Rahasia Agar Alergi Tak Halangi si Kecil Berprestasi

 

“Bund si kecil kok merah-merah ya badannya?”

“Kasian, kalau si kecil merah-merah dan gatal nanti rewel loh.”

“Duh, kasian dedek alergi ga bisa minum susu.”

Berbagai pertanyaan dan keluhan soal si kecil yang diserang bintik-bintik merah itu dulu pernah begitu dekat dengan telinga saya. Saat si sulung Bintang (6 th) berusia dua tahun. Saat itu ia memang sempat mengalami kesulitan untuk konsumsi susu formula. Pada masa-masa awal saat si sulung lepas ASI eklusif, dan beralih ke susu formula, alih-alih menjadi tenang kami malah dihadapkan suatu masalah. Si sulung menjadi alergi, kulitnya muncul bintik-bintik merah.

Awalnya saya dan suami menduga tanda-tanda merah itu cuma persoalan cuaca. Mungkin karena udara yang gerah. Namun, lebih dari tiga hari bintiknya tak kunjung hilang. Si kecil mulai rewel. Tangannya sering mengusap bagian berbintik. Saya ingat, saat itu akhirnya kami memutuskan membawa si sulung konsultasi ke dokter anak di RS Tambak, Menteng, Jakarta. Bintang lahir di sana, dan kalau ada apa-apa biasanya kami kontrol ke RS di rumah sakit itu.

“Si kecil alergi Bu. Saya rekomendasikan Ibu untuk menghentikan pemberian susu formula biasa dan beralih menggunakan susu soya sampai si kecil terbiasa. Nanti bisa pelan-pelan dicobakan susu formula sapi.”

Akhirnya sejak itu saya mulai mengganti susu sapi menjadi susu soya. Kami memilih susu Morinaga ChilKid Soya karena dipercaya dan teruji cocok untuk memenuhi nutrisi si kecil yang alergi. Lebih jauh mengenai keunggulan Morinaga ChilKid Soya ini akan saya ceritakan nanti ya moms.

Nah kembali ke persoalan alergi, dan kekhawatiran akan alergi memang pernah mampir di keluarga kami. Setelah empat tahun berlalu saat si sulung sudah berusia 6 tahun persoalan sama kembali menghampiri keluarga kami. Ketika si bungsu Arsyad berusia dua tahun dan mengakhiri masa ASI ekslusif. Seperti halnya terhadap si sulung saya ingin melanjutkan pemberian susu formula agar asupan nutrisi baby Arsyad tetap tercukupi. Berhubung tidak bisa ASI lagi otomatis kami beralih ke susu formula.

Saat akan beralih ke susu formula inilah kami berpikir dua kali. Khawatir riwayat alergi Bintang juga dialami Arsyad. Apalagi riwayat alergi ini juga sempat muncul pada si tengah Zizi. Makanya ketika tiba waktunya Arsyad terpapar susu formula kami tak langsung menggunakan susu sapi. Si kecil dipaparkan dulu dengan susu Morinaga Chilkid Soya. Alhamdulillah, si kecil suka dengan rasanya. Ada varian madu dan vanila. Saya senang karena kecemasan akan alergi tidak membuat si kecil terhalang untuk berprestasi. Alergi tetap berprestasi

Oiya ngomongin lebih jauh mengenai alergi saya jadi tertarik untuk bercerita mengenai Morinaga Allergy Week 2019 yang digelar PT Kalbe Nutritionals pada 7-13 April 2019 lalu. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung World Allergy Week yang diperingati setiap tahun untuk membantu Si Kecil yang alergi, tetap berprestasi.  Tahun ini temanya adalah The Global Problem of Food Allergy

Si kecil berprestasi tidak takut alergi

Tiga tahun lalu, sekitar Mei 2016 saya pernah mengikuti kegiatan yang hampir sama. Saat itu saya berkesempatan hadir mengikuti seminar dan talkshow tentang riwayat alergi pada anak. Saat itu yang menyelenggarakan kegiatan adalah Brand Morinaga Chilkid Soya.  Keikutsertaan saya dalam seminar itu lantaran ingin tahu lebih jauh mengani alergi yang dialami si sulung Bintang.

Dari seminar itu saya mendapat banyak pengetahuan dan pemahaman yang menjadi bekal dalam mengawal tumbuh kembang si kecil. Sama seperti tiga tahun lalu, pada World Allergy Week tahun ini, Morinaga memahami bahwa tumbuh kembang dan prestasi anak adalah prioritas dan keberhasilan seorang ibu. Makanya tema yang diangkat tahun ini adalah #BekalPrestasi.

Program #BekalPrestasi terdiri dari edukasi alergi lewat hospital seminar yang didukung oleh dokter spesialis anak ahli alergi di berbagai kota besar di Indonesia, kesempatan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dari KLIKDOKTER, penyediaan asuransi pendidikan anak, penyediaan asuransi jiwa untuk orangtua. Pada momen ini Morinaga juga memperkenalkan inovasi produk berupa varian terbaru dari Chil Kid Soya rasa madu untuk memenuhi kebutuhan dan kelengkapan nutrisi Si Kecil.

“Dukungan penuh dari Morinaga dalam program #BekalPrestasi ini diharapkan bisa membantu generasi platinum untuk mencapai cita-cita dan kualitas terbaik dirinya,”

Dewi Angraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals.

Haruskah Khawatir dengan Alergi?

Persoalan alergi sekilas memang terlihat sepele. Tapi sebenarnya bila dibiarkan bisa sangat merugikan. SI kecil menjadi tidak nyaman dan membuat dia malas bergerak dan berkreativitas. Yang pasti sekecil apapun masalah yang dihadapi si kecil tentu tidak boleh dibiarkan karena akan mengganggu si kecil.

Nah mengenai alergi ini tahukah moms, berdasarkan data yang dirilis WHO, alergi telah menjadi masalah global. Kondisi alergi terkait makanan, bisa berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Oleh karena itu, alergi adalah topik yang perlu diedukasikan secara rutin