Fakta Menarik Di Balik Senyuman yang Perlu Diketahui

Seyum

Senyum adalah sedekah. Memperbanyak senyum berarti memperbanyak ibadah.

***

Sebagai manusia tentunya kita seringkali dihadapkan kepada berbagai tekanan dan tantangan hidup sehari-hari. Kehidupan tidaklah selalu berjalan mulus dan tidak terjadi selalu sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hal-hal demikian tidak jarang membaut kita merasa tertekan, stress, bahkan bisa depresi. Jika sudah begitu, tentunya akan bermunculan beragam efek negatif yang perlahan bisa menghancurkan diri kita.

Baca juga: Cara Agar Bisa Tidur Dengan Cepat

Untuk menghadapi tingkat stress yang perlahan menumpuk, maka salahs atu yang bisa anda lakukan adalah dengan tersenyum. Secara umum senyuman bisa diartikan sebagai ungkapan noverbal dari seseorang untuk menunjukan tingkat kebahagiaan yang ia miliki.

Labih jauh dari itu tersenyum juga memiliki sejumlah manfaat besar terhadap kehidupan kita, yang salah satunya adalah mengurangi perasaan stress yang tengah kita rasakan.

Beberapa sumber mengatakan jika otot wajah yang diperlukan untuk tersenyum itu jauh lebih sedikit ketimbang otot yang diperlukan untuk cemberut. Beberapa ahli menyatakan jika untuk tersenyum manusia hanya membutuhkan 17 hingga 26 otot wajah, sedangkan untuk cemberut seseorang membutuhkan lebih banyak lagi otot wajah yakni 43-62.

Psikolog dan peneliti dari Universitas Kansas, Tara Kraft juga dikabarkan melakukan sebuah penelitian yang dimaksudkan untuk melihat sejauh mana pengaruh senyuman terhadap tingkat stress seseorang. Tara melakukan penelitian tersebut dengan melakukan terapi senyuman. Penelitian tersebut langsung dipmpin oleh Tara bersama dengan Sarah Pressman. Dalam penelitian tersebut Tara mengambil sample penelitian sejumlah 169 mahasiswa.

Dari 169 mahasiswa yang turut dalam penelitian tersebut, Tara mencoba memberikan banyak tugas kepada mereka. Tugas tersebut dimaksudkan sebagai tekanan yang akan bisa memicu tingkat stress dari para mahasiswa.

ketahui.com
ketahui.com, situs berita yang memberi banyak informasi

 

Di samping tekanan yang berat, mahasiswa itu diberikan kondisi yang berbeda di mana ada yang diminta tidak tersenyum sama sekali, sedangkan sebagian lagi diminta untuk tersenyum baik tanpa alat bantu ataupun dengan menggunakan alat bantu, yakni sebuah sumpit. Tidak hanya sampai di situ saja, Tara bahkan meminta para peserta menggunakan alat bantu detektor jantung dan secara rutin melaporkan tingkat stress yang mereka rasakan.

Hasil penelitian menunjukkan jika mereka yang tersenyum selama menjalankan tugas memiliki kondisi stress dan tekanan yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak sama sekali tersenyum selama tes berlangsung. Menurut Tara berdasarkan hasil penelitiannya, mereka yang tersenyum selama ujian baik secara alami maupun dengan menggunakan alat bantu. Akan menurunkan tingkat stress yang dirasakan oleh peserta tersebut.

Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian lain kali ketika anda merasakan stress dan tekanan yang cukup berat anda bisa memegang wajah anda sendiri untuk kemudian mencoba tersenyum sejenak. Dengan melakukan hal demikian anda bisa mengurangi tekanan anda secara psikologis, dan lebih jauh dari itu bisa juga membantu menjaga kesehatan jantung yang anda miliki. Dengan tersenyum juga kesehatan anda bisa meningkat dan membuat hidup dari orang tersebut lebih menyenangkan.

Dengan fakta unik dan menarik d balik senyuman tersebut, maka sudah semestinya anda mencoba untuk terus tersenyum di balik berbagai hal dan tekanan yang bisa membuat anda stress. Dengan demikian, permasalahan yang kala itu tengah anda rasakan bisa berkurang dan menurun. Setidaknya membantu anda untuk bisa bangkit kembali bukan?

Bagaimana? Mari mulai dari sekarang tersenyumlah kepada semua orang di sekitar anda dan tebarkan perasan bahagiaan kepada sekeliling anda. Bagikan juga artikel fakta mengenai senyuman ini kepada teman-teman anda dan ajak mereka untuk melakukan hal positif yang sama.

Bagikan artikelnya dengan cara menekan tombol berbagi yang telah disediakan pada halaman ini. Dengan menekan tombol berbagi anda sudah bisa membagikannya melalui laman media sosial anda masing-masing.

Sumber: ketahui.com

Summary
Ketahui Fakta Menarik tentang Senyuman
Article Name
Ketahui Fakta Menarik tentang Senyuman
Description
Hasil penelitian menunjukkan jika mereka yang tersenyum selama menjalankan tugas memiliki kondisi stress dan tekanan yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak sama sekali tersenyum selama tes berlangsung.
Author
Publisher Name
dunia biza network
Publisher Logo

Add a Comment

Your email address will not be published.