Mengenal Kimchi, Sajian Khas Korea yang Kaya Manfaat

Saat ini budaya korea sudah banyak masuk ke tanah air melalui berbagai kegiatan. Salah satunya melalui grup music dan drama korea yang digemari banyak kalangan. Seiring perkembangan itu pula, trend fashion, kosmetik dan makanan korea juga beredar luas di pasar Indonesia.

Salah satu menu makanan khas Korea Selatan yang populer di dalam negeri di antaranya adalah Kimchi. Sebagian temans tentu sudah pernah mencoba makanan yang terbuat dari sayuran yang di fermentasi ini.

Sajian Kimchi memang tergolong sebagai makan khas dan favorit masyarakat di Korea Selatan. Mengingat hampir semua yang mereka makan tak lengkap tanpa ditambah dengan hidangan tradisional tersebut.

Kini makanan fermentasi tersebut bisa dengan mudah dijumpai di beberapa super market atau tempat belanja yang ada di dalam negeri. Biasanya dalam bentuk bungkusan rapat yang nantinya akan disimpan dalam lemari pendingin, sehingga untuk mengkonsumsinya tinggal menghangatkan saja.

Bila tak mau repot membuatnya, temans bisa memesannya secara murah lewat toko online   jika menginginkan hidangan yang satu ini. Biasanya makanan tersebut dimakan bersama dengan nasi putih hangat. Atau bisa juga dicampur dengan produk mie instan. Rasanya nikmat dan kaya akan kandungan gizi.

Selain itu, makanan khas Korea ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Berikut ini di antara manfaat kimchi tersebut, di antaranya adalah:

 

Membangkitkan selera makan.

Kimchi terbuat dari bahan dasar sayur selada yang difermentasi. Dari proses fermentasi muncul aroma sangat khas dan menggugah selera makan. Tak heran bila masyarakat Korea memiliki kebiasaan selalu menambahkan makanan tersebut di setiap hidangan buatannya.

Menjaga kesehatan pencernaan.

Kandungan dari makanan yang satu ini memang kaya akan serat. Senyawa yang memiliki manfaat bagus dalam melancarkan pencernaan. Bila temans susah buang air besar atau sering  mengalami sakit perut tidak jelas karena konsumsi makanan-makanan tertentu, bisa disembuhkan dengan mengkonsumsinya secara teratur.

Sumber prebiotik tinggi.

Prebiotik pada dasarnya adalah senyawa dari bakteri, namun yang memiliki manfaat bagus bagi tubuh. Senyawa ini didapatkan karena proses fermentasi dalam pembuatan makanan dari bahan dasar selada tersebut. Jumlahnya yang cukup tinggi membantu melawan infeksi dalam pencernaan manusia juga membantu menjaga aliran darah tetap lancar hingga manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Bagi temans yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, maka coba konsumsi makanan ini secara teratur. Kandungan yang ada di dalamnya berfungsi untuk mengikis lemak jahat atau kolesterol yang mengendap di dalam pembuluh darah, sehingga membantu untuk membuat jantung bekerja secara normal kembali.

Membantu menurunkan berat badan

Bagi yang tengah dalam program diet atau menurunkan berat badan, maka bisa mencoba terapi dengan menggunakan hidangan khas Korea ini. Mengkonsumsi sedikit nasi dengan lauk makanan ini, sudah cukup untuk mengenyangkan dan rasa kenyang tersebut tahan lama.

Bisa mencegah dan melawan kanker.

Kandungan antioksidan dan juga flavoidnya yang tinggi membantu untuk memerangi penyakit kanker.

 

Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dari makanan tersebut tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang memburunya di pasaran. Kimchi  ini di Indonesia juga dijual dengan harga yang terjangkau, jadi tak perlu jauh-jauh membelinya ke Korea.

 

🙂

 

 

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *