Resep Tajil Buka Puasa Mudah dan Murah Ala DuniaBiza

 

Momen bulan Ramadan memang tak datang setiap hari. Namun nuansanya selalu menimbulkan kesan yang selalu diingat kapan saja. Bahkan, bagi saya sendiri momen Ramadan menjadi momen yang ditunggu dan paling dirindukan.

Setidaknya dua alasan yang membuat saya sulit lupa dengan bulan puasa adalah karena ada banyak hal yang biasanya hanya dirasakan saat Ramadan. Atau, kalaupun momen yang sama bisa ditemukan pada bulan lain, romansanya akan berbeda bila dibanding saat bulan puasa.

Bulan puasa penuh dengan kehangatan karena pada masa ini ada banyak takjil bulan puasa yang bisa dicicip. Bahkan ada beberapa menu yang biasanya hanya bisa ditemukan hanya saat bulan Ramadan. Saking banyaknya tajil yang bisa dipilih  biasanya kita malah kebingungan. Kalau ga beli banyak menu atau bahkan bisa saja jadi tak membeli apapun sama sekali karena tak tahu harus pilih yang mana.

Selain bisa menemukan aneka takjilan, bulan puasa bisanya membuat saya menjadi rajin untuk membuat aneka masakan. Apalagi memang dari kecil sudah terbiasa berbuka dengan takjil. Ga lengkap deh rasanya bila belum berbuka dengan takjil.

Nah, untuk bocoran berikut empat macam tajil yang menjadi favorit DuniaBiza

 

  1. Kolak Kolang-kaling Pisang Ubi

Bahan : 1 sisir pisang kapok, seperempat kg kolang kaling, 1 buah ubi ukuran sedang, gula merah 200 gr, gula pasir 100 gr, 1 bungkus santan 200 gr, vanilla, daun pandan.

 

Cara, rebus ubi, pisang kapok dan kolang kaling secara bersamaan hingga setengah empuk. Masukkan gula merah, biarkan hingga hancur dan meresap, masukkan gula pasir lalu masukkan vanilla dan garam secukupnya. Terakhir masukkan santan. Kolang kaling siap disajikan panas atau dingin.

 

  1. Kolak Labu

: Bahan: ½ labu, gula merah, daun pandan, vanilla dan santan

 

Cara masak. Rebus labu hingga lembut. Masukkan gula merah dan biarkan hingga hancur dan berbaur sehingga labu menjadi berubah warna, masukkan santan sampai mendidih. Setelah itu masukkan vanilla dan garam secukupnya. Setelah matang kolak labu bisa diangkat dan dihidangkan panas maupun dingin.

 

  1. Bubur Mutiara

Bahan : 200 gr mutiara, gula pasir, daun pandan, vanilla dan santan

 

Cara masak. Rebus mutiara hingga setengah lunak, tambahkan daun panda. Masukkan gula pasir dan biarkan bersatu. Setelah matang masukkan santan hingga mendidih lalu angkat. Selanjutnya bubur mutiara masak dan siap dihidangkan panas maupun dingin.

 

  1. Cendol

Bahan : Cendol yang sudah jadi (tersedia di pasar), gula merah, santan. Sedikit kolang kaling.

 

Cara memasak : Untuk lebih memudahkan kita bisa membeli bahan cendol yang sudah jadi di pasar. Pada saat Ramadan biasanya banyak pedagang yang menjual bahan dasar cendol ini. Agar aman pilihlah cendol yang warnanya wajar dan tidak mencolok mata. Biasanya makanan yang warnanya mencolok menggunakan pewarna kain.

 

Rebus bahan cendol dengan santan dan gula merah. Kalau mau mendapatkan efek segar pisahkan semua. Saat menghidangkan masukkan cendol, siram dengan gula merah yang sudah dicairkan dan siran dengan santan.

Cendol bisa dinikmati dingin dan bisa juga dinikmati panas tergandung suasana dan suhu saat memakannya. Dalam suasana dingin atau setelah hujan memakan cendol hangat akan lebih nikmat dibanding cendol dingin.

 

Itu dia mepat jenis takjil favorit yang biasa disiapkan DuniaBiza saat puasanya. Selain karena bahan-bahan dasarnya yang mudah ditemukan cara membuatnya pun praktis dan mudah. Selain itu rasanya juga nikmat.

Selain urusan takjilan, hal terpenting yang biasanya tak boleh terlewat adalah sedikan secangkir teh sariwangi pada setiap momen berbuka. Dan biasanya teh manis bisa dihidang panas atau dingin tergantung suasana saat berbuka.

Bila sedang ingin yang segar tambahkan segelas teh manis dengan es batu. Namun bila keadaan sedang dingin siapkan teh manis angat agar terasa lebih nikmat.

 

Selanjutnya, selamat mencoba.. 🙂

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.