Tips Opor Ayam Tanpa Santan, Lebih Sehat dan Rendah Kolesterol!

Opor ayam tanpa santan
Opor ayam tanpa santan

Opor ayam adalah masakan yang identik dengan acara kumpul-kumpul keluarga di berbagai kesempatan. Hidangan yang satu ini terkenal lezat berkat kandungan santan kental yang menjadi campurannya.

Meskipun menjadi kunci hidangan yang lezat ini, santan merupakan bahan masakan yang juga dikenal memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu alternatif lain untuk memasak opor ayam tanpa santan yang jelas lebih sehat serta rendah kalori.

Untuk membuat resep opor ayam tanpa santan bisa diikuti cara berikut ini ya!

Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung
  • 3 sdm minyak sayur
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan

Bumbu, haluskan:

  • 6 butir kemiri, sangrai
  • 3 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 cm kunyit
  • 2 cm kencur
  • 1 cm jahe
  • 1/2 sdt jintan
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm garam

Taburan:

  • Bawang merah goreng

Cara Membuat :

  1. Potong-potong ayam menjadi 4 sampai 8 bagian. Cuci bersih ayam lalu tiriskan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  2. Masukkan potongan ayam, aduk hingga ayam kaku dan warnanya putih.
  3. Tuangi 500 ml air dan tambahkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, serai dan potongan ayam yang sudah dimasak sebelumnya.
  4. Kecilkan api dan masak hingga daging ayam empuk dan kuah matang. Angkat dan sajikan hangat dengan taburan bawang merah goreng.

Bahaya Mengkonsumsi Santan secara Berlebihan

  1. Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah masalah pertama yang bisa kamu hadapi jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi santan. Pasalnya, konsumsi santan secara berlebihan bisa meningkatkan kadar trigliserida.

Dalam jumlah normal, trigliserida merupakan jenis lemak yang berguna untuk cadangan energi dalam tubuh. Namun, jika kadarnya terus meningkat, akan terjadi kondisi penyumbatan arteri serta pembuluh darah.

  1. Gangguan Jantung

Risiko gangguan jantung yang meningkat juga merupakan masalah yang akan timbul seiring dengan semakin banyaknya jumlah santan yang kamu konsumsi. Hal ini wajar terjadi mengingat kadar lemak jahat dalam santan yang dimasak pada suhu tinggi dan berulang-ulang akan meningkat sehingga memicu terjadinya gangguan jantung jika dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Stroke Ringan

Selain menimbulkan gangguan jantung, lemak jahat yang mengendap di dalam tubuh dan menyumbat arteri serta pembuluh darah ini bisa mengakibatkan kondisi stroke ringan, apalagi jika tidak diimbangi dengan konsumsi mineral serta cairan yang cukup. Kondisi stroke yang lebih berat bahkan bisa timbul jika kamu telah lanjut usia.

Tips Memasak Opor Ayam tanpa Santan

  1. Memilih Ayam yang Gemuk

Langkah pertama untuk memastikan agar opor ayam tetap terasa gurih dan nikmat meskipun tanpa adanya campuran santan adalah dengan memilih jenis ayam yang gemuk dan memiliki banyak kandungan lemak, entah itu ayam kampung maupun ayam negeri. Kamu bisa memilih ayam dengan bobot 800 gram hingga 1 kilogram untuk menjadi bahan utama dari menu opor buatanmu.

Kalau bisa pilihlah ayam yang segar atau bahkan baru saja dipotong. Kemudian bersihkan semua bulu-bulu pada ayam dan buang bagian brutu atau pantat ayam. Setelah dibersihkan, potong ayam menjadi 4 hingga 12 bagian atau sesuai dengan selera.

Cuci ayam hingga bersih dan tiriskan sampai kering. Kamu bisa melumuri dan memijat-mijat daging ayam dengan air perasan jeruk nipis serta mendiamkannya sejenak jika menginginkan aromanya menjadi lebih segar.

Jika ingin rasanya menjadi lebih renyah dan kering, bakar potongan-potongan ayam di atas bara api hingga sedikit kering. Kamu juga bisa memanggangnya sejenak dalam oven hingga kandungan airnya menguap.

  1. Memilih dan Mengolah Bumbu yang Tepat

Ada dua jenis bumbu yang bisa kamu gunakan untuk membuat opor ayam tanpa santan, yakni bumbu siap pakai dan bumbu yang diracik sendiri. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu bisa memakai bumbu racikan sendiri yang meliputi, kemiri, bawang merah dan putih, kunyit, kencur, jahe, jintan, ketumbar, merica, gula pasir, hingga garam.

Agar rasa opor tetap gurih meskipun tanpa santan, sangrai kemiri hingga warnanya sedikit kecoklatan dan aroma wanginya tercium. Haluskan bumbu hingga benar-benar lembut dengan ulekan ataupun food processor dan tumis hingga wangi sampai muncul gumpalan kecil sebelum memasukan bumbu daun seperti jeruk purut dan salam.

Jika terpaksa memilih bumbu siap pakai, sebaiknya tidak perlu lagi menambahkan banyak garam. Hal ini karena bumbu jadi biasanya telah diolah dengan menambahkan takaran garam yang sesuai.

  1. Menggunakan Api Kecil

Tips terakhir yang harus kamu perhatikan agar opor ayam tanpa santan tetap terasa gurih dan nikmat adalah merebusnya di atas api kecil. Hal ini karena api kecil akan membantu agar bumbu meresap dan kuah dari opor ayam tetap kental meskipun tanpa santan.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk mengolah opor ayam yang tetap nikmat meskipun tanpa bahan tambahan santan. Selain diolah menjadi opor ayam, kamu juga bisa menyajikan ayam tanpa olahan santan dengan resep semur ayam dari Kingkong Meats yang tak kalah mudah untuk dipraktikkan.

Resep yang disajikan dalam blog milik Kingkong Meats itu jelas terjamin mutunya mengingat Kingkong Meats sendiri adalah penyedia produk bahan masakan yang terpercaya dan telah menyediakan layanannya di kota besar seperti Jakarta, Depok, Bekasi, hingga Tangerang Selatan. Bahkan, Kingkong Meats telah berkomitmen untuk melebarkan sayap bisnisnya di kota lain di pulau Jawa.

Kingkong Meats ini bisa kamu unduh dari Apple AppStore untuk iOS maupun Google PlayStore untuk Android. Kamu juga bisa mengakses layanan Kingkong Meats melalui e-commerce seperti Bukalapak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *