Info Pendaftaran Beasiswa Penuh S2 dan S3 Universitas Pertahanan

 

Halo temans, apa kabarnya. Yey, akhirnya informasi mengenai pendaftaran beasiswa penuh untk program pascasarjana dan doctoral di Universitas Pertahanan hadir ke hadapan teman. Dan kabar baiknya, saat ini pendaftaran beasiswa S2 dan S3 Unhan sudah dibuka.

Teman-teman catat ya, pendaftaran berlangsung dari 1 Maret-5 April 2019. Tidak terlalu lama juga ya. Tapi saya yakin teman-teman bisa melengkapi semua persyaaratan dalam waktu dekat. Karena itu temans harus mulai semua prosesnya sekarang agar keburu.

Seperti yang sudah saya ceritakan pada blogpost sebelumnya, bila temans terpilih sebagai salah satu penerima beasiswa ada banyak fasilitas yang akan teman dapatkan. Sesuai namanya, beasiswa penuh, temans tidak hanya akan mendapatkan free biaya kuliah tetapi juga disediakan asrama dan mendapat uang saku bulanan juga. Uang penelitian untuk tesis dan disertasi serta pengalaman melakukan kuliah kerja dalam negeri dan luar negeri yang sepenuhnya dibiayai negara.

Untuk info lengkap apa aja fasilitas yang akan didapatkan temans bisa mampir di postingan ini ya

klik  di sini ya…

Serba-Serbi Beasiswa S2 dan S3 Universitas Pertahanan

 

Oiya, seperti saya ceritakan pada postingan sebelumnya teman tidak perlu ragu untuk masuk Unhan karena memang di sini diterima pendaftaran untuk umum. Jurusannya pun juga ada yang bersifat umum seperti Damai dan Resolusi Konflik, Manajemen Bencana, Ekonomi Pertahanan, Keamanan Maritim, Teknologi Daya Gerak, perang asimetri.  Tentu juga dengan beberapa jurusan yang lebih spesifik mengenai pertahanan seperti strategi partahanan, manajemen pertahanan.

Bila lolos dan terpilih kuliah di kampus ini, temans bisa bertemu dan berjejaring dengan mahasiwa dari berbagai latar belakang pekerjaan dan juga latar belakang geografi. Di kelas saya misalnya ada dua orang Mayor TNI, ada Pegawai Negeri Sipil dari kementerian dan lembaga, ada dari Komnas HAM, ada pekerja media dan juga ada teman-teman yang baru lulus sarjana. Beragam sekali.

 

Untuk pendaftaran, nanti teman akan melalui beberapa tahap seleksi. Dan tahun ini sepertinya waktu pendaftaran lebih singkat. Tahun lalu saat saya mendaftar ada dua gelombang pendaftaran yang dibuka. Tentunya dengan dua kali sistem seleksi juga.

Secara ringkas berikut tahapan yang nantinya akan teman lalui. Proses seleksi adalah bertingkat. Artinya teman baru bisa mengikuti tahap seleksi yang berikutnya bila telah dinyatakan lulus untuk tahap seleksi pertama

  1. Pendaftaran Online.

Pada tahap ini, setiap calon Peserta wajib mendaftar secara online melalui situs Universitas Pertahanan dengan alamat : www.idu.ac.id atau www.pendaftaran.idu.ac.id. Calon peserta mendaftarkan alamat Email untuk mendapatkan link Pengisian Form Pendataran Mahasiswa Baru Unhan. Calon Peserta diwajibkan mengisi form pendaftaran yang benar dan lengkap sesuai data diri yang dimiliki dan mengupload lengkap softcopy scan data sesuai yang dipersyaratkan.

 

  1. Seleksi Ujian TPA dan Toefl.

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unhan akan menyeleksi Administrasi dari hasil pendaftaran online, jika Calon Peserta PMB Unhan lolos Administrasi akan diumumkan melalui Pengumuman Resmi di Website Unhan untuk melakukan Pendaftaran Offline dan Wajib datang langsung pada tanggal yang telah ditetapkan serta menyerahkan semua Dokumen Persyaratan Administrasi sebagai syarat konfirmasi  untuk mengikuti Seleksi Ujian PMB Unhan Tahap Seleksi Ujian TPA dan Toefl. Semua persyaratan yang dikumpulkan kepada Panitia PMB tidak bisa diminta/ditarik kembali oleh Calon Peserta dan menjadi milik Unhan.

 

  1. Seleksi Ujian Psikologi.

Pengumuman Calon Peserta yang Lolos Seleksi Ujian TPA dan TOEFL akan diumumkan Resmi melalui Website Resmi Unhan  dan calon peserta hadir 1 hari atau bisa melalui sms ke no hp 087877876996 sebelum pelaksanaan untuk konfirmasi kehadiran mengikuti Seleksi Tahap berikutnya  yaitu Seleksi  Ujian Psikologi.

 

  1. Seleksi Ujian Wawancara.

Pengumuman Calon Peserta yang Lolos Seleksi Ujian Psikologiakan diumumkan Resmi melalui Website Resmi Unhan  dan calon peserta wajib hadir 1 hari sebelum pelaksanaan untuk konfirmasi kehadiran dan mengikuti penjelasan Seleksi  Ujian Wawancara.

 

  1. Pengumuman Akhir PMB Unhan

Pengumuman Akhir Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru diumumkan melalui Website Resmi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pertahanan. Segala Keputusan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unhan bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

 

Nah itu dia beberapa tahap yang akan teman lalui. Pada postingan selanjutnya saya akan berbagai mengenai pengalaman dan tips saat mengikuti rangkaian seleksi tersebut. Temans pantengin terus ya.

 

Apa Saja Sih Persyaratan untuk Bisa Mendapat Beasiswa Penuh Unhan?

Nah mengenai persyaratakan menurut saya sebenarnya yang paling penting adalah kemauan dan semangat, Sebab, dua tahap tes yaitu TPA, tes psikologi dan juga wawancara akan lebih banyak menuntut kesiapan mental dan sikap sebagai warga negara yang menunjukkan cinta tanah air.

Secara lebih spesifik berikut persyaratan untuk bisa mendaftar yang perlu dipenuhi bisa dilihat di sini ya..

Selain untuk umum dan pegawai negeri sipil juga ada persyaratan untuk perwira TNI dan Polri yang ingin bergabung.

Nah Buat temans yang tertarik untuk mendaftar, mungkin mau mencoba pengalaman baru yuk segera siapkan bahannya. Mumpung dibayarin negara kan… 🙂

Untuk program studi apa saja yang diterima temans bisa lihat informasi lengkapnya klik di sini ya….

 

 

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.