4 Tanda dari Bayi bahwa Dia Siap Memulai MPASI Pertamanya

baby boy ArsyadMakanan pendamping air susu ibu (MPASI) pertama untuk bayi umumnya diperkenalkan setelah si anak berusia 6 bulan. Pada usia ini gizi dalam ASI diyakini tidak lagi cukup. Maka secara perlahan bayi diperkenankan untuk mendapatkan gizi tambahan dari makanan tambahan padat. Tambahan karena ASI sebaiknya diberikan hingga bayi berusia 2 tahun.

Meski umumnya, MPASi diperkenalkan setelah bayi berumur 6 bulan, kondisi setiap anak pada dasarnya berbeda-beda. Karena pada dasarnya setiap anak memiliki kecenderungan kebutuhan gizi yang beragam, ada yang memang banyak makan, namun juga tak jarang diantaranya yang sedikit asupan makanan yang dibutuhkan.

 

Adapun setidaknya beberapa tanda bayi siap MPASI pertama mereka, diantaranya adalah:

1. Ketika bayi sudah duduk tegak,
Kondisi ini ketika mereka sudah dapat mengangkat kepalanya sendiri, biasanya bayi sudah dapat duduk secara tegak adalah ketika berusia antara 4 hingga 5 bulan, jika lehernya sudah kuat dan dapat duduk maka mempermudahkan ibu untuk memberikan asupan makanan selain asi untuk mereka, namun jika memang belum mau memberikan MPASI juga bisa ditunda dulu 1 bulan setelahnya.

2. Bayi sudah membuka mulut lebar,
Memang ada kalanya mereka telah bisa untuk membuka bagian mulutnya secara lebar yang menunjukkan siap menerima menu makanan pendukung selain asi. Karena biasanya untuk ukuran sendok bayi juga sudah muat dimasukkan. Sehingga mereka bisa makan secara lebih nyaman.

3. Sudah mulai tertarik pada makanan yang dimakan oleh orang tuanya, mereka tak lagi hanya memperhatikan asi atau susu formula saja, melainkan juga ada rasa ingin ikut serta untuk mengkonsumsi makanan yang dimakan oleh orang tuanya, maka Anda dapat mulai memberikan bubur atau mungkin biskuit khusus untuk bayi.

4. Mulai mengalami perubahan pola makan dan pola tidur, artinya jam tidur atau waktu istirahat mereka sudah mulai berkurang dibandingkan dengan sebelumnya, sehingga lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain, akibatnya buah hati lebih mudah lapar, jadi asupan nutrisi harus ditambah dengan menu sehat ini.

Berikan MPASI yang sehat untuk mereka dan pastikan juga bervariatif, sehingga nantinya buah hati tak akan mudah bosan ketika mengkonsumsinya, sekali-kali rasa manis, namun nantinya bisa diselingi dengan rasa MPASI yang gurih.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published.