Sejarah Kuliner Pecel Dan Alasan Pecel Madiun Begitu Populer

Siapa yang tak tahu pecel? Rasanya hampir seluruh orang Indonesia tau akan makanan berbumbu kacang yang lezat ini. Karena cita rasanya yang menggoyangkan lidah, kuliner pecel menjadi begitu populer dan dijual hampir di seluruh Indonesia. Bahkan, kini pecel sudah mulai terkenal di beberapa Negara lainnya lho.

Tak heran sih, selain murah dan lezat makanan khas ini juga memiliki gizi yang lengkap dan baik untuk tubuh. Tapi tahukah kamu tentang sejarah kuliner yang satu ini? Ada beberapa versi yang menyebutkan sejarah pecel.

Sejarah Nama ‘Pecel’

Menurut Babad Tanah Jawi, pecel awalnya dihidangkan di daerah Yogyakarta. Dipecel sendiri berarti dedaunan yang direbus dan dibuang airnya kemudian diperas. Ahli Gastronomi UGM , Murdijati Gardjito menceritakan pada Babad Tanah Jawi saat Sunan Kalijaga bertemu dengan Ki Gede Pamanahan pada tengah hari.  Ki Gede Pamanahan menghidangkan sayuran sambel pecel dan lauk pauk yang lainnya.

Sejarah tentang asal muasal daerah yang pertama kali menemukan pecel sampai saat ini belum bisa dipastikan. Ada yang bilang jika pecel dari bahasa jawa yang artinya adalah ‘tumbuk’. Yang mengacu pada bumbu pecel yang harus ditumbuk terlebih dahulu sebelum disajikan.

Pecel Madiun yang Populer

Berbicara tentang pecel, tentu pecel Madiun adalah primadona dari berbagai jenis pecel lainnya. Kabupaten yang dilewati rute KA Brantas ini memang terkenal akan pecelnya yang lezat. Perbedaan paling kentara yang ada pada pecel madiun adalah penambahan jeruk purut pada bumbunya dan juga variasi sayuran yang lebih lengkap.

Bumbu kacangnya terasa lebih gurih dan manis, serta terasa sedap karena keberadaan jeruk purutnya. Selain itu, bumbu kacang pada pecel madiun dibuat lebih kental dibandingkan dengan pecel yang lainnya. Untuk isian Sayur, selain sayur pada umumnya, pecel madiun biasanya menambahkan bunga turi, petai cina, kemangi, dan juga potongan krai. Hal inilah yang membuat pecel madiun terasa berbeda dan begitu populer di masyarakat.

 

Warung Pecel Legendaris

Untuk mencoba kuliner tersebut, bisa banget lho kamu datang ke Madiun dan menikmati kelezatan pecelnya. Agar lebih irit kamu bisa menggunakan KA Brantas menuju Madiun dan pergi ke warung pecel legendaries yang ada di kota tersebut.

Adapun warung pecel paling terkenal di antaranya adalah, Warung Pecel 99, Nasi Pecel Pojok, Nasi Pecel Yu Gembrot, dan masih banyak lagi warung pecel yang bisa kamu coba di Madiun sana. Harga pecel di sana lumayan lurah kok, cocok sekali untuk kaum backpacker sejati yang naik KA Brantas menuju sini.

Sudah tertarik dengan kenikmatan pecel Madiun yang tiada tara itu? Yuk beli tiket KA Brantas sekarang 
dan menyerbu nikmatnya kuliner khas Madiun yang satu ini.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *