Manfaat Teh Hitam dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Teh merupakan salah satu minuman favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Baik di desa maupun di kota. Dari zaman dulu, teh disuka karena rasanya yang khas dan tidak mengganggu lidah.

Salah satu produk teh hitam yang dikenal luas masyarakat Indonesia adalah teh hitam sariwangi. Teh hitam sariwangi sudah ada sejak lama dan menjadi minuman favorit masyarakat.

Hampir setiap rumah makan menyediakan menu minuman teh hitam. Bahkan di beberapa daerah minuman teh hitam menjadi ciri khas dan menjadi bagian dari kuliner tradisional. Teh hitam selain karena rasanya yang khas, juga mudah ditemukan karena bisa dijumpai di seluruh wilayah Indonesia.

Selain karena rasanya yang tidak mengganggu lidah, teh hitam juga digemari karena baik untuk kesehatan. Bahkan, dibanding kopi, teh hitam dipercaya lebih memiliki nilai manfaat untuk kesehatan.

Tak hanya di Indonesia, teh hitam juga dikonsumsi di berbagai belahan negara. Dalam pengolahannya, teh hitam sudah mengalami proses oksidasi yang menyebabkan terjadinya proses kimia sehingga warna teh berubah menjadi kecokelatan dan mengeluarkan aroma khas.

Sebenarnya apa saja sih manfaat teh hitam bagi kehidupan?

  1. Mengembalikan kesegaran

Mengkonsumsi teh sangat baik dan berguna terutama bila akan melakukan kegiatan fisik. Di dalam teh terdapat Catechin. Catechin merupakan senyawa aktif di dalam teh yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak secara optimal.

Karena itu ketika akan berolahraga, akan sangat baik bila kita bisa mengoptimalkan proses pembakaran lemak dengan memulai aktivitas dengan segelas teh.

  1. Meningkatkan konsentrasi.

Teh hitam sangat baik dalam meningkatkan kewaspadaan. Apabila kita sering merasa lelah, biasanya teh hitam menjadi obat mujarab untuk melawan kantuk dan lelah. Bila ingin bepergian jauh dengan kendaraan dan tidak ingin kelelahan di jalan, konsumsi teh hitam akan sangat membantu.

Teh hitam mengandung zat yang bisa merangsang pikiran serta meningkatkan denyut jantung. Bila jantung sudah bekerja optimal maka kita akan menjadi lebih peka terhadap lingkungan.

 

  1. Mencegah stroke

Sejak dulu teh hitam dipercaya bisa menjadi obast yang mujarab untuk mencegah terjadiya stroke. Hal ini karena teh hitam mengandung senyawa kimia yang bisa mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Meski begitu, konsumsi teh hitam harus dibarengi dengan olahraga teratur dan menerapkan pola hidup sehat.

 

  1. Menenangkan pikiran

Siapa yang biasanya kalau lagi mumet langsung nyari teh biar adem. Hihii, saya termasuk salah satunya. Yap. Membuat segelas teh hitam bisa menenangkan karena teh memang sudah terbukti bisa mengurangi stress.

Teh bisa menghilangkan stress karena mengandung L-Theanine yang berfungsi membuat otak menjadi lebih rileks. Selain senyawa ini, aroma segar dari teh hitam juga bisa menjadi aromatherapi yang menenangkan pikiran. Manfaat ini akan menjadi lebih berasa bisa leth hitam dipadu dengan seidkit kayu manis atau jeruk lemon Hmmm…

 

  1. Menurunkan berat badan

Yap. Bila ada di antara temans yang berencana menurunkan berat badan, maka konsumsi teh hitam bisa membantu. Teh hitam tawar yang disajikan tanpa gula akan sangat berguna karena tidak mengandung kalori. Dengan begitu mengkonsumsi teh hitam waar sering tidak akan membuat kita khawatir dengan berat badan.

 

Saat ini meski sudah banyak varian produk teh seperti teh melati, teh madu, namun teh hitam tetap masih memiliki pesona. Banyak yang menyukainya karena khasiatnya yang tak tergantikan. Selain itu teh hitam hangat sangat bagus bisa dikonsumsi bila sedang berada di daerah dingin.

 

***

 

Add a Comment

Your email address will not be published.