Goodbye Jerawat! Menemukan ERHA Menjawab Tanya

 

Aaa tidak….! Jerawat itu sungguh terlalu…!

***

Seminggu melakukan penelitian di Bali pada minggu pertama Maret lalu menyisakan banyak hal buat saya. Banyak kenangan, banyak cerita, banyak foto dan video dengan spot bagus tersisa di kamera dan tentu saja banyak transkrip wawancara yang harus dirampungkan, naskah penelitian yang harus disiapkan, dan draft laporan final. Tapi tunggu ada satu lagi, kecil memang tapi berhasil menyita perhatian.

Iyup… Si kecil itu berwarna merah. Bertahta di dagu sebelah kanan. Rasanya jangan ditanya. Perih sekali. Dibanding pie susu, kacang bali, oleh-oleh satu ini sepertinya cukup membuat saya terkesan. Sayangnya ia tidak bisa dimakan. Alih-alih membuat senang, si kecil merah itu justru menyita perhatian.

“Dek jerawatnya manis amat..” ujar suami seraya menowel bintitan merah  di dagu. Bukannya kasihan melihat saya sedikit kesakitan ia malah kesenangan. “Kamu jarang ada jerawat, tapi sekalinya datang langsung segitunya ya…” ujar suami sambil senyum nakal.

Ya… ya… Harus saya akui, untuk kali ini saya kalah. Tak bisa membantah. Ejekan nakal pak bos, dan towelannya pada jerawat merah kecil yang nongol di dagu saya terima apa adanya. Mau gimana lagi, tak ada celah untuk menghindar. Toh kebahagiaan saya selama ini mengolok-olok kulit berminyak dan cenderung berjerawat milik pak bos terbalas telak. La wong, saya pun akhirnya meradang karena jerawat nakal yang mengganggu.

Saya memang cukup terganggu. Selain perih, ukurannya pun lumayan besar. Sedikit kesal juga karena kenapa tumbuhnya di tempat yang terlihat. Terang benderang. Terpampang pada dunia. Dan yang lebih bikin terganggu itu karena suami dan anak-anak suka menjahili.

“Kok mama ada jerawatnya,” ujar si sulung yang sudah makin pintar bersilat lidah.  Tentu saja plus senyum nakalnya seperti yang ia tiru dari sang papa.

 

beauty and the giant

Baiklah baiklah. Untuk kali ini saya kalah. Kesibukan selama berada di Bali, membuat saya tak terlalu memperhatikan kebersihan wajah. Terpapar sinar matahari Bali secara langsung dengan suhu di atas 30 derajat celcius selama berhari-hari, terkena debu dan dihembus angin laut. Belum lagi intensitas mencuci muka dan mandi yang tak beraturan. Kombinasi lengkap banget untuk mengundang jerawat.

Meskipun kulit saya tergolong normal tapi kalau dapat perlakuan seadanya ya tetap akan nyerah juga dengan jerawat. Pengalaman ini sekaligus membuktikan bahawa anggapan yang menyebut bahwa kulit keriang tidak rawan jerawat tidak benar adanya. Buktinya kulit tetap saja berisiko terkena jerawat.

Lain lagi dengan pak misua. Berbeda dengan saya, kulitnya memang berminyak sehingga cenderung mudah untuk berjerawat. Sekali aja lupa cuci muka habis dari perjalanan, siap-siap berikutnya dengan jerawat. Tapi meski sudah tahu punya kulit bermasalah, dia termasuk yang susah saya ingatkan untuk menggunakan produk perawatan wajah. Alasannya, nanti kalau dikasih pelembab atau sabun malah kulitnya jadi makin berjerawat.

Tidak hanya suami, salah seorang teman dekat yang memiliki masalah dengan kulit juga mengaku khawatir bila menggunakan pelembab kulitnya menjadi tambah berminyak. Padahal sebaliknya membiarkan kulit berjerawat tanpa perawatan justru akan membuat kulit menjadi makin kering yang justru memperparah kondisi jerawat.

ERHA Apothecary, bisa ditemukan di Jakarta dan kota besar Indonesia

 

Soal perawatan jerawat ini memang sedikit tricky. Begitu pula dengan cara memilih produk yang tepat. Saat hadir pada salah satu talk show mengenai perawatan kulit termasuk kulit berjerawat ini sebenarnya hanya perlu memastikan kandungan utama. Produk dengan kandungan ceramide sangat baik bagi penderita kulit berjerawat yang kering, sensitif dan atopi.

Ceramide sendiri secara natural dapat kita temukan pada lapisan kulit kita yang berfungsi sebagai lapisan water proof bagi kulit. Ceramide ini membantu proses pemulihan barrier kulit dan mengatur regenerasi sel sehingga lapisan kulit yang sempat rusak dapat diperbaiki. Secara lebih spesifik barrier kulit akan memberikan perlindungan terhadap berbagai faktor dari luar tubuh.

Barrier kulit yang sehat memiliki kemampuan mengikat air dan memiliki kadar lemak yang baik, termasuk kandungan ceramide sebagai komponen terbesar. Pada kondisi atopi dan kulit kering, barrier kulit mengalami gangguan atau kerusakan sehingga berkurangnya kelembaban dan fungsi proteksi kulit. Hal ini akan membuka akses dari luar ke dalam kulit serta dapat memicu timbulnya jerawat.

“Kekhususan kulit membuat ia perlu moisturizer khusus dengan kandungan ceramide dan bahan anti acne yang dapat memperbaiki barrier kulit. Tidak hanya melindungi tentu saja juga mencegah datangnya jerawat.”

Norita Sembada, Head of Business Development Derma Global Ventura.

 

Nah kembali ke soal jerawat yang mengganggu saya sejak pulang dari Bali, saya bersyukur karena tak terjebak lama. Tak lama setelah pulang dari Bali, seorang teman memperkenalkan saya dengan ERHA Gentle Acne Moisturizer. Sebelumnya saya sudah sering mendengar mengenai rangkaian skincare dari Erha ini tapi belum kesampaian mencoba. Makanya ketika si teman merekomendasikan ERHA untuk masalah jerawat yang saya alami, saya langsung tergoda mencoba.

Lebih enaknya lagi sekarang tidak sulit menemukan produk Erha. Kita bisa membelinya tanpa perlu menunggu resep dokter. Belinya di mana? Di ERHA Apothecary yang ada di beberapa lokasi di Jakarta dan kota besar Indonesia.

Hal pertama yang membuat saya tertarik mencoba ERHA Gentle Acne Moisturizer ini karena memiliki kandungan ceramide dan kandungan anti acne. Seteleh mencoba menggunakan ternyata hasilnya langsung terasa. Si jerawat langsung kecut dan dan perlahan menghilang. Pantas saja, produk ini kini jadi andalan dalam mengusir jerawat.

Seperti apa sih ERHA Acne Care Lab Gentle Acne Moistuirizer bekerja? Kok bisa ya menghilangkan jerawat dengan tuntas?

Jadi, ERHA Gentle Acne Moisturizer merupakan pelembap untuk kulit berjerawat dan cenderung berjerawat dengan tiga kondisi kulit yaitu kering, sensitif & atopi. Produk ini diformulasikan khusus untuk mengatasi dan mencegah acne, sekaligus melembapkan dan memperkuat fungsi barrier kulit.

Seperti yang sudah kita bahas di awal artikel, barrier kulit merupakan lapisan terluar kulit yang terdiri dari sel-sel kulit (corneocytes) yang saling terikat dengan adanya lapisan lipid. Lapisan barrier ini bersifat impermeable sehingga mencegah hilangnya air/ kelembapan dari dalam kulit dan mecegah masuknya mikroorganisme atau iritan yang merusak kulit. Rusaknya barrier kulit menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, gatal, teriritasi atau sensitif.

Pada kulit dengan gangguan jerawat, terjadi gangguan pada barrier kulit. Selain itu, perawatan jerawat umumnya menyebabkan perubahan barrier kulit sehingga kulit menjadi kering dan teriritasi.

Karena itulah kemudian diperlukan terapi tambahan dengan moisturizer yang dapat memperbaiki dan memperkuat barrier kulit.`

 

Kandungan Aktif :

  1. Granactive Acne dan Salicylic Acid yang bekerja sinergis untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat baru.
  2. Ceramide Complex, Gluconolactone dan Betain untuk mengembalikan kelembapan dan fungsi proteksi dari barrier kulit.
  3. Zinc Gluconate dan Niacinamide untuk mengontrol minyak berlebih dan menjadikan wajah bebas kilap.
  4. Allantoin, Alpha-Bisabolol dan Niacinamide sebagai antiinflamasi dan membantu proses wound healing.

 

Act Now, Acne Free

Rangkaian produk ERHA Lab Care Acne

Mencoba ERHA Gentle Acne Moisturizer membuat saya terkesima. Masalah jerawat yang saya alami segera tuntas. Tak mau senang sendiri saya pun menawarkan pak misua untuk ikut mencoba. Bersyukur kali ini dia tidak menolak. Mungkin karena iri melihat wajah istrinya bebas jerawat lagi. 🙂

Ternyata, usut punya usut, demi menyelesaikan persoalan muka berminyak dan cenderung berjerawat yang dimiliki suami saya pun mencari tahu lebih jauh mengenai ERHA. Gentle Acne Moisturizer bisa didapatkan secara bebas di semua gerai ERHA sebagai rangkaian produk Over the Counter (OTC) yang dapat diperoleh tanpa perlu resep dokter.

Tak hanya bisa dibeli tanpa resep dokter, hal lain yang menurut saya menarik lantaran produk ini bisa didapatkan dengan mudah di Erha Aphotecary yang berada di beberapa titik di Jakarta seperti AEON Mall Jakarta Garden City, Senayan City Pacific Place, Mall Kelapa Gading, Gandaria City Grand Indonesia, Summarecon Mal Bekasi, Grand Galaxy Bekasi, dan kota-kota besar di Indonesia. Untuk lokasi lengkap Erha Aphotecary ini bisa temans lihat di website ERHA dengan mengklik link di sini ya…. 

 

Selain Gentle Acne Moisturizer ini juga ada beberapa produk  rangkaian perawatan kulit berjerawat lainnya yaitu.

  1. Acne Care Lab – ACSBP 

ERHA ACSBP merupakan pembersih khusus untuk kulit berjerawat atau cenderung berjerawat.  Dengan scrub lembut yang mengandung Salicylic Acid, pelembab ini  membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan penyumbatan pori wajah.

Hal lain yang meurut saya menarik karena scrub ini dilengkapi dengan Sulphur sebagai anti acne. Itulah kenapa ketika diaplikasikan, kita akan berasa ada di sekitar pemandian air panas. Khas sekali aromanya.

 

Cara Pemakaian

Cara pemakaian ERHA ACSBP ini dengan diaplikasikan pada wajah yang sudah dibasahi dan pijat lembut. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Gunakan sebagai pembersih wajah sehari-hari. Hindari menggosok pada area jerawat aktif. Oleskan scrub dengan rata dan cocok buat kulit sensitif.

Nah buat kulit sensitive ada tips nih temans. Untuk hasil maksimal sebaiknya sabunnya tidak langsung diusap ke muka tetapi dipencet di telapak tangan, lalu digosok-gosok sampai berbusa. Setelah itu baru busanya dipakai untuk membersihkan muka yang sensitif.

Busanya pun berbeda banget. tipis dan lembut. Jadi tidak seperti busa sampo atau sabun. Rasanya seperti busa sabun bayi.

 

2. Acne Care Lab- Clarifying Gel 

ERHA Clarifying gel merupakan kombinasi Toner dan Oil Control yang berguna untuk kulit berjerawat atau cenderung berjerawat. Ini merupakan rangkaian produk Acne Care Lab yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat atau cenderung berjerawat.

Mengandung Asam Salisilat, Nicotinamide, AHA & Sebum Regulator untuk membantu mengurangi dan mengontrol produksi minyak berlebih serta membantu mengurangi kemerahan pada kulit.

Cara Pemakaian

Setelah dibersihkan dengan Cleanser Scrub, aplikasikan Clarifying Gel pada kulit secara merata. Biarkan mengering dan jangan dibilas.

 

3. Acne Care Lab- Acne Spot Gel 

Acne Spot Gel merupakan produk perawatan kulit berjerawat intensif untuk jerawat. Spot gel diformulasikan dengan kombinasi Sulfur dan Asam Salisilat yang efektif untuk merawat kulit yang berjerawat.

Produk ini pas digunakan untuk mengatasi jerawat yang membandel karena teruji secara klinis sejak hari ketiga membantu mengurangi jerawat dan noda hitam bekas jerawat.

Cara Pemakaian

Gunakan pada jerawat serta area sekitarnya. Biarkan mengering.

4. Acne Care Lab- Acne Sun Friendly 

Di antara rangkaian produk ERHA Lab yang satu ini yang bakal paling saya suka dan akan sering digunakan. Alasannya, saat ini ada banyak aktivitas yang berhubungan langsung dengan sinar matahari langsung. Dengan kata lain ada banyak kegiatan outdoor.

Nah, tabir surya dari ERHA ini  diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat. Aman digunakan untuk kulit berjerawat karena formulanya yang non comedogenic dan non acnegenic yaitu tidak berpotensi menimbulkan komedo dan jerawat.

Dengan kandungan Sunscreen (UV Protector)-SPF 30, ACL Sun Friendly dari ERHA mampu memberikan perlindungan pada wajah terhadap dampak buruk paparan sinar matahari, dan Sebum regulator untuk mengontrol & menyerap minyak berlebih pada kulit wajah serta Antibakteri yang mampu mencegah timbulnya jerawat.

Cara Pemakaian

Aplikasikan Acne Care Lab Sun Friendly secara merata pada seluruh wajah sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan setiap hari. Gunakan hanya jika jerawat aktif sudah tidak ada.

 

Rangkaian Acne ERHA Care Lab

Nah itu dia temans, rangkaian ERHA Agne Care Lab. Lumayan kan, jadi ada 5 rangkaian produk khusus untuk membasmi jerawat membandel. Tapi pertanyaanya, bingung ga sih mana yang harus duluan. Aplikasi kesleuruhan sebenarnya seperti apa?

Biar ga bingung, teman bisa menggunakan ERHA Care Lab dengan ketentuan sebagai berikut:

Pagi dan Siang Hari 

  1. ACL – ACSBP
  2. ACL – Acne Clarifying Gel
  3. ACL – Gentle Acne Moisturizer
  4. ACL – Acne Sun Friendly (hanya digunakan jika jerawat aktif sudah tidak ada)
  5. ACL – Acne Spot Gel (hanya digunakan pada jerawat aktif/ yang meradang dan sekitarnya)

Malam Hari 

  1. ACL – ACSBP
  2. ACL – Acne Clarifying Gel
  3. ACL – Gentle Acne Moisturizer
  4. ACL – Acne Spot Gel (hanya digunakan pada jerawat aktif/ yang meradang dan sekitarnya)

 

 Usir Jerawat Sampai Tuntas

Jadi begitulah. Perkenalan saya pada ERHA gentle agne moisturizer membulatkan kesimpulan saya bahwa ERHA Acne care lab merupakan rangkaian perawatan lengkap yang mengerti persoalan jerawat. Dengan pemakaian rutin jerawat tuntas sampai tandas.

 

Persoalannya ada teman yang bertanya, bagaimana kalau kita tidak tahu jenis kulit kita. Atau mungkin tidak yakin dengan masalah yang dihadapi kulit atau persoalan jerawat sudah benar-benar serius. Bila itu yang terjadi tak perlu khawatir. Teman tinggal datang ke klinik ERHA terdekat.

Setiap cabang ERHA menyediakan layanan konsultasi dengan dokter dan tenaga ahli untuk melayani dan membantu konsumen mengindentifikasi permasalahan kulit yang dihadapi. Selain itu klinik juga akan  memudahkan konsumen dalam membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa mengalami keraguan.

Bagaimana caranya agar jerawat bisa tuntas sampai ke akar? Selain rutin melakukan perawatan, ERHA Clinic juga punya solusi. Sekarang ada program blue light therapay di Erha Clinic

Blue Light Therapy

Pernahkah teman mengalami sudah coba berbagai produk tetapi masalah jerawat ga kelar-kelar. Khawatir bakal begitu lagi ga sih. Nah, sekarang Erha punya solusi untuk mengusir jerawat sampai tuntas. Sekarang ada namanya Blue Light Therapy.

Jadi Blue Light Therapy ini adalag program yang  merupakan advanced treatment dengan menggunakan paparan sinar biru. Sinar yang digunakan dengan panjang gelombang 415 nm, yang membantu mengatasi acne. Sinar biru akan berinteraksi dengan bakteri P. acnes (bakteri penyebab acne) dan menyebabkan bakteri tersebut mati, sehingga acne mereda.

Selain itu blue therapy merupkan terapi non-invasif menggunakan cahaya (light therapy) untuk membunuh bakteri P.acnes sehingga membantu mengatasi jerawat aktif. Efektif digunakan dalam rangkaian terapi jerawat, terutama untuk mengurangi peradangan pada jerawat yang aktif.

Nah buat temans yang mau tahu lebih jauh mengenai perawatan di Erha Clinic dan ingin mencoba menggunakan produk-produk Erha bisa saja coba stalking di Website: https://www.erha.co.id/ dan IG: @erha.dermatology

Good bye jerawat!

 

 

Selamat mencoba ya…

🙂

 

 

 

 

 

 

16 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.