Yuk Simak Cara Menabung untuk Beli Rumah di Usia Muda

 

Harga properti selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya. Oleh karena itu, menabung untuk membeli rumah harus dilakukan sejak usia muda agar bisa tenang di masa tua nanti. Oleh karena itu, perlu cara menabung yang tepat untuk bisa mendapatkan rumah impian seperti yang diidam idamkan.

1. Mempunyai Dua Rekening

Jika sudah berniat menabung untuk beli rumah, sebaiknya anda mulai membuat rekening baru yang terpisah. Karena hal ini akan membantu anda dalam mengontrol keuangan secara spesifik. Pasalnya dengan dua rekening, anda bisa memilah dan memisahkan antara keuangan untuk sehari hari dan tabungan untuk beli rumah.

Dengan begitu, maka tabungan untuk beli rumah tidak akan tersentuh atau terpakai untuk urusan tidak penting. Bahkan anda bisa menggabungkan tabungan beli rumah ini dengan dana darurat. Sehingga jika membutuhkan dana mendadak dan uang sehari hari tidak mencukupi, maka yang terambil adalah dana darurat tersebut alih alih tabungan beli rumah.

2. Tentukan Jumlah

Cara menabung untuk beli rumah yang harus anda lakukan pertama tama yaitu menentukan jumlah yang tepat. Setelah mempunyai dua rekening, tentu anda harus menentukan anggaran dana yang harus anda sisihkan tiap bulannya untuk menabung di sini. Nantinya anda bisa memperoleh gambaran kapan tabungan anda bisa mencukupi untuk mendapatkan rumah impian.

Meski begitu, pastikan bahwa jumlah yang anda tentukan ini tetap masuk akal dan memang bisa anda dapatkan tiap bulannya. Menentukan angka yang tidak masuk akal hanya membuat kegiatan menabung menjadi beban, yang alhasil mengakibatkan anda menyerah di tengah jalan karena biaya hidup yang harus dipenuhi.

Sebaliknya, mulailah dengan menghitung nominal pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Perkirakan jumlah yang bisa anda sisihkan dari sisa pemasukan tersebut, pastikan juga anda telah menghitung semua pos lainnya dalam keuangan. Sehingga jumlah dana yang disisihkan ini sudah bersih dan tidak mengganggu kebutuhan anda sehari hari.

 

3. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Menerapkan gaya hidup hemat penting sebagai salah satu cara menabung untuk beli rumah. Hidup hemat ini akan membantu anda terhindar dari hutang maupun pengeluaran lain di luar kebutuhan sehari hari. Perhitungan anggaran yang telah anda tetapkan di point sebelumnya juga akan berjalan lancar, jika anda bisa melakukan gaya hidup hemat ini.

Gaya hidup hemat yang dimaksud bukan berarti anda harus benar benar irit, sampai membuat anda kelaparan. Yang dimaksud disini adalah bagaimana anda bisa fokus dan mengutamakan kebutuhan daripada sekedar keinginan belaka. Meski terdengar sepele, namun hal ini membutuhkan sikap disiplin yang tinggi terhadap diri sendiri.

4. Investasi

Cara lainnya yang bisa anda lakukan guna menambah pemasukan untuk membeli rumah yaitu investasi. Bahkan investasi ini bisa menjadi bentuk tabungan jangka panjang untuk masa depan. Namun untuk melakukan investasi ini, sebaiknya anda mulai dengan memahami seluk beluknya terlebih dahulu agar tidak malah mendapat rugi.

Mulailah mencoba dengan dana yang minim dan hal yang simpel ketika belajar berinvestasi. Meski keuntungan yang diperoleh pun awalnya terbilang sedikit, namun bisa jadi menjadi tambah banyak di kemudian hari. Jadi anda tidak perlu berkecil hati atau merasa gagal dalam investasi, karena yang sedikit ini pun bisa membantu sebagai cara menabung untuk beli rumah.

Memiliki hunian yang nyaman seperti diidamkan memang menjadi keinginan hampir semua orang. Oleh karena itu disiplin dalam menabung sejak usia muda harus dilakukan untuk mencapainya. Meski menabung terlihat sebagai kegiatan yang mudah, namun hal ini bisa cukup sulit jika anda tidak menerapkan strategi yang tepat. Cara seperti di atas bisa anda terapkan dalam hal ini.

Nah, Saat sudah memiliki rumah idaman jangan lupa melindungi rumah kamu dengan asuransi rumah ya. Garda Home salah satu penyedia asuransi kebakaran rumah yang siap memberikan perlindungan terhadap rumah anda.

Add a Comment

Your email address will not be published.