6 Cara Melakukan Investasi Emas yang Benar

Investasi emas merupakan salah satu pilihan jika Anda ingin meningkatkan aset yang dimiliki. Selain memiliki risiko rendah juga sangat mudah untuk dilakukan. Kelebihan lainnya, kebal inflasi, modalnya relatif kecil dan gampang untuk diperjual belikan.

Di mana bisa Melakukan Investasi Emas?

Bagi pemula dan generasi millenial, investasi emas bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain memiliki banyak kelebihan, juga bisa dilakukan di pegadaian. Perusahaan milik pemerintah ini menyediakan beberapa layanan untuk menunjang kegiatan tersebut.

Layanan yang disediakan seperti transaksi pembelian secara tunai maupun kredit, tabungan dan juga pembelian emas. Kemudahan tersebut diciptakan karena animo masyarakat dalam kegiatan cukup tinggi.

Banyaknya peminat disebabkan oleh risiko investasi ini sangat rendah, karena harganya cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, juga mudah untuk dicairkan, bahkan bisa dibeli dengan cara tunai ataupun kredit.

Tabungan emas di pegadaian menjadi salah satu pilihan sebagian orang. Alasannya karena menawarkan layanan pembelian dan penjualan emas dengan harga terjangkau dan fasilitas titipan. Pada akhirnya, program tersebut bisa dilakukan oleh siapapun meski memiliki budget pas-pasan.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Investasi

Meskipun investasi emas sangat mudah dilakukan dan minim risiko, akan tetapi sebelum melakukannya Anda harus tahu bagaimana caranya. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan maupun kerugian. Seperti:

  1. Menentukan Tujuan Utama Berinvestasi Emas

Setiap orang yang berinvestasi pasti memiliki tujuan, salah satunya bisa saja untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Sebelum memulai kegiatan tersebut, sebaiknya mencari banyak informasi kepada teman atau saudara yang sudah berpengalaman.

Bisa saja tujuan berinvestasi untuk membeli tanah, kendaran dan berhaji di waktu yang akan datang. Tetapi juga harus konsisten membeli emas dengan besaran tertentu sesuai kemampuan.

2. Mengecek Harga Emas

Setelah Anda memiliki tujuan melakukan investasi, jangan terburu-buru membeli emas. Sebaiknya mengecek dahulu berapa harganya di pasaran. Ini juga bisa dilihat di internet, karena saat ini banyak situs-situs yang sangat update menampilankan harga emas.

Setelah mendapatkan informasi tentang harga terkini. Cara selanjutnaya adalah, pastikan waktu yang tepat untuk membeli emas. Jika sedang turun, itu merupakan momen tepat untuk memulai berinvestasi.

3. Menentukan Emas yang Akan Dibeli

Cara selanjutnya adalah menentukan besaran emas yang akan dibeli untuk investasi dan periode waktu pembeliannya. Ini harus menjadi bagian yang perlu diperhatikan secara khusus. Misalnya, Anda menginvestasikannya setiap bulan sekali sebanyak 5 gram.

4. Menentukan Tempat Pembelian

Anda harus membeli di tempat terpercaya, sehingga bisa terealisasikan tanpa ada kendala. Akan tetapi, sebelumnya harus memastikan dimana saja tempat membeli yang resmi. Hal tersebut dilakukan karena sekarang seringkali terjadi penipuan saat transaksi jual beli emas.

Ada beberapa tempat untuk membeli emas yang terpercaya, antara lain PT Pegadaian, Kantor Pusat Antam, Unit Bisnis Antam, Butik Emas Antam Logam Mulia, Bank Syariah, PT Pos Indonesia dan juga Toko emas online.

5. Memeriksa Kondisi Emas 

Langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi emas ketika masih berada di tempatnya. Ini dilakukan untuk memastikan keasliannya. Jangan sampai apa yang apa yang Anda beli palsu. Sebaiknya juga lebih teliti dalam melihat kondisi fisiknya dan pastikan semuanya dalam kondisi mulus atau tidak cacat.

6. Memilih Penyimpanan Emas yang Aman

Setalah Anda membeli emas untuk investasi dalam jangka waktu tertentu, pastikan juga tempat penyimpannnya. Ada cara yang bisa dilakukan agar keberadaannya tersimpan dengan aman, yaitu menggunakan brankas baja, safe deposit box dan disimpan di pegadaian.

Itulah 6 cara melakukan investasi emas dengan benar. Diharapkan Anda memahami dan menjalankan semua tahapnya agar tidak terjadi penipuan yang berakibat kerugian.

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.