Keluarga Surya Episode 5 : Menarik Pelajaran untuk Fokus

Adakah di antara temans yang mengikuti serial komedi singkat alias sitkom #keluargasurya?

Saya sih mulanya ngeh dengan sitkom satu ini setelah lihat wara wiri di timeline sosial media. Penasaran ee ternyata emang sitkomnya kocak dan sarat makna.

Nah kemarin pas lihat youtubenya ternyata sekarang sitkom #KeluargaSurya ini udah sampai episode 5 aja. “Sayang Anak Sayang Anak.”

Episode 5 ini jadi makin mengena banget karena dirilis untuk menyambut hari anak nasional 23 Juli 2018.

Nah buat temans yang belum nonton coba aja deh intip di sini.

Lakukan persiapan maka akan menjadi lebih baik. Demikian yang tertangkap dalam dialog Keluarga Surya episode 5. Bagaimana adik Cahaya yang tidak percaya diri untuk pentas balet  diberi tips oleh Ibu Mentari.

Tidak ada yang harus dikhawatirkan asal percaya diri. Seluruh persiapan yang dilakukan dapat ditumpahkan dalam gerakan dan menganggap semua penonton yang membuat risih menjadi batu atau bubur ayam.

Pesan sederhana yang mengena dari Keluarga Surya ini juga dapat ditarik dalam menyiapkan rencana keuangan. Bagaimana untuk hasil yang lebih baik maka kekhawatiran dari lingkungan dapat diabaikan. Terdapt beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari komedi situasi ini termasuk dalam merencanakan keuangan bagi persiapan anak sekolah:

 

  1. Tetapkan tujuan yang fokus

Pernah mendengar tiba-tiba banyak orang yang sakit karena investasinya di pasar modal anjlok sehingga menjadi stress atau kendala musibah lainnya. Padahal jika sudah ada rencana yang fokus maka kekhawatiran berlebihan itu tidak perlu dilakukan. Cukup patuh pada rencana maka hasil yang terkontrol akan didapatkan.

 

Tidak ada rencana yang sempurna maupun kepastian rencana berhasil 100%, namun tanpa rencana yang baik maka hasil yang maksimal sulit diwujudkan.

 

  1. Patuh pada rencana yang ditetapkan

Dalam perjalanan sebuah rencana, terutama rencana keuangan maka godaan untuk beralih tentu saja dapat jumpai sepanjang waktu. Uang yang sudah ada dalam instrument dana pendidikan misalnya, karena ada rumah murah yang dijual didekat rumah malah jadi tergoda untuk di jual dengan iming-iming diri bahwa rumah itu dapat dijual sewaktu-waktu.

 

Tentu di atas kertas rencana ini terlihat baik, akan tetapi ini bentuk ketidakpatuahan akan rencana. Dana yang diletakkan pada instrument likuid seperti dana pendidikan hingga deposito tidak seharusnya diletakan pada instrument investasi fix asset seperti tanah dan rumah. Karena bentuk investasinya berbeda dengan tujuan yang berbeda juga. Pengalihan tanpa perencanaan yang matang akan membuat keseluruhan rencana gagal.

 

  1. Evaluasi Pelaksanannya

Seperti ibu Mentari pada Keluarga Surya yang mencari tahu permasalahan yang dihadapi, maka dalam perencanaan keuangan juga harus dilakukan evaluasi ketika berupaya memenuhi rencana yang sudah ditetapkan.

 

Banyak hal yang terjadi seiring waktu, misalkan sekolah yang semula direncanakan di dalam negeri harus dilakukan ke luar negeri seiring perpindahan kerja oleh orang tua ataupun kondisi lainnya. Demikian juga dengan instrument investasi, barangkali penempatan investasi yang dilakukan membukukan pendapatan yang tidak sesuai dengan rencana awal. Maka dibutuhkan evaluasi menyeluruh dengan target yang lebih agresif agar target awal tetap dapat dipenuhi.

 

  1. Lakukan perbaikan

Tentu setelah evaluasi yang menyeluruh, dilakukan penyempurnaan rencana. Maka aksi evaluasi ini harus dilakukan. Misalnya memindahkan investasi di deposito yang memberi imbal hasil lebih rendah dari inflasi ke instrument dana pendidikan yang dikelola oleh perusahaan terpercaya seperti Sun Life.

Akhirnya dengan menonton tayangan Sitkom Keluarg Surya yang tujuannya menghibur, banyak hal yang dapat direnungkan dan menjadi pelajaran. Ada 8 episode yang ditayangkan pada kanal Sun Life Indonesia di YouTube. Keseluruhan episode cerita ini meberi beragam pelajaran yang menghibur.

Web Series Keluarga Surya dbintangi Edo Borne (sebagai Surya), Karina Nadila (sebagai Mentari), Bima Azriel (sebagai Fajar), dan Sandrinna Michelle memerankan Cahaya. konsep cerita yang diangkat mengenai kehidupan sehari-hari yang dijumpai pengelolaan Tunjangan Hari Raya, perencanaan pendidikan anak hingga pola hidup sehat. Pada episode ke lima ini diangkat tema Sayang Anak.

Pesan utama yang ingin disampaikan adalah #LebihBaik Sekarang dari Sun Life Financial Indonesia. Usai menonton Keluarga Surya diharapkan kesadaran masyarakat untuk merencanakan keuangan dan menjalani pola hidup sehat sejak dini meningkat.

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.