Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka? Begini Syarat dan Cara Pendaftaran

Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka

 

Kartu Prakerja adalah salah satu bantalan yang disiapkan pemerintah untuk mengurangi dampak keuangan di tengah masyarakat akibat adanya tekanan ekonomi selama pandemi Corona atau Covid-19. Program kartu Prakerja sudah berjalan sejak 2020 dengan total alokasi anggaran Rp20triliun dan sudah melewatkan 11 gelombang pendaftaran.

Pada 2021, Program Kartu Prakerja akan kembali bergulir dengan dana Rp 10 triliun yang telah disiapkan pemerintah. Meski begitu, pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 ini belum dipastikan dan masih menunggu finalisasi dari pemerintah.

Seperti diikuti dari CNBCIndonesia.com Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada CNBC Indonesia menyebutkan bahwa pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 akan dibuka begitu sudah ada titik terang, Sampai saat ini Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja dengan Komite Cipta Kerja (KCK) masih merampungkan mekanisme dan teknis pelaksanaan.

Tahun ini pemerintah melanjutkan program Kartu Prakerja karena dianggap bisa menjadi bantalan bagi masyarakat. Meski Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa sebanyak 63 persen penerima kartu prakerja pada 2020 adalah mereka yang sudah bekerja namun program ini dianggap bisa membantu masyarakat menghadapi pandemi.

 

Cara daftar Kartu Prakerja

Hoax Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 12

Banyaknya antusias masyarakat dalam menyambut program kartu prakerja rupanya banyak dimanfaatkan oleh sekelompok orang untuk mendapatkan keuntungan. Saat ini banyak beredar  berita palsu atau hoax yang menyatakan bahwa pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 dibuka.

Hoax mengenai kartu prakerja gelombang 12 dibuka ini seperti yang terlihat pada beberapa pesan melalui whatsapp yang berisi link pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 palsu.

Pesan hoaks itu antara berasal dari pengirim yang menyematkan alamat https://dashboard.prakerja12.xyz  sebagai link pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 dan menjanjikan bantuan sebesar Rp 600 ribu bagi para pencari kerja.

Beredarnya pesan hoaks pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 ini sudah ditanggapi langsung oleh PMO dan panitia pelaksana program Prakerja. Peringatan disampaikan pada instagram resmi Kartu Prakerja agar calon peserta lebih berhati-hati dan tidak mudah menyebar data pribadi.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 hanya akan dilakukan melalui situs resmi Kartu Prakerja yang beralamat di www.Prakerja.go.id. Porses pendaftaran hanya akan berlangsung secara onlina melalui situs resmi Kartu Prakerja.

 

Baca Juga:

 

Syarat Kartu Prakerja dan Cara Pendaftaran

Cloud ERP Manajemen Inventory
Manajemen inventory secara tradisional kurang efektif dan efisien dibanding sistem Cloud ERP

Sebagai persiapan menyambut pembukaan kartu prakerja gelombang 12, ada baiknya mulai menyiapkan syarat dan memastikan sudah mengetahui cara pendaftaran yang benar.

Berikut syarat yang harus dipenuhi agar bisa melewati seleksi administrasi dalam proses seleksi Kartu Prakerja Gelombang 12 saat dibuka nanti

Untuk pendaftar yang baru melakukan login, bisa mengikuti langkah sebagai berikut:

1.Registrasi

Ada beberapa data utama yang harus disiapkan pada saat login seperti alamat email dan nomor telepon. Perlu dipastikan bahwa email dan nomor telepon yang dipakai adalah alamat email yang aktif karena akan ada verifikasi OTP/kode unik pendaftaran yang akan diberikan Saat kode unik diterima maka harus langsung diisikan pada laman pendaftaran yang tersedia.

 

2. Isi data diri dan unggah foto KTP

Setelah registrasi yang dilakukan berhasil, selanjutnya siapkan data diri lengkap. Pastikan data yang dimasukkan sama dengan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk.

Bila mengacu pada pendaftaran Kartu PraKerja pada 2020 maka akan ada dua data KTP yang diminta. Pertama adalah upload KTP yang harus terlihat jelas. Dan Kedua upload KTP beserta diri yang diambil secara selfie.

Agar verifikasi mudah dilakukan maka foto selfie bersama KTP harus tidak goyang dan data pada KTP jelas terlihat.

 

3.Klik tombol gabung gelombang Prakerja

Setelah semua proses pendaftaran dan verifikasi selesai, langsung klik gabung pada gelombang pendaftaran kartu Prakerja. Saat ini gelombang pendaftaran yang akan dibuka adalah gelombang pendaftaran Prakerja Gelombang 12..

 

4. Jawab soal

Setelah tergabung di pendaftaran prakerja, para pendaftar akan menerima sejumlah soal yang harus dijawab dalam maksimal waktu tertentu. Pada tahun sebelumnya jumlah soal adalah 18 dengan waktu  pengerjaan soal pendaftaran gelombang prakerja adalah 25 menit.

Soal apa saja yang diuji pada seleksi penerima Kartu Prakerja? Ada soal berjenis matematika dasar, tes psikologo, kemampuan literasi dan preferensi kerja para pendaftar. Tingkat kesulitan soal Kartu prakerja tidak tinggi dan hanya membutuhkan konsentrasi dan konsistensi..

 

5. Pengumuman

Saat semua soal sudah terjawab pilih submit. Selanjutnya tinggal menunggu hasil pengumuman yang bisa dilihat pada dashboard masing-masing peserta. Bila telah mengikuti tes pada dashboard akan tertulis proses sedang dievaluasi atau diproses.

Untuk peserta yang sudah memiliki dashboard Kartu Prakerja, tidak perlu melakukan pengisian data. Proses akan berlanjut pada klik tombol gabung pada gelombang prakerja yang dibuka.

 

Pahami Syarat Pendaftaran

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Untuk pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 ini belum ada pengumuman baru terkait syarat pendaftaran. Namun, bila merujuk pada pendaftaran kartu prakerja pada 2020, tidak ada persyaratan khusus. Setiap warga negara berumur di atas 17 tahun bak yang bekerja maupun tidak bekerja bisa mendaftar untuk mendapat kartu prakerja.

Dengan memiliki kartu prakerja gelombang 12 nantinya para penerima bisa mengikuti sejumlah pelatihan yang diberikan melalui lembaga mitra. Dana akan otomatis masuk ke rekening yang didaftarkan dan hanya bisa digunakan pada penyedia pelatihan yang telah terverifikasi dan terdaftar.

Akan ada sejumlah manfaat yang bisa diterima ketika terpilih sebagai penerima kartu prakerja. Ada banyak pelatihan yang bisa dipilih untuk menambah keterampilan seperti pelatihan bahasa inggris, pelatihan kewirausahaan dalam bentuk keterampilan konvensional hingga digital bisa dipilih.

Beberapa penyedia pelatihan dapat diakses melalui mitra pemerintah dalam program prakerja.go.id ini seperti Tokopedia, pusat bahasa, Skill Academy dan beragam lembaga keterampilan lain.

Tak hanya mendapat keterampilan, para penerima kartu prakerja nantinya juga akan mendapat insentif langsung dari pemerintah. Insentif ini bisa digunakan untuk menutupi kurangnya biaya hidup selama masa pendemi.

Selamat mencoba 

Add a Comment

Your email address will not be published.