Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Berikan Layanan COD

jual-pomade-online-murah

Sekarang, jual beli lewat online sudah tak asing lagi ya? Mayoritas rumah tangga pernah  menggunakannya. Kalau saya, hmmm jangan ditanya lagi. Bukan sekali atau dua kali, tetapi sering pakai banget.

 

Nah, salah satu pilihan transaksi yang sekarang ini populer dan diterapkan oleh toko olnline adalah COD atau cash on delivery. Dengan sistem COD, pengguna hanya perlu masuk ke situs toko online,  memilih barang dan membayarnya ketika barang sudah sampai di depan pintu rumah. Asyik bukan. Bagi pembeli sih model seperti ini lebih praktis dan aman.

Bagaimana dengan penjual? Ooo, tunggu dulu temans. Ternyata model belanja dengan COD yang dipilih costumer membuat repot penjual.

Selain repot, penjual juga bisa saja dirugikan karena pembeli bisa secara sepihak membatalkan pembelian barang, padahal mereka sudah memesan banyak produk. Sayang kan, jadi capek deh penjualnya.

Nasib tak menguntungkan ini juga sangat mungkin terjadi saat seseorang jual pomade murah secara online. Dengan sistem COD, pembeli bisa saja membatalkan pesanan mereka dengan alasan pomade tidak sesuai dengan keinginan. Karena, itu meski hanya menjual pomade, penjual tetap perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memberikan layanan COD.

Berikut 5 Pertimbangan Sebelum COD

  1. Pengembalian barang

layanan-codLayanan COD memungkinan calon costumer membatalkan transaksi. Jadi sebelum  menyerahkan uang, setelah melihat barang yang akan dijual calon costumer batal membeli karena barang yang dianggap tak sesuai harapan.

Bagaimana pun suksesnya sebuah transaksi dihitung setelah ada serang terima uang dan barang. Jadi meski angka pemesanan tinggi tapi bila tak dibarengi dengan transaksi jual beli. Saat ini diperkirakan pengembalian barang dengan sistem COD ini berada di bawah 5 persen dari total pemesanan.

 

  1. Barang dikembalikan setelah dicoba.

Ada juga konsumen yang mengembalikan barang setelah mereka mencoba produknya. Padahal biasanya membuka adalah membeli. Nah, kalau jual pomade murah potensi seperti ini sangat bisa terjadi. Claon pembeli biasanya selalu punya alasan untuk mengembalikan. Misalnya  mengembalikan produk dengan alasan tidak cocok setelah ia digunakan.

Bahkan ada juga konsumen yang mengembalikan barang setelah mereka tukar produk asli dengan yang palsu. Untungnya kasus pengembalian barang yang terburuk ini sangat jarang terjadi. Meski begitu, sebagai penjual dengan sistem COD, harus membuat aturan seketat mungkin untuk mencegah terjadinya pengembalian barang model kedua ini.

 

  1. Kurangnya informasi barang sebelum COD

Terjadinya pengembalian barang dengan sistem COD bisa juga disebabkan kurangnya informasi yang diberikan sebelum COD. Karena itu, sebelum bertemu calon costumer sebaiknya penjual memberikan informasi selengkap mungkin.

Tidak hanya merek tetapi juga spesifikasi barang yang akan dijual. Akan lebih baik lagi bila penjual menyertakan gambar tampilan produk secara jelas dengan kualitas gambar resolusi tinggi dan terlilhat dari berbagai sisi.

 

  1. Pilih penyedia layanan logistik yang tepat

transaksi-di-tempatSaat ini,  sudah banyak jasa logistik yang menyediakan layanan seperti COD. Dulu memang jumlahnya sangat terbatas, kalau dihitung paling satu atau dua. Seiring dengan perkembangan pasar, mayoritas perusahaan logistik mulai merambah market COD.

Banyaknya pilihan membuat penjual harus lebih cermat. Pilihlah perusahaan penyedia logistik yang dapat diandalkan. Dengan begitu baik penjual maupun calon costumer akan sama-sama senang.

 

  1. Berkembangnya pasar

Cepatnya pertumbuhan pasar membuat costumer semakin punya banyak pilihan dalam membeli barang. Karena itu mereka semakin pintar dalam menentukan kualitas barang yang akan dibeli. Selain itu, costumer juga semakin pintar dan punya banyak referensi terhadap suatu produk termasuk pomade. Bisa jadi mereka akan memesan banyak pomade untuk kemudian hanya membeli satu saja.

Nah, jadi dengan berbagai pertimbangan ini, selanjutkan silakan temans tentukan sendiri. Apakah tetap akan menyediakan layanan COD dalam jual pomade murah atau tidak.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.