Satu Indonesia Award 2020, Saatnya Dukung Sosok Pemuda Inspiratif Pilihan

Even tahunan Satu Indonesia Award-11 yang diselengarakan PT Astra Internasional untuk menjaring sosok pemuda inspiratif dari seluruh negeri kini memasuki tahap akhir. Dewan juri telah mengantongi nama 23 finalis yang akan diseleksi untuk menentukan siapa yang bakal meraih penghargaan untuk tahun 2020 ini.

“Selanjutnya kami akan menyeleksi lagi siapa di antara para finalis ini yang layak menerima Anugerah Satu Indonesia Award ke 11 pada 2020 ini yang akan dilihat dan dinilai dengan berbagai sudut pandang,” ujar Ibu Tri Mumpuni, Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA), salah seorang dewan juri pada konferensi pers yang digelar secara virtual, Selasa, 6 Oktober 2020.

Menurut Bu Tri, ada banyak pertimbangan yang menjadi patokan dewan juri selama penilaian. Beberapa di antaranya berkaitan dengan kemandirian para peserta dalam menjalankan program, originalitas ide, impact terhadap diri sendiri dan masyarakat di sekitar dan sejauh mana program yang dijalankan bisa memberi manfaat bagi kelompok dan bisa menjawab masalah sosial di masyarakat.

“Kami juga melihat bagaimana kemauan dan semangat para peserta dalam menghadapi berbagai tantangan dan masalah di lapangan sehingga benar-benar bisa melihat mental pemenang,” lanjutnya.

 

Rumah Pintar, berdiri di tengah pemukiman. Menjadi sentra edukasi dan pelatihan warga

 

Pendiri Young on Top, Billy Boen, yang juga menjadi salah satu juri tamu mengatakan selama proses penjurian, para dewan juri melihat dari berbagai sisi dan saling melengkapi. Dia sendiri menilai para peserta dari segi daya jangkau program yang dijalankan. Meski begitu menurut dia, proses penjurian juga tak lepas dari debat dan perbedaan pendapat.

Tahapan Anugerah Satu Indonesia Award saat ini sudah memasuki tahapan akhir. Dari 10.036 peserta yang mendaftar, panitia telah melakukan beberapa kali saringan. Pada saat seleksi sudah mencapai 60 finalis, panitia menyerahkan pada dewan juri untuk berembug mendapatkan 23 finalis terpilih.

Kini, 23 finalis sudah terjaring dan akan menjalani proses akhir yaitu seleksi wawancara. Menurut Bu Tri, proses wawancara nantinya akan menjadi ajang untuk mengetahui kesungguhan dari para peserta dalam menjalankan programnya.

“Kadang ada orang bagus dalam profilnya, dari menulis, belum tentu pada saat wawancara. Dalam proses wawancara inilah nanti kami dewan juri menggunakan intuisi untuk melihat mana yang hanya jago di kertas, dan mana yang benar-benar bisa menginspirasi, to good to be true.”

Dukung Sosok Inspiratif Pilihan

Seperti tahun sebelumnya, untuk Satu Indonesia Award ke-11 ini, akan dipilih pemuda inspiratif di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, teknologi serta satu kategori yaitu kelompok yang mewakili kelima bidang tersebut. Khusus tahun 2020, Astra juga memberikan tambahan kategori apresiasi khusus kepada para pejuang tanpa pamrih di masa pandemi COVID-19.

Selama proses seleksi akhir oleh dewan juri, masyarakat juga bisa memberikan dukungan kepada satu dari 23 finalis, pemuda inspiratif yang dianggap layak untuk mendapat posisi sebagai pemenang favorit. Temans bisa ikut berpartisipasi dengan memilih salah satu sosok inspiratif melalui link berikut:

 

https://satu-indonesia.com/sia2020vote/

 

Chief of Corproate Affairs Astra Riza Deliansyah yang juga menjadi salah satu dewan juri mengatakan, para juri dan Astra Internasional berharap pemenang Satu Indonesia Award terpilih nantinya bisa berkontribusi lebih bagi Indonesia. Dengan menjadi pemenang atau bukan, mereka tetap memberikan kontribusi terbaik dan bisa menjadi pemantik semangat pemuda lain untuk berbuat hal yang lebih baik untuk lingkungan.

“Melalui ajang ini, Astra ingin menyampaikan pada masyarakat bahwa di pelosok Indonesia ini ada banyak anak indonesia berkarya dalam diam. Bagai lilin kecil yang tak peduli dengan diri sendiri, mereka ada di ujung indonesia, ada juga yang di kota, mereka siap berbakti untuk negeri,” ujar Riza.

Pengumuman pemenang Satu Indonesia Award 2020 akan disampaikan pada 30 Oktober nanti. Saat ini para dewan juri akan menyelasikan seleksi akhir.

Mereka yang tergabung dalam dewan juri Satu Indonesia Award 2020 adalah

  1. Prof. Emil Salim, Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia
  2. Prof. Nila Moeloek, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
  3. Prof. Fasli Jalal, Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Universitas Negeri Jakarta
  4. Ir. Tri Mumpuni, Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA)
  5. Onno W. Purbo Ph.D., Pakar Teknologi Informasi
  6. Toriq Hadad, Direktur Utama Tempo
  7. Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra
  8. Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications Astra
  9. Dian Sastrowardoyo, Pegiat Seni
  10. Billy Boen, Pendiri Young On Top

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.