5 Perbedaan Toyota Agya Indonesia dan Versi Ekspor

Toyota Agya Indonesia – Setelah booming di Indonesia, Toyota Agya yang dipasarkan melalui Auto2000 sejak 2013 kini merambah pasar Asia. Negara tujuan ekspor pertama yaitu Filipina. Model CBU (Completely Built Up) untuk Toyota Agya yang dirakit di Indonesia pun telah diberikan PT Toyota Astra Motor kepada negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat ini.

Ssttt, tapi tahukan kamu, meski sudah diekspor, Tpyota Agya versi Indonesia dan versi ekspor ini berbeda? Yup. Terdapat beberapa perubahan pada interior maupun eksterior Toyota Agya yang akan dijual di Filipina.

Kira-kira apa ya perbedaan antara Toyota Agya Indonesia dan versi ekspor ke Filipina yang diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor ini. Yuk kita cari tahu

1. Nama

Mobil kota yang dirancang oleh Daihatsu dengan “basic platform” “Daihatsu Mira e:s” dan “Toyota Pixis Epoch” (Jepang) pada September 2011 ini tidak lagi menggunakan nama Agya pada versi Filipina. Sebagai gantinya nama Wigo dipilih karena memiliki aksen global bila dibandingkan dengan Toyota Agya yang terkesan Indonesia banget. Dengan nama baru yang disematkan, Toyota Agya diharapkan dapat diterima di pasar Filipina.

2. Emblem

Pada Toyota Agya Wigo tidak akan ditemukan logo burung Garuda pada bagian depan mobil karena diganti dengan logo Toyota. Hal ini dikarenakan Filipina tidak mengikuti peraturan pemerintah Indonesia untuk mendapatkan pembebasan pajak karena mobil masuk ke dalam regulasi LCGC.

3. Setir Kiri

Berbeda dengan varian Indonesia, Toyota Wigo menggunakan setir kiri untuk menyesuaikan dengan kondisi jalanan di Filipina. Meski terlihat lucu karena terbiasa melihat Toyota Agya dengan setir kanan, perubahan ini tidak bisa dihindarkan karena kebiasaan mengemudi yang memang berbeda di kedua negara.

4. Single Airbag

Jika Toyota Agya Indonesia memiliki 2 buah kantung udara yang dilekatkan pada bagian pengemudi dan penumpang, maka Wigo versi Filipina hanya dilengkapi dengan satu buah airbag untuk bagian pengemudi saja.

5. Audioless

Tidak seperti varian di Indonesia, tipe tertingi yaitu G untuk versi ekspor tidak dilengkapi dengan audio bawaan. Namun tidak menutup kemungkinan bila mobil akan mendapatkan head unit aftermarket buatan Filipina sendiri.

 

 

 

Menurut teman keren mana antara Toyota Agya Indonesia dan Wigo Filipina? Jika tak ingin ketinggalan dengan Negara sebelah, buruan pinang Toyota Agya di dealer-dealer Auto2000 di kota masing-masing ya.

Untuk mobil keluarga yang tinggal di perkotaan atau mobilitas di dalam kota atau berlibur bareng, Toyota Agya Indonesia masih mumpuni diajak bertualang rame – rame bareng keluarga.

Terlebih dengan berbagai keunggulan dan pusat servis resmi Toyota yang mudah dijumpai di berbagai koda di seluruh Indonesia, keluarga di tanah air tak perlu ragu memboyong pulang Toyota Agya sebagai mobil kesayangan.

🙂

 

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.