Prosedur dan Biaya Berobat ke Penang Malaysia

 

Beberapa waktu lalu, rumah kami disibukkan dengan hal tak terduga. Kesehatan papa mertua tiba-tiba menurun. Padahal sehari sebelumnya kami baru saja jalan sekeluarga, main-main ke taman burung. Saat itu semua baik-baik saja. Kami masih pulang dengan tertawa dan riang gembira.

Esoknya, di pagi hari tiba-tiba sesuatu tak terduga terjadi. Mama menjadi lebih sibuk dari biasa. Ada raut khawatir di mukanya.

“Ayo temani ke Rumah Sakit”

Mendengar permintaan mama kami pun jadi ikut khawatir. Rupanya kesehatan papa mertua menurun dalam waktu cepat. Beliau mengeluhkan ada rasa sakit di dada, serta tangan dan kaki sulit digerakkan. Secepat waktu yang bisa dimaksimalkan, mama dan papa mertua kemudian menyiapkan diri. Bahkan mereka sudah siap sedia dengan baju ganti kalau-kalau di rumah sakit diminta untuk rawat inap.

Segera suami bersiap mengantar. Di tengah rasa khawatir itu saya bersiap ke kampus. Dan hari itu meski berada di kampus, rasa khawatir dan ingin tahu keadaan papa mertua membuat saya terus bertanya lewat pesan WA bagaimana kabarnya. Mood belajar hari itu juga menurun dan ini diketahui oleh teman. Barangkali karena memang saya menyimpan rasa khawatir.

Saat ngobrol dengan teman mengenai kondisi papa mertua, salah seorang memberi masukan, kenapa tidak coba berobat ke Penang? Hmmm. Saya pikir ada benarnya juga. Dia  bercerita kalau sudah pengalaman berobat ke Penang dan kenyamanan serta kepuasan lebih berbeda dari di Indonesia.

Setelah pembicaraan singkat itu saya pun jadi penasaran. Ingin tahu lebih jauh bagaimana cara dan prosedur untuk bisa berobat ke Penang. Kalau untuk pergi sendiri rasanya akan sulit. Apalagi kalau tidak berpengalaman, energi untuk menenami keluarga yang sakit akan direpotkan dengan segala urusan administrasi.

Saya pun kemudian mencari tahu lewat google bagaimana cara dan prosedur kalau kita ingin pergi berobat ke Penang. Apakah ada lembaga yang menyediakan jasa layanan berobat ke Penang sehingga kita tinggal berangkat dan bayar saja?

Rupanya, sekarang untuk bisa berobat ke Penang Malaysia tidak ada lagi repot. Dari hasil penelusuran google saya mendapat info tentang Medisata. Medisata ini  situs yang menyediakan layanan berobat ke lua negeri. Yang lebih menyenangkan konsultasi di Medisata untuk pilihan berobat ke Penang tidak dipungut biaya tambahan. Jadi kita tetap saja membayar biaya konsul seharga normal.  Kalau urus sendiri dan dibantu medisata harganya sama, kenapa harus repot mikir untuk daftar sendiri? 🙂

Medisata merupakan perwakilan rumah sakit Malaysia dan Singapura di Indonesia. Jadi kalau kita hendak berobat ke Penang, atau kota lain di Malaysia dan juga Singapura, Medisata akan membantu dengan senang hati untuk mengarange rencana kunjungan. Jadi kalau ke Penang kita ga perlu nanti mikirin antri dan urusin hal-hal teknis. Tinggal bawa badan dan periksa kesehatan.

 

Di website Medisata (https://www.berobatkepenang.com/), kita tidak hanya mendapat bantuan saat berobat di negara tujuan, tetapi sudah mulai dibantu sejak persiapan keberangkatan dan membantu menghitung budget perjalanan. Bahkan sekarang, untuk merencanakan budget, Medisata memiliki fitur untuk menghitung perkiraan biaya dan waktu yang diperlukan selama pengobatan.

Jadi kalau mau berobat ke Penang dengan memanfaatkan Medisata kita akan mendapatkan beberapa hal yang memudahkan

  • Rekomendasi dokter dan rumah sakit sesuai keluhan pasien
  • Memberikan perkiraan biaya
  • Jadwal praktek dokter
  • Dibantu membuatkan appoitment
  • Penjemputan ke bandara
  • Booking hotel
  • Membantu mengurus dokumen untuk kelengkapan klaim asuransi
  • Evakuasi medis
  • Transfer uang ke rumah sakit

Dengan berbagai layanan yang akan kita dapat ini, ketika berobat ke Penang dengan medisata semua akan menjadi lebih gampang. Kenyamanan dan rasa aman juga akan lebih besar.

Oiya, sebenarnya kenapa sih banyak yang merekomendasikan berobat ke Penang? Hmm saya pikir, suasana aman dan tenang di Penang menjadi alasan utama. Saya sendiri memang belum pernah berobat ke sana, tapi sudah pernah menjejak sekali di penang dan tinggal beberapa hari di sana. Suasananya memang berbeda.

Berobat ke Penang kini memang makin diminati banyak orang. Pada 2016 misalnya tercatat ada hampir 1 juta pasien dari berbagai negara yang ke Malaysia. Dari jumlah itu sebanyak 500.000 pasien di antaranya asal Indonesia yang ke Penang. Luar biasa banyak bukan. Kebanyakan pasien yang datang ke Penang ingin menjadi rumah sakit jantung, ginjal, paru, mata dan kanker.

Penang menjadi kota tenang dan nyaman. Apalagi kalau kita bisa sempat jalan santai ke pantai. Sebagai salah satu pulau tujuan wisata di Malaysia, Penang memang memanjakan mata dan pikiran dengan arsiterktur bangunan yang monumental.

Di Penang terdapat beberapa rumah sakit yang bisa dijadikan tempat pilihan berobat. Di antaranya island hospital, gleneagles Penang, Loh Guan Lye, Pantai Hospital Penang, dan Mount Miriam. Di rumah sakit ini kita bisa memilih dokter spesialis yang sesuai kebutuhan. Jika bingung, Medisata bisa mencarikan jawaban untuk kita.

Mungkin beberapa di antara kita masih bertanya tanya kenapa sih Penang menjadi pilihan berobat yang diminati?

Kalau menurut saya ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan

 

Diagnosa Tepat dan cepat

Hampir semua RS Penang memakai alat-alat medis canggih. Dengan begitu akurasi hasil diagnoasa bisa lebih akurat dan cepat. Kita menjadi lebih tahu mengenai masalah yang tengah dihadapi.

 

Didukung tenang medik profesional dan ramah

Dokter, perawat, bahkan staff rumah sakit yang ada di Penang memiliki profesionalitas yang tinggi. Mereka memperlakukan setiap pasien dengan profesional & ramah. Hampir semua dokter disini bisa bahasa Indonesia jadi tidak ada kendala saat konsultasi.

Biaya Berobat Terjangkau

Apakah berobat ke Penang mahal? Dibanding berobat di Indonesia, harganya tidaklah jauh berbeda. Ditambah lagi biasanya dokter di sana tidak begitu aja memberi rekomendasi menginap. Kalau pasien masih sehat dan tidak perlu rawat inap dokter tidak akan merekomendasikan rawat inap sehingga  biaya bisa terkontrol.

 

Hmmm… so, berobat ke Penang ternyata sekarang memang tak hanya trend tapi memang worth it ya. Siapa saja bisa mencoba. ***

 

13 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.