikian terdapat sejumlah situs online yang menambahkan jasa pengecekan kondisi mobil ini seperti belimobilgue. Layanan yang saat ini masih gratis ini dapat menghindari biaya dadakan akibat kerusakan mobil setelah transaksi dilakukan.

  1. Periksa kelengkapan surat-surat Kepemilikan

Selain memastikan kondisi fisik mobil, dalam proses jual beli harus dipastikan kondisi surat-surat bukti kepemilikan juga tidak ada kendala. KTP penjual asli, kwitansi bermatrai dengan blanko kosong juga harus dipastikan ada. Jangan sampai dalam proses pengalihan nama pada BPKB terjadi kendala.

  1. Pastikan surat-surat tidak terblokir di Samsat

Ada kalanya sebuah kendaraan dalam kondisi terblokir di kantor Samsat. Proses pemblokiran ini terjadi karena ada permsalahan hukum yang melibatkan kendaraan yang kita incar. Untuk itu sebelum transaksi jual beli dilakukan, maka proses tidak adanya blokir ini sudah dipastikan.

  1. Pajak kendaraan masih cukup panjang dan tidak ada tunggakan

Kepastian sudah dibayarkannya pajak kendaraan sebelum proses jual beli dilakukan merupakan upaya agar tidak muncul biaya tambahan yang sebenarnya bisa dihindari. Pengenaan pajak kendaraan cukup besar sehingga menambah biaya yang timbul jika ternyata lalai memeriksa pajak kendaraan sebelum jual beli.

  1. Kondisi ban

Selain memeriksa mesin, maka harus dipastikan kondisi ban mobil yang ditaksir masih berada dalam kondisi baik. Tidak ada korekan yang mengesankan ban seolah-olah masih dalam kondisi baru.

 

Dalam jual beli mobil bekas, untuk mendapatkan harga yang optimum pembeli juga dapat melihat musim. Misalkan jelang ajaran tahun baru sekolah. Pada saat itu lebih banyak pihak penjual dibandingkan pembeli. Saat kondisi ini maka pembeli dapat menawar dengan harga terbaik.

Add a Comment

Your email address will not be published.