Tips Memilih Paket Umroh Terbaik Saat New Normal

 

Labaikallahumma labaik…

Labaik La Syari kala Kala Baik….

***

Pergi ke Baitullah, melaksanakan ibadah dengan senyum sumringah, ditambah hati yang cerah menjadi impian mayoritas umat muslim di dunia. Tidak terkecuali dengan temans juga bukan? Saya pun begitu. Rasanya ingin sekali segera bisa menjejakkan kaki di tanah suci.

Sebagai umat muslim, pergi beribadah ke Makkah tentu saja untuk memenuhi dua tujuan. Pertama untuk memenuhi kewajiban menunaikan ibadah haji bagi yang mampu seperti disebutkan dalam rukun islam. Kedua, ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umrah atau umroh.

Berdasarkan KBBI, Umrah atau umroh adalah kunjungan (ziarah) ke tempat suci, sebagai bagian dari upacara naik haji, dilakukan setiba di Mekah) dengan cara berihram, tawaf, sai, dan bercukur, tanpa wukuf di padang Arafah. Pelaksanaan Umroh dapat bersamaan dengan waktu haji atau di luar waktu haji; haji kecil.

Sedangkan pengertian Umroh secara istilah atau menurut Syara’ yaitu bermaksud mengunjungi kota Mekkah untuk beribadah dengan tata cara tertentu. Dengan begitu umroh bisa dilakukan kapan saja tanpa terikat waktu.

Bagi sebagian orang melaksanakan umroh bisa menjadi pelepas kerinduan untuk mengunjungi tanah suci. Selain berbarengan dengan pelaksanaan ibadah haji, tak sedikit pula yang pergi melaksanakan umrah ke Makkah sebelum berkesempatan melaksanakan haji, dan adapula yang pergi setelah ia melaksanakan haji.

Orang yang memilih melaksanakan umrah sebelum berkesempatan melaksanakan ibadah haji biasanya punya alasan agar tetap bisa mengunjungi masjidil haram. Apabila harus menunggu ibadah haji terlebih dahulu takutnya terlalu lama karena biasanya untuk bisa melaksanakan haji orang harus masuk dalam daftar tunggu yang bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Ada pula umat muslim yang melaksanakan ibadah umroh setelah ia melaksanakan ibadah haji. Biasanya, hal ini dilakukan untuk menjawab kerinduan akan kota kelahiran Nabi Muhammad SAW itu.

 

Suasana di masjidil haram. Foto: Freepik.com

 

Secara hukum islam, tidak ada  batasan waktu untuk pelaksanaan ibadah umrah. Seorangn muslim bisa  sebelum seseorang berstatus sebagai haji atau hajah, atau setelah menunaikan ibadah haji.

Prosedur dan syarat untuk menjalankan ibadah umrah pun tidak ketat. Muslim manapun, selama memiliki kemampuan baik secara lahiriah dan bathiniah bisa pergi ke Makkah untuk menjalankan umroh. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan dan ketenangan saat menjalankan umroh.

Untuk bisa menjalankan ibadah umroh seseorang bisa saja mengelolanya secara mandiri. Dengan begitu segala keperluan sebelum keberangkatan seperti transportasi menuju Arab Saudi, akomodasi selama di tanah suci hingga segala keperluan perencanaan lainnya seperti mengurus visa umrah dan mengatur jadwal selama menjalankan ibadah.

Bila ingin lebih tenang dan nyaman dalam melaksanakan ibadah umrah, kita bisa memanfaatkan jasa travel umroh dan membeli paket umroh. Saat ini ada banyak perusahaan penyedia jasa travel umrah yang bisa dimanfaatkan. Namun, perlu diingat, tak semua penyedia jasa travel umroh bisa memberikan pelayanan maksimal.

Agar bisa merasakan pengalaman ibadah umroh yang nyaman dan membuat hati tenang, dari hasil ngobrol dan tanya-tanya sama teman dan saudara yang sudah pernah menjalankan ibadah umroh, saya berkesimpulan setidaknya ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian saat memilih agen travel umroh.

 

Suasana umroh, Foto: frepik.com

 

Berikut beberapa tips dalam memilih travel umroh nyaman dan terpercaya ala Duniabiza.com.

  1. Legalitas

Urusan legalitas ini harus menjadi yang pertama ya. Sebelum menentukan pilihan, pastikan temans sudah mengetahui status atau legalitas  agen travel umroh yang akan dipilih. Legalitas ini dibutuhkan agar segala urusan saat menjalankan ibadah umroh nantinya terlaksana dengan baik.

Kita tentu tidak mau terjadi pembatalan mendadak pada saat menjelang keberangkatan hanya karena agen travel umroh yang dipilih ditutup oleh pemerintah. Ataupun kalau pun tak ditutup tetapi dipersulit saat akan memberangkatkan calon jamaah.

Secara administratif badan hukum, legalitas agen travel umroh ini ditentukan oleh Kementerian hukum dan HAM. Sedangkan perizinan penyelenggaraan ibadah umroh dikeluarkan oleh Kementerian Agama. Dalam memberikan izin, Kemenag sangat ketat dan hanya memberikan izin pada agen yang dianggap layak dan memenuhi persyaratan.

 

Bagaimana cara mengecek apakah agen travel umroh yang dipilih sudah mengantongi izin?

Sebenarnya kita  bisa saja menanyakan langsung pada pengelola agen travel soal perizinan yang sudah mereka kantongi. Bahkan, biasanya tanpa ditanya pun para pengelola akan lebih dulu memberi tahu kita sebagai calon pelanggan mengenai perizinan yang sudah mereka kantongi. Hanya saja, terkadang manusiawi bila ada sedikit perasaan was-was. Apakah izin yang ditunjukkan benar dan sah?

 Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kebenaran izin yang dikantongi suatu agen penyedia travel umroh. Pertama kita  bisa datang langsung ke Kementerian Agama atau Kantor Wilayah terdekat untuk menanyakan kepada petugas tentang daftar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah atau PPIU.

 Cara kedua bisa dilakukan secara online. Kita bisa masuk ke situs resmi Kementerian Agama lalu masuk ke kanal pencarian untuk mencari data daftar PPIU yang resmi. Setelah itu tinggal mengecek apakah agen travel umroh yang dipilih sudah tercantum dalam daftar atau belum/tidak.

 

ilustrasi freepik

 

2. Track record

Saat ini tak hanya urusan legalitas, amat penting bagi kita untuk jeli melihat track record penyelenggara dan penyelenggaraan yang sudah dilakukan selama ini. Hanya pengelola terpercaya dan profesional yang bisa memberikan kualitas dan pelayanan prima.

Soal track record ini kita bisa melihat dari apakah agen travel yang dimiliki sudah memiliki sertifikasi sebagai penyedia jasa layanan travel dan umroh. Akan lebih baik lagi kalau agen travel umroh yang dipilih pernah menerima penghargaan dari instansi atau lembaga lain sebagai bukti jaminan kualitas dan layanan terbaik dan terpercaya yang diberikan.

Selain berpedoman pada sertifikasi dan penghargaan, kita juga bisa bertanya  langsung pada teman atau saudara mengenai pengalaman mereka selama menggunakan jasa dan layanan dari agen travel dan umroh yang akan dipilih. Kita juga bisa membaca testimoni orang-orang yang pernah menggunakan jasa agen travel umroh tersebut melalui website atau media sosial mereka.

 

 3. Jangan mudah percaya

Jangan takut dibilang cerewet atau terlalu skeptis. Lebih baik terlihat repot di awal daripada nanti menyesal. Lagi Pula  sebagai konsumen cerdas sesuai anjuran pemerintah kita memang harus menjadi calon konsumen kritis.

Ada baiknya untuk selalu mengkroscek setiap informasi yang disampaikan oleh travel umroh. Lakukan verifikasi dan klarifikasi.

Sebagai contoh, saat kita mendapati informasi bahwa travel umroh tersebut menjanjikan keberangkatan dengan masa tunggu antara 1 atau 2 tahun, maka radar harus segera menyala. Ada apa?

Lazimnya, agen travel umroh yang resmi dan terpercaya akan memberikan jadwal dan tanggal keberangkatan secara pasti kepada calon jamaah. Biasanya, perusahaan  travel umroh yang berizin resmi sudah menentukan tanggal keberangkatan ibadah dengan pasti.

Kecuali untuk hal-hal “force majeure” seperti saat pandemi akibat corona atau Covid-19 seperti sekarang. Segala sesuatu tentang pelaksanaan umroh sangat tergantung pada kebijakan pemerintah Arab Saudi untuk menyatakan pelaksanaan umroh dari jamaah mancanegara bisa dilaksanakan.

 

Selain soal tanggal keberangkatan, kita juga perlu memasang radar mengenai harga yang ditawarkan. Ada baiknya untuk tidak langsung percaya saat mengetahui ada agen travel umroh yang memberikan harga murah, jauh di bawah harga yang berlaku di pasaran. Bukan karena pelit, tapi ini namanya berjaga-jaga. Toh faktanya sudah banyak kisah calon jamaah umroh batal berangkat karena tertipu agen travel umroh bermasalah.

Namun bukan berarti semua yang menawarkan harga murah adalah agen bermasalah. Kita hanya perlu menggunakan rasionalitas untuk mengukur kelayakan dan rasionalitas harga yang ditawarkan. Prinsip ada harga ada rupa berlaku untuk layanan ini.

                                  

  1. Pilihlah Travel Umroh Terpercaya dengan Layanan Terbaik

 Layanan terbaik. Inilah poin penting yang tidak boleh terlewatkan. Saat kita mencari layanan jasa travel umroh pastikan bahwa yang dipilih adalah yang bisa memberikan kenyamanan karena inilah alasan utama kenapa kita harus membayar lebih untuk agen travel.

 

 “Kalau semua urusan seperti saat mengurus check-in, bagasi pesawat, bawa barang ke hotel dan mobilitas selama di Makkah masih diurus sendiri mending tak usah sewa jasa agen travel. 🙂 ”

 

Memilih Paket Umroh Saat New Normal

 

Manusia berencana Allah menetapkan. Begitulah hukum alam. Islam juga mengajarkan tentang percaya pada Qada dan Qadar. Seperti pengalaman Mama mertua yang batal berangkat umroh awal April 2020 lalu karena adanya wabah.

Tapi tidak mengapa, Mama tidak bersedih. Beliau ikhlas dengan ketentuan Allah sembari berdoa semoga keadaan segera membaik sehingga ia bisa berangkat ke tanah suci. Dalam sikap berserah itu, mama tak lupa mengingatkan kami untuk tak berhenti memasang doa agar bisa berangkat ke tanah suci. Begitu juga dengan kedua orang tua saya.

 

“Pasang niat ke tanah suci, semoga Allah mengabulkan suatu hari nanti.”

 

Ya. Meski pandemi akibat virus corona atau Covid-19 belum menunjukkan tanda akan berhenti, bukan berarti kita tak bisa memasang niat dan merencanakan untuk pergi menunaikan ibadah umrah. Apalagi, pemerintah Arab Saudi sudah memberi ancar-ancar untuk membuka negaranya bagi umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah umroh. Tentu saja dengan segala ketentuan baru dan pembatasan quota.

Salah satu kabar baik yang kini mulai berdengung di media bahwa rencana pembukaan Arab Saudi untuk penerbangan internasional yang berarti akses umat muslim untuk bisa berumrah akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Diprediksi Arab Saudi akan mulai menerima jamaah umroh pada awal 2021 nanti. Karena itu, menyiapkan rencana umroh sejak dini akan sangat membantu kita nantinya. Ini saatnya mencari agen travel umroh terbaik dan terpecaya.  🙂

 

Saya beruntung. Obrolan dengan beberapa teman membuat saya mantap menemukan travel umroh yang rekomended. Madinah Iman Wisata (MIW) namanya. Segala informasi mengenai travel ini seperti perizinan, layanan, dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan selama membantu kita melaksanakan Umroh bisa dibaca  dengan jelas lewat situs resminya.

Saya menjadi semakin yakin setelah mendengar langsung cerita dari teman blogger, Teh Ida Tahmidah yang telah berangkat umroh menggunakan agen travel MIW ini awal tahun lalu.

 

“Beneran puas dan nyaman. Hotel di Makkah bintang 5, dekat banget ke masjidil haram. Jadi bisa bolak balik ke sana,” ujar Teh Ida.

 

Dari hasil stalking di website MIW dan searching sana sini, saya makin yakin Madinah Iman Wisata merupakan travel umroh terpercaya dan terbaik sesuai dengan tagline yang mereka utamakan.

 

Kelebihan Menggunakan Paket Umroh MIW

 

Kelebihan Travel Umroh MIW

 

Dari hasil penelusuran dan diskusi dengan yang sudah berpengalaman, saya menyimpulkan beberapa keunggulan pergi umroh menggunakan layanan agen travel umroh MIW, sebagai berikut: 

  1.   Pasti

Seperti sudah dibahas pada bagian awal, soal kepastian ini benar-benar harus jadi catatan. Banyak agen travel umroh yang menjanjikan pasti berangkat namun kenyataannya banyak yang molor. Bahkan tak sedikit  pula yang batal berangkat. Janji saja tidak cukup.

 Di MIW tentang kepastian ini bukan hanya janji, tetapi sesuatu yang memang pasti ditepati. Mengapa bisa begitu? Itut karena sebelum paket umroh dijual ke calon jamaah, pihak MIW sudah membeli tiket pesawat ke maskapai dan kamar hotel di Makkah dan Madinah.

 Untuk hal ini saya angkat topi. Tak hanya memikirkan untung, MIW berani ambil resiko rugi, apabila paket tidak terjual habis. Hal itu dilakukan demi pelayanan dan kepastian pemberangkatan jamaahnya. Itu sebabnya, sampai saat ini di MIW tidak pernah ada gagal berangkat dan 100% jamaah pulang kembali dari tanah suci tepat waktu (kecuali yang meninggal di tanah suci).

 

  1.       Nyaman

Kenyamanan merupakan faktor utama saat kita melakukan ibadah. Kebayang ga sih betapa riwehnya kalau saat sejak sebelum keberangkatan sudah direpotkan dengan segala urusan administratif. Padahal, umroh merupakan ibadah yang membutuhkan energi dan ketenangan supaya bisa khusyuk.

 Dengan menjadi jamaah travel umroh MIW, suasana nyaman ini akan menjadi kemewahan baik saat berada di tanah air ataupun saat berada di tanah suci. Selama ini, travel umroh MIW selalu apik dalam memilih hotel dan akomodasi bagi jamaahnya. Sehingga jamaah di tanah suci merasa nyaman, baik selama di tanah suci maupun ketika pulang ke tanah air dalam keadaan segar fisik dan ruhaninya.

 Sebagai contoh yang dialami teman saya Mba Ida. Bayangkan, bisa menginap di hotel Bintang 5 dengan jarak yang dekat dari masjidil haram membuat ia menjadi lebih khusuk dalam beribadah. Kegiatan napak tilas sejarah Rasul pun menjadi lebih puas. Selain itu bila sedang ada agenda kosong tentu kita bisa mencuri waktu untuk beribadah di masjidil haram yang berjarak hanya sepelemparan batu.

Pengalaman Mba Ida Tahmidah saat Umroh menggunakan MIW. Hotel fasilitas nyaman, dekat dari masjidil Halam.  Foto: Istimewa

 

Kenyamanan layanan travel umroh MIW sudah terasa sejak jamah menunggu boarding di bandara. MIW akan menyewakan lounge sehingga jamaah bisa beristirahat di lounge di bandara dan tidak menggelandang berjam jam di kursi tunggu di bandara.

 MIW juga menyediakan tim handling untuk membantu jamaah dalam mengurus koper dan perlengkapan lainnya baik dalam pemberangkatan jamaah menuju bandara di tanah air. Juga pada saat berada di bandara Arab Saudi menuju hotel. Dengan begitu, jamaah tidak usah repot repot mengurus koper sendiri seperti mengangkat atau menurunkan koper kopernya dari bis atau dari pesawat. Selain itu, tour Leader MIW selalu TL profesional yang tersertifikasi, dan yang penting ramah dan ngayom.

 

  1.       Terpercaya

Keberadaan MIW sebagai agen perjalanan haji dan umroh sudah tak perlu diragukan. MIW berpengalaman sejak tahun 2000 dan berpusat di Bintaro Tangerang Selatan. Saat ini sudah ada kantor cabang yang tersebar di 34 daerah kota dan kabupaten di Indonesia.

 Dari sisi perizinan, MIW bukan hanya pemilik izin resmi penyelenggara umroh dan haji khusus dari pemerintah,  tetapi juga tercatat sebagai travel umroh dan haji khusus tersertifikasi. Ini artinya layanan yang diberikan di atas standar travel berizin.

 

Travel Umroh terbaik

 

  1.       Fleksibel

Berangkat ke tanah suci dengan MIW memudahkan karena adanya fleksibilitas. MIW Travel menawarkan 3 pilihan sistem pembayaran yaitu uang tunai, berangkat dulu cicil kemudian, atau melalui tabungan umroh. Fleksibilitas ini jua terlihat dalam pelaksanaan ibadah umroh. 

Saat berada di Makkah, jemaah akan dibawa ke destinasi ziarah yang sangat lengkap. Selain Ka’bah, Masjidil Haram, dan rumah kelahiran Nabi SAW (Daar Maulid) juga akan mengunjungi Jabal tsur, Jabal rahmah, Arofah, Mudzalifah, Mina, Masjid ji’ronah, Masjid jin, Pekuburan Ma’la, Museum Sahabat Nabi, Museum Alqur’an dan jika memungkinkan lanjut ke Gua Hiro, Museum Haramain, Hudaibiyah dan Taif.

Begitu pula saat berada di Madinah. Di Madinah selain Ibadah di Masjidil Nabawi jemaah diantar ke Raudhah, Makam Rasululloh, Pemakaman Baqe, Masjid Ghamamah, Masjid Abu Bakar, Masjid Ali, Masjid Umar bin Khatab, Tsaqifah Bani Saidah, Masjid Quba, Kebun qurma, Gunung Uhud, Masjid Qiblatain, Masjid Jum’at, Masjid Khandaq dan jika memungkinkan ke Percetakan Al Qur’an terbesar di dunia, Madain Saleh, Jabal magnet, dan Al Hejaz Railway Museum.

Nah sekarang bagaimana? Apakah temans sudah memantapkan hati menemukan travel umrah terbaik dan terpecaya? Yang tak kalah penting, untuk merencanakan pergi umroh di saat masih new normal seperti sekarang, kita harus memilih paket umroh terbaik yang menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

 

Bagaimana dengan pelaksanaan umroh selama new normal? 

Yup. Meski berencana membuka kembali izin umroh, pemerintah Arab Saudi tentu akan membelakukan protap khusus. Adapun beberapa penyesuaian yang dilakukan selama new normal ini adalah: 

  1. Pintu masuk dan keluar akan dipisah, pintu masuk tawaf bagi mereka yang ber ihram di dekat Kabah, masuk dari pintu 89-93 dan keluar dari pintu Ajyad
  2. Melalui cek suhu, apabila lebih dari yang ditentukan tidak diperkenankan masuk
  3. Penyediaan tempat cuci tangan, harus bermasker
  4. Hanya diperkenankan 40% dari daya tampung Mathaf, dengan dibatasi hanya 3 lajur Tawaf, masing masing hanya 300 orang
  5. Untuk hari Jumat, kota Makkah akan ditutup untuk penduduk lokal kecuali dengan tashrih
  6. Masjidil Haram dibuka 1 jam sebelum subuh dan ditutup setelah shalat Isya
  7. Pemberlakuan peta alokasi shalat, pintu masuk mereka yang berihram, Lansia dan penyandang disabilitas, serta mereka yang hanya tawaf sunnah
  8. Selesai Sai akan diarahkan keluar dari Marwa

Untuk informasi lanjutan mengenai keberangkatan setelah pemerintah Arab Saudi membuka layanan umroh bisa temans lihat langsung di website MIW. Bila temans kepo lebih jauh soal harga, mekanisme atau sekadar untuk berkonsultasi dulu,  bisa kunjungi website atau lewat akun sosial MIW.

Instagram : @miwtravelofficial 

FB   : Madinah Iman Wisata

Web: miw.co.id

 

Jadilan yang pertama ibadah umroh saat aksesnya telah dibuka!

Amin. Semoga Allah mengabulkan.

🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *