Ini Dia Kiat Memilih Web Hosting Murah Indonesia

 

Memiliki  blog atau website  dengan tampilan dan statistik yang kece, hmmm rasanya semua kita menginginkan hal ini ya. Siapa sih yang menolak untuk kualitas premium begitu. Tapi tahukah temans, di balik tampilan kece dan statistik yang oke itu ada hal krusial yang tak ketinggalan. Apa ya kira-kira.

Hosting! Yup, inilah salah satu rahasianya. Bila teman ingin punya blog dengan tampilan dan statistik yang oke, teman perlu menyediakan hosting sendiri untuk memperlancara performa blog. Di kalangan blogger, masalah perhostingan ini menjadi salah satu yang ramai dibicarakan. Alasannya, memiliki blog self hosted, memiliki plus dan minus.

Sebelum lebih jauh ngomongin soal hosting, yuk kita samakan persepsi dulu mengenai hosting ini. Sebenarnya apa sih yang disebut hosting? Apakah kalau kita sudah punya blog/website otomatis sudah punya hosting sendiri?

Bila diibaratkan perumahan maka hosting adalah lahan untuk mendirikan rumah. Sedangkan rumahnya sendiri disebut domain. Secara lebih spesifik hosting adalah tempat menampung dan menyimpan semua data yang diperlukan suatu blog atau website sehingga bisa diakses melalui Internet. Data yang disimpan bisa berupa gambar, file, email, script dan database.

Saat kita membeli domain kita biasanya diberi pilihan apakah akan menggunakan jasa hosting gratis atau berbayar. Hosting gratis disediakan oleh wordpress dan blogspot. BIla temans memilih hanya membeli domain saja, maka otomatis blog atau website yang temans buat akan berhosting di wordpress atau blogspot. Namun, bila temans memilih hosting berbayar temans akan diarahkan untuk membayar sejumlah uang untuk bisa memiliki lahan penyimpanan sendiri.

 

Kalau ada yang gratis  kenapa harus bayar?

Nah ini dia. Layangan hosting gratis memang tersedia di wordpress dan blogspot. Namun tahukah temans, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bila kita punya hosting sendiri/self hosted. Ada harga ada kualitas dong ya.

Blog duniabiza.com ini sendiri sejak dibangun merupakan blog self hosted. Dan saya sudah merasakan banyak manfaat.

  1. Lebih leluasa diutak atik

Saya bukanlah blogger yang jago utak atik blog. Bahkan termasuk yang lugu soal kode-mengkode. Tapi bukan berarti tak bisa sama sekali. Berbekal tanya sana-sini, searching sana sini, berhasil juga menambahkan beberapa item di blog.

Berdasarkan pengalaman memiliki blog self hosted dan hosting gratisan, blog duniabiza com merupakan yang paling enak diutak atik. Saya lebih punya banyak pilihan dalam memilih theme. Memasukkan beberapa plugin tambahan, dan memodifikasi tampilan blog.

Sedangkan pada blog dengan hosting gratis saya tak bisa menggunakan theme tertentu karena wordpress/blogspot yang saya gunakan membatasi penggunaan theme. Begitupun ketika memasukkan beberapa plugin. Biasanya wordpress/blogspot hanya mengizinkan penggunaan plugin bawaan.

 

  1. Performa blog lebih kencang

Sekali lagi ini berdasarkan pengalaman saya mengelola blog dengan self hosted dan non hosted. Dibanding blog lain, blog DuniaBiza.com lebih kencang performanya. Statistik blog cepat merangkak naik. Salah satu indikatornya adalah peringkat Domain Authority yang lebih cepat naik. Saat memasuki tahun pertama, DuniaBiza.com sudah bisa mimiliki DA 24, sedangkan blog lain mentok di angka 16.

Peringkat Alexa pun juga relatif lebih bagus. Dan bila temans bisa menggunakan dan memilih bahasa program yang ringan maka blog dengan self hosted akan lebih mudah terindeks di mesin pencari dibanding blog dengan hosting gratis.

 

  1. Lebih mudah ganti bahasa pemograman

Ini sebenarnya agak spesifik pembahasannya. Tapi kita ambil contoh sederhananya. Bila menggunakan blog/domain dengan self hosted temans bisa dengan mudah berpindah dari ordpress ke blogspot. Atau bila sedang mood bisa menggunakan Joomla dan Drupal. Jadi tampilannya bisa digonta ganti dan lebih banyak variasi.

 

  1. Tidak tergantung mood google

Nah ini. Saat ini lagi hangat kan tentang kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang memblokir layanan tumblr. Nah demikian juga halnya dengan kebijakan penuh google dalam menghapus layanan yang dianggap mengganggu. Bila si paman google lagi bad mod tidak tertutup kemungkinan ia menghapus blog atau website yang dianggap mengganggu.

Beberapa temans mungkin masih ingat  dengan kejadian dihapusnya blog  cararirin.com yang fenomenal. Saat itu blog cararirin.com ini merupakan salah satu blog dengan penghasilan adsense besar. Sedangkan untuk kasus ini blog/domain self hosted tidak bisa dihapus begitu saja oleh si Mbah.

 

  1. Lebih Mudah Dimonetisasi

Yess. Saat ini banyak brand atau agency yang membatasi hanya mengajak kerjasaman blogger yang punya blog self hosted. Bahkan jumlahnya makin lama makin banyak. Bisa jadi blogger yang memiliki blog self hosted dianggap lebih serius dan bertanggung jawab dalam mengelola blog yang ada.

 

 

Itu beberapa manfaat menggunakan blog/website dengan hosting sendiri. Jelas menggunakan hosting sendiri akan memberi dampak berganda untuk blog dan website yang sedang teman kembangkan.

Meski begitu, memiliki website/blog self hosted memiliki konsekuensi lain.Temans harus menyediakan sejumlah uang untuk berlangganan layanan ini. Biasanya layanan dibayarkan pertahun dan nominalnya tergantung besarnya kapasitas penyimpanan yang teman pilih.

Karena ini website dengan hosting berbayar, kita perlu lebih teliti dan selektif dalam memilih jasa penyedia hosting. Jangan sampai sudah merogoh kocek kita justru tak mendapat layanan maksimal dari paket yang dipilih. Apalagi ada kecenderungan, makin lama ngeblog, makin sering update, maka kapasita data yang dipakai akan semakin besar sehingga biasanya harganya pun akan semakin besar pula.

Saat ini ada banyak penyedia web hosting di Indonesia. Di antara yang ada, salah satu web hosting yang patut temans pertimbangkan adalah layanan hosting dari Hostinger. Hostinger adalah penyedia layanan web hosting murah kelas dunia.

Hostinger pertama kali berdiri sebagai perusahaan dengan sumber dana pribadi pada tahun 2004. Hostinger memberi kesempatan pelanggan untuk membuat website secara gratis dan mendesain website tanpa batasan PHP, MySQL, & cPanel tanpa iklan yang mengganggu.

Layanan Hostinger tersebar di seluruh dunia dan telah digunakan oleh banyak pengguna.

 

Kenapa harus menggunakan jasa hosting dari hostinger?

Ada banyak keuntungan yang bisa teman dapatkan dengan menggunakan layanan hosting dari hostinger.

  1. Murah

Hostinger merupakan penyedia web hosting murah Indonesia. Mereka merupakan web hosting tercepat dan termurah satu-satunya di Indonesia. Iya sih, bila melihat kapasitas data yang ditawarkan, harga yang ditawarkan hostinger murah dibanding yang lain. Ditambah lagi fasilitas yang ditawarkan untuk harga yang dibayarkan terbilang banyak.

Di Hostinger terdapat 3 jenis layanan web hosting utama yang bisa temans pilih.

a. Web Hosting Single

Web hoting ini merupakan web hosting sederhana dan disarankan untuk satu website sederhana.+ 1 Website

  • + Disk Space 10 GB
  • + Bandwidth 100 GB
  • + 1 Database MySQL
  • + 1 User FTP
  • + 1 Akun Email
  • + Website Builder
  • + Kecanggihan Control Panel

Fitur yang tersedia cukup komprehensif untuk satu website. Ada 50 software script auto installer, bermacam-macam versi PHP, database mariaDB, database InnoDB, PHPMyAdmin tool, Akses FTP, Cron Jobs, Advanced Cron Jobs, Curl dan Curl SSL, Backup Mingguan, Jaminan Uptime 99%. Dan jangan lupa ada jaminan 30 hari uang kembali.

 

b. Web Hosting Premium

Paket ini menyediakan hosting nyaris unlimited dan cocok untuk website yang sedang berkembang.

+ Jumlah Website Tak Terbatas

  • + SSD Disk Space Unlimited
  • + Bandwidth Unlimited
  • + Database MySQL Unlimited
  • + User FTP Unlimited
  • + Akun Email Tak Terbatas
  • Mudahnya Website Builder
  • Kecanggihan Control Panel
  • 2X Optimasi Kecepatan WordPress
  • + Gratis Nama Domain (bila durasi pembayaran tahunan)

Fitur yang tersedia untuk paket ini termasuk banyak. Ada subdomain Unlimited, 90+ Software Script Auto Installer, bermacam-macam versi PHP, database MariaDB, database InnoDB, PHPMyAdmin tool, Akses FTP, Cron Jobs, Advanced Cron Jobs, Curl dan Curl SSL, Backup Mingguan, Jaminan Uptime 99%, dan Jaminan 30 Hari Uang Kembali, FTP over SSL, Akses SSH, Domain Parking Unlimited

 

c. Web Hosting Bisnis

Merupakan hosting terbaik unlimited untuk website & bisnis yang sudah stabil.

  •  Jumlah Website Tak Terbatas
  • + SSD Disk Space Unlimited
  • + Bandwidth Unlimited
  • + Database MySQL Unlimited
  • + User FTP Unlimited
  • + Akun Email Tak Terbatas
  • Mudahnya Website Builder
  • Kecanggihan Control Panel
  • 4X Optimasi Kecepatan WordPress
  • + Gratis Nama Domain (bila durasi pembayaran tahunan)
  • + Backup Harian
  • + Bantuan Live Chat Profesional
  • 2X Mengolah Daya & Memori
  • Gratis Sertifikat SSL untuk mengamankan data pelanggan & menaikkan peringkat SEO.

Fasilitas yang tersedia di antaranya subdomain Unlimited, 90+ Software Script Auto Installer, Bermacam-macam versi PHP, Database MariaDB, Database InnoDB, PHPMyAdmin tool, Akses FTP, Cron Jobs, Advanced Cron Jobs, Curl dan Curl SSL, Backup Harian, Jaminan Uptime 99%, Jaminan 30 Hari Uang Kembali, FTP over SSL, Akses SSH, Domain Parking Unlimited

 

 

Selain menyediakan hosting murah, di Hostinger juga disediakan paket domain murah. Jadi temans bisa memilih nama domain yang sesuai dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini Hostinger merupakan pendaftar domain terakreditasi yang terdaftar di komunitas ICANN – lembaga resmi yang mengelola dan meregulasi pendaftaran domain internet dari seluruh dunia. Layanan domain dari hostinger tersedia di 40 negara.

 

  1. Menyediakan website builder

Salah satu yang membuat hostinger cocok buat temans yang ingin punya blog/website adala fasilitas website builder yang disediakan. Dengan fasilitas ini, temans yang awam dalam membuat web dan blog akan dibantu. Hostinger menyediakan jasa pembuatan website gratis dalam 5 menit dengan hosting murah.

Hal menarik lainnya, setelah dibantu membuat website, hostinger juga menyediakan template gratis yang didesain secara profesional oleh web designer. Template yang disediakan ini juga sudah dilengkapi dengan optimasi secara SEO dan  dilengkapi versi mobile.

 

  1. Kecepatan akses

Hal menarik lain yang akan temans dapatkan bila menjadi pelanggan hostinger adalah kecepatan akses blog/website yang mumpuni atau biasa disebut dengan uptime server. Di hostingner, uptime server mencapai 99,99 persen atau mendekati 100 persen. Di luar itu, hostinger juga menjamin tidak ada down time. Nah ini. Jadi kalau tidak ada down time dijamin blog teman akan selalu nyala dan tidak ada waktu untuk maintenance. Asyik kan.

 

  1. Layanan Teknis 24 Jam

Bagi saya salah satu hal yang patut teman perhatikan saat memilih penyedia hosting adalah tersedianya layanan technical support 24 jam. Ini penting agar temans selalu bisa melaporkan berbagai keluhan kapan saja dan di mana saja, Hostinger menyediakan layanan ini. Customer service bisa dikontak melalui chat atau telepon.

Beberapa temans saya yang menggunakan layanan hostinger ini juga mengakui akan kecepatan respon yang diberikan oleh tim customer sefvice hostinger. Berbagai pertanyaan terkait website builder, cloud dan area cpannel bisa teratasi dengan mudah dengan jawaban yang detail.

Oya, hostinger juga didukung oleh tim IT yang ahli lho. Dan mereka berasal dari berbagai negara di penjuru dunia. Jadi temans tak perlu khawatir akan kualitas layanan yang diberikan.

 

  1. Coba Gratis

Buat temans yang tertarik untuk menggunakan jasa hostinger punya kesempatan selama 30 hari untuk menjajal fasilitas yang diberikan hostinger. Jadi sebelum menjadi pelanggan penuh bisa coba dulu layanannya. Bila cocok silakan melanjutkan. Dan bila tidak cocok jangan khawatir, ada jaminan uang kembali. Jadi buat temans yang masih ragu bisa coba dulu.

Bila sudah cocok, temans bisa langsung memesan website dan hosting di hostinger. Tak perlu khawatir dalam melakukan pembayaran karena di hostinger tersedia berbagai jenis transaksi. Jadi tidak harus menunggu punya paypall dulu, pakai kartu kredit juga bisa.

 

 

Selanjutnya, selamat berkreativitas ya. Semoga temans bisa punya website dan blog self hosted yang kece. Selanjutnya bisa berkarya dan menangguk rupiah. Mendapat penghasilan dari hoby.

🙂

15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.