Buka Rekening BSI Tabungan Haji Online, Pilih Akad Mudharabah atau Wadiah?

Estimasi keberangkatan haji yang makin panjang membuat persiapan perlu dilakukan sejak muda. Salah satunya dengan membuat rekening haji sejak awal bekerja. 

 

Sebagai gambaran dengan mengacu masa tunggu dengan kuota haji 2023, periode tunggu haji di Aceh misalnya adalah 32 tahun, di DKI Jakarta 27 tahun, Jawa Tengah 31 tahun, hingga Sulawesi Tenggara 27 tahun. Tentu tahun tunggu haji ini estimasi, pasalnya kuota haji ditentukan setiap tahun, sehingga terjadi naik turun sesuai dengan keputusan pemerintah Arab Saudi sebagai pemberi kuota. 

Maka untuk mengantisipasi periode tunggu haji ini, memiliki tabungan sebagai ikhtiar untuk ke Tanah Suci dibutuhkan.  Berikut langkahnya:

Cara membuka rekening haji Bank Syariah Indonesia (BSI) Online

Bank Syariah Indonesia alias BSI memfasilitasi pembukaan rekening secara online. Termasuk untuk membuka rekening haji. Langkah yang dibutuhkan: 

  • Siapkan dokumen KTP, NPWP, dan ponsel pintar yang mendukung aplikasi.
  • Download aplikasi BSI Mobile dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk. 
  • Pilih “Tabungan Haji” 
  • Tentukan akad tabungan haji BSI

Tersedia dua pilihan akad saat membuka tabungan haji yakni Mudharabah dan Wadiah

Akad tabungan haji BSI Mudharabah artinya kerja sama antara nasabah sebagai pemilik dana dan BSI sebagai pengelola. Dalam konteks tabungan haji ini, bank boleh memanfaatkan dana yang dititipkan oleh nasabah. Bank akan memberikan bagi hasil berdasarkan perjanjian di awal yang telah disepakati bersama .Karena bersifat investasi, simpanan tersebut tidak dapat diambil kapan saja melainkan berdasarkan kesepakatan.

Sedangkan akad tabungan haji wadiah adalah tabungan haji dengan prinsip dana titipan murni dari pihak nasabah ke pihak bank. Dengan prinsip titipan maka setiap saat dapat diambil jika pemiliknya menghendaki. 

Baik dalam akan Mudharabah maupun Wadiah, tabungan haji BSI tidak dikenakan biaya administrasi. 

  • Isikan nomor referensi atau referral BSI. 

Dengan kode referal ini nasabah yang membuka rekening ataupun yang kode referralnya digunakan akan mendapatkan keuntungan dari BSI. Pada 2023 ini, BSI memberikan tambahan saldo sebesar Rp 20.000 bagi nasabah dan pengguna kode. 

Salah satu kode referensi atau referral BSI yang dapat digunakan adalah milik kami: ANG926902   

  • Ikuti langkah selanjutnya seperti pengisian data nama, nomor KTP, alamat rumah, hingga kantor cabang terdekat sesuai alamat KTP. 
  • Setelah semua data terisi termasuk melakukan foto wajah, maka rekening haji sudah aktif dan dapat digunakan. Nasabah juga dapat  membuat buku rekening dan ATM di kantor cabang yang dipilih. 

Untuk mendaftar haji, Kementerian Agama mensyaratkan minimal usia calon jamaah adalah 12 tahun, dengan demikian bagi orang tua yang hendak berangkat bersama keluarga, membuka rekening BSI harus menggunakan rekening bersama. 

 

Saldo minimal tabungan haji BSI

Untuk membuka rekening haji, maka saldo minimal dapat sesuai minimum transfer karena dilakukan secara online. Meski demikian  untuk mendapatkan antrian dalam sistem keberangkatan haji dari Kementerian Agama, saldo yang dibutuhkan adalah Rp 25 juta.

Jumlah saldo minimal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) menjadi target awal yang harus dipenuhi saat menabung. Setelah Bipih terpenuhi, maka selanjutnya melapor ke BSI tempat cabang terdaftar untuk mengurus pengantar yakni ke Kementrian Agama berupa surat bukti pemenuhan setoran awal Bipih serta pernyataan akad wakalah untuk pengelolaan dana haji.

Akad wakalah yang dibuat oleh calon jemaah saat mendaftar haji, merupakan bentuk legalitas, baik syariah maupun hukum positif, bagi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melakukan pengelolaan dana haji.  

Apakah Tabungan Haji BSI bisa diambil?

Pada dasarnya sebelum disetorkan ke Kemenag yang kemudian dikelola BPKH, dana tabungan haji dapat diambil. BSI sendiri memberikan ATM dengan logo kabah kepada nasabah yang membuka tabungan haji. 

Sedangkan setelah disetorkan ke Kemenag dan dikelola BPKH, dana setoran awal haji dapat diambil jika dilakukan pembatalan keberangkatan. Baik permohonan pembatalan oleh jamaah calon haji maupun ahli waris. Saat ini proses pembatalan dan pengembalian dana jamaah ke rekening tabungan haji sekitar 8 hari kerja.***

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *