Dukung Vaksinasi, Prudential Indonesia Berikan 41 Ribu Lebih Dosis Vaksin

 

Duniabiza.com, JAKARTA – Hampir dua tahun pandemi akibat virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, berbagai aksi telah dilakukan. Tidak hanya dari pemerintah, pihak swasta dan masyarakat juga ikut bahu membahu. 

Kerjasama banyak pihak dalam penanganan Covid-19 ini  turut berkontribusi dalam penurunan angka kasus corona di Indonesia. Berdasarkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sejak Oktober 2021 angka penurunan kasus aktif Covid-19 semakin besar, Hal ini membuat pemerintah mulai menurunkan status penanganan covid-19 di banyak daerah seperti DKI Jakarta yang memberlakukan PPKM level 1 sejak 2 November 2021. 

Salah satu faktor membaiknya penanganan Covid di Indonesia didukung oleh besarnya partisipasi masyarakat dalam melakukan vaksinasi. Program vaksinasi tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tetapi juga oleh berbagai pihak termasuk kalangan swasta dan organisasi non pemerintah. Salah satunya adalah program Sentra Vaksinasi oleh PT Prudential Life Assurance  atau Prudential Indonesia. 

Sejak didirikan enam bulan lalu, hingga kini sentra vaksin Prudential Indonesia telah memberikan lebih dari 41.000 dosis vaksin kepada lebih dari 22.000 masyarakat indonesia. Program vaksinasi nasional merupakan salah satu upaya prioritas pemerintah Indonesia untuk membawa Indonesia segera keluar dari krisis kesehatan akibat pandemi. 

Sentra vaksinasi ini bertempat di area kantor Prudential Indonesia, PRUUniversity, di lantai 2 Kota Kasablanka sejak 15 April 2021 sampai Desember 2021. Kegiatan dilaksanakan dengan menggandeng Dinas Kesehatan dan puskesmas setempat.

Saat ini, sentra vaksinasi Prudential Indonesia menyediakan dua jenis vaksin, yaitu Pfizer dan Moderna. Dalam waktu dekat perusahaan akan menyediakan vaksin Sinovac yang banyak dicari masyarakat. 

Dr. Dian Budiani, Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia menjelaskan bahwa  kesuksesan program vaksinasi nasional membutuhkan dukungan dari seluruh pihak. Melalui kehadiran sentra vaksinasi dii PRUUniversity, Prudential Indonesia berharap bisa menjadi salah satu mitra pemerintah dalam mengakselerasi keberhasilan program tersebut. 

 

“Sentra vaksinasi ini mencerminkan dukungan Prudential Indonesia terhadap program vaksinasi pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat lebih cepat mencapai herd immunity dan bangkit dari pandemi,” ujar Dr. Dian. 

 

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa pendirian sentra vaksinasi sejalan dengan aspirasi Prudential Indonesia untuk membuat masyarakat Indonesia lebih sehat dan sejahtera. Prudential ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung program vaksinasi COVID-19 nasional dengan datang ke sentra vaksinasi Prudential Indonesia.

 

Sentra Vaksin Prudential
Sentra Vaksin Prudential

Sentra Vaksin di Soreang, Bandung

Tak hanya di Jabodetabek, Prudential Indonesia juga mendirikan sentra vaksin di Soreang, Kabupaten Bandung. Program bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Puskesmas dan Kecamatan Soreang, serta RSU Bina Sehat. Sentra vaksinasi ini bertujuan untuk mempercepat capaian vaksinasi di Jawa Barat dengan melayani masyarakat Soreang yang belum mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

Inisiatif Prudential Indonesia menghadirkan sentra vaksinasi di Soreang disambut antusias baik oleh pemerintah setempat maupun masyarakat. drg. Grace Mediana Purnami, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, menyampaikan agar masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas vaksin gratis tersebut. 

Menurut drg Grace, saat ini baru 51,23% masyarakat di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung telah menerima vaksinasi dosis pertama. Pada akhir Oktober, pemerintah setempat menargetkan meningkatkan capaian hingga 60 persen. 

 

“Keberadaan sentra vaksinasi Prudential Indonesia ini tentunya dapat mendukung kami untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat, dan bersama-sama kita bisa mencapai target yang telah ditetapkan.”

Sentra Vaksin Prudential di Soreang menggunakan vaksin Pfizer. Pemberian vaksin dosis pertama berlangsung pada 25 Oktober-5 November. Sedangkan dosis kedua pada 15-26 November. 

Secara keseluruhan, pelaksanaan sentra vaksin di Jakarta dan Soreang merupakan komitmen Prudential Indonesia untuk turut berkontribusi memerangi virus Corona. Saat ini jumlah cakupan vaksinasi di Indonesia masih harus terus ditingkatkan. Pada Oktober 2021 tercatat dari total 208,3 juta penduduk Indonesia, vaksinasi dosis pertama telah menembus lebih dari 100 juta penduduk atau 48,11 persen Sedangkan vaksinasi dosis kedua telah mencapai 27,62 persen dari target vaksinasi. 

Agar potensi penularan COVID-19 dapat ditekan, Prudential Indonesia mendukung pemerintah memberikan vaksinasi secara lebih luas, khususnya bagi masyarakat yang jauh dari perkotaan dan memiliki keterbatasan akses. 

 

Cara Daftar Vaksin di Sentra Vaksin Prudential Indonesia

Untuk mendapatkan vaksin di sentra vaksin Prudential Indonesia, masyarakat dapat mendaftarkan diri atau didaftarkan oleh anggota keluarga melalui aplikasi Pulse by Prudential (Pulse). Aplikasi ini merupakan  aplikasi kesehatan milik Prudential yang didukung oleh teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). 

Selanjutnya, pendaftar akan menerima pemberitahuan melalui email untuk kemudian melakukan konfirmasi via pesan teks ke nomor yang ditentukan. Setelah itu baru bisa datang ke sentra vaksinasi Prudential Indonesia yang beroperasi setiap Senin hingga Jumat, pukul 09.00 – 15.30 WIB. 

Selain melalui Pulse, masyarakat juga dapat mendaftar melalui aplikasi Jaki milik pemerintah provinsi DKI Jakarta. Sejak Januari tahun lalu, Prudential Indonesia telah melakukan rangkaian inisiatif untuk mendukung upaya pemerintah menangani COVID-19. 

Pada Februari 2021, Prudential Indonesia meluncurkan Program Santunan Rawat Inap Pascavaksinasi yang dapat diperoleh secara bebas biaya di Pulse. Masyarakat yang terdaftar pada program ini dapat memperoleh santunan tunai sebesar Rp1 juta per hari (maksimal 10 hari) sebagai bantuan jika penerima vaksin harus dirawat di rumah sakit karena mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dalam kurun waktu 14 hari kalender setelah vaksinasi.

 

 

Mengenal Pulse by Prudential 

Buat beberapa di antara kamu mungkin belum belum terlalu familiar ya dengan Pulse ini. Nah biar ga penasaran, berikut tim DuniaBiza.com sarikan beberapa hal penting mengenai aplikasi kesehatan besutan Prudential ini. 

Jadi, Pulse by Prudential adalah aplikasi kesehatan digital all-in-one dan yang pertama di Asia. Aplikasi ini menawarkan pengelolaan kesehatan yang menyeluruh kepada penggunanya. 

Untuk mendukung penggunaannya di era serba canggih ini, Pulse by Prudential menggunakan fitur bantuan kesehatan mandiri berbasis Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) dan informasi real-time. Aplikasi ini berfungsi sebagai mitra kesehatan dan kebugaran bagi pengguna sepanjang hari, membantu mereka mencegah penyakit, menunda penyakit semakin buruk, dan melindungi pengguna dari penyakit. 

Pulse adalah bagian dari strategi Prudential di seluruh Asia untuk menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau dan mudah diakses oleh semua orang di Asia dengan memanfaatkan teknologi digital dan kemitraan terbaik di kelasnya. Menyusul peluncuran Pulse di Malaysia pada Agustus 2019, saat ini Pulse tersedia di 11 negara di Asia dan 6 negara di Afrika. 

Adapun fitur dan layanan dalam aplikasi Pulse mencakup rangkaian layanan bernilai tambah yang terus berkembang, seperti Symptom Checker dan penilaian kesehatan, layanan kesehatan pribadi, dan konsultasi video online dengan dokter dan spesialis. Sejak diluncurkan, Pulse telah diunduh lebih dari 30 juta kali di seluruh Asia dan Afrika per Agustus 2021. 

Nah buat kamu yang ingin merasakan layanan Pulse, kamu bisa mengunduhnya di Apple Apps Store dan Google Play Store di Kamboja, Hong Kong, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam di Asia dan Kamerun, Ghana, Kenya, Nigeria, Uganda dan Zambia di Afrika. Untuk informasi lebih lanjut, dan untuk mengunduh Pulse, silakan kunjungi www.prudential.co.id/id/pulse/ 

Add a Comment

Your email address will not be published.