Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi Jiwa

Pertimbangan sebelum membeli asuransi jiwa futuready

Temans, siapa yang sering dapat tawaran untuk memiliki asuransi jiwa? Saya sih ngacung, soalnya sering banget. Ada yang lewat telepon, ada juga yang ketemu di mall.

Iya , kalau dipikir-pikir sekarang makin banyak saja perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa. Jadi bingung sendiri kan memilih yang mana. Apalagi setiap perusahaan mengklaim produk asuransinya paling bagus dan banyak manfaatnya.

Sebenarnya perlu ga sih punya asuransi jiwa. Apa ga sayang uangnya tiap bulan kepake buat bayar premi. Kalikan saja dengan jumlah anggota keluarga, lumayan juga ya. Tapi tahukah temans, meski jumlahnya lumayan manfaat yang bisa diperoleh dari asuransi jiwa ini lumayan lho.

Memiliki asuransi jiwa seperti menyiapkan payung sebelum hujan. Perlindungan diri dan keluarga sebelum hal buruk terjadi. Kita memang tak pernah ingin ada hal buruk terjadi, tapi juga tak bisa mengelak bukan? Apalagi sekarang dengan mobilitas yang tinggi berbagai kemungkinan risiko kehidupan ada di depan mata.

Pada akhirnya memiliki asuransi jiwa menjadi sesuatu yang penting bukan. Nah biar ga ragu dan bingung dalam menentukan asuransi jiwa yang cocok buat temans, berikut beberapa panduan yang bisa jadi pertimbangan untuk mengetahui perbandingan asuransi jiwa yang cocok..

 

  1. Kenali manfaat asuransi jiwa

Sebelum membeli polis asuransi jiwa ada baiknya temans kenali dulu apa itu asuransi jiwa dan manfaat serta pertanggungan yang bakal diterima bila kita memilikinya.

Asuransi Jiwa adalah polis asuransi yang akan memberikan sejumlah pertanggungan berupa klaim tunai kepada penerima tanggungan atau ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia. Ketika membeli asuransi jiwa kita akan mendapat dokumen yang memuat manfaat asuransi, aturan pembayaran premi dan pembayaran klaim.

Polis merupakan perjanjian yang mengikat dengan perusahaan asuransi yang menerbitkan polis. Tujuan membeli polis asuransi jiwa adalah jika si pemegang polis mengalami musibah yang menyebabkan kematian, polis asuransi jiwa dapat membantu untuk menutupi sebagian, atau semua penghasilan tertanggung.

Mengenai manfaat yang akan diterima akan sangat bergantung dengan jenis pertanggungan dan jenis asuransi yang dibeli.  Sebagai sarana proteksi atas keuangan keluarga, jangka waktu perlindungan dapat bervariasi antara 1 tahun hingga seumur hidup.

 

  1. Jenis Asuransi Jiwa

Meski sama-sama asuransi jiwa, namun ada beberapa jenis produk asuransi yang ada di Indonesia. Karena itu perlu bagi kita megetahui perbandingan asuransi jiwa. Salah satunya adalah  asuransi berjangka atau term life insurance.

Asuransi jiwa berjangka memberikan manfaat perlindungan murni, tanpa adanya manfaat tambahan seperti menabung atau investasi. Disebut berjangka karena kita dapat membeli perlindungan untuk jangka waktu tertentu mulai 1 tahun, 5 tahun, sampai 20 tahun.

Pada model asuransi berjangka ini pertanggungan hanya akan diberikan selama jangka waktu yang dipilih. Apabila risiko kematian terjadi selama durasi polis berlaku, ahli waris yang ditunjuk akan mendapatkan manfaat klaim tunai senilai uang pertanggungan. Sedangkan, apabila pemilik polis asuransi masih hidup hingga masa polis jatuh tempo, maka tidak ada dana tunai yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi.

Meski waktu pertanggungannya terbatas, asuransi jiwa berjangka memiliki premi yang lebih terjangkau dibanding jenis asuransi jiwa lain. Asuransi jiwa berjangka memberikan fleksibilitas bagi pemegang polis untuk menentukan durasi perlindungan sesuai kebutuhan mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.

perbandingan asuransi jiwa Futuready

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum membeli polis asuransi jiwa, pastikan temans sudah mengetahui berapa kebutuhan nilai pertanggungan untuk keluarga. Sebaiknya sesuaikan juga dengan kebutuhan apakah sekadar untuk perlindungan dan jaga-jaga atau sekaligus untuk menabung atau investasi.

Selain itu, pastikan juga jumlah premi yang dipilih terjangkau dan di bawah batas kemampuan. Sebab, bila   pembayaran premi terlewat, risikonya perlindungan finansial bisa jadi tidak berlaku lagi. Jangan lupa juga untuk membaca dan memahami isi polis asuransi jiwa.Meski sama-sama asuransi jiwa, namun ada beberapa jenis produk asuransi yang ada di Indonesia. Perlu bagi kita untuk mengetahui igus untuk menabung atau investasi.

Selain itu, pastikan juga jumlah premi yang dipilih terjangkau dan di bawah batas kemampuan. Sebab, bila   pembayaran premi terlewat, risikonya perlindungan finansial bisa jadi tidak berlaku lagi. Jangan lupa juga untuk membaca dan memahami isi polis asuransi jiwa.

 

  1. Pilih perusahaan asuransi yang tepat

Bagian ini paling penting. Setelah menentukan jenis asuransi yang sesuai pastikan pilihan berasuransi dipercayakan pada perusahaan yang tepat.

Futuready minimarket asuransiSekarang tak sulit bagi kita untuk membandingkan satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lain. Tak perlu repot datang dan bertemu dengan agen yang berbeda. Cukup masuk ke futuready.com yang merupakan situs pembanding antar produk asuransi terbaik di indonesia.

Di futuready kita juga bisa melakukan kalkulasi kebutuhan asuransi dan kemampuan, serta melakukan pembelian secara online. Mudah dan praktis bukan? 🙂

 

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.