Rahasia Mengelola Banyak Blog yang Ga Bikin Riweuh ala Mba Inna Riana

mba-inna-riana

Temans, pernah ngebayangin ga bagaimana kalau suatu saat nanti kamu punya blog lebih dari satu? Hmmm, gimana ya kira-kira kehebohannya.

“Aduh mba, ngurus satu aja belum beres, gimana mau dua apalagi tiga.”

“Mba satu aja ini updatenya udah setengah mati. Ga mau nambah lagi ah.”

Atau bisa jadi begini.

“Buat apa punya banyak, satu aja deh. Aku kan tipe setia.”

Hihi, memang bisa banyak ya alasannya. Saya saja sekarang coba mengurus tiga blog, Dunia Biza, Iraguslina.com, dan LivingCIkarang.com. Tapi nyatanya masih ngap-ngap buat konsisten di ketiganya. Baru dua yang lumayan bisa terupdate.

Eits, tapi ternyata di luar sana, banyak juga blogger kece yang bisa mengurus beberapa blog sekaligus. Dan tak hanya punya, tetapi juga rajin update. Salah satunya adalah Mba Inna Riana yang akrab disapa dengan Mak Riweuh.

mba-inna-dan-keluarga

Temans sudah pada kenal dong dengan Blogger satu ini. Itu lho yang punya blog EmakRiweuh.com. Eh masih belum ingat. Bagaimana kalau saya sebutkan DapurNgebut.com?

Yess. Jadi Mba Inna ini punya empat blog dengan niche berbeda, ada www.innariana.com, www.emakriweuh.com, www.dapurngebut.com., dan satu lagi blog tentang craft www.inacraft.blogspot.com. Ditambah lagi dengan blog di detik dan Kompasiana.

Wuih banyak kan? Gimana ya cara Mba Inna mengelola semua blog itu di tengah padatnya aktivitas harian. Ditambah dengan urusan bersama tiga anak Mba Inna yang sekarang lagi lasak dan butuh pendampingan. Ditambah dengan kesibukan mengurus toko obat.

Ada lagi dengan kesibukan menyiapkan menu home made untuk seluruh keluarga. WooW kan.Tapi karena sudah kadung cinta dengan aktvitas Blogging, Mba Inna merasa tak bisa tenang kalau tak update blog meski sedang riweuh.

“Karena suka dan sudah jadi kebiasaan. Rasanya kalo lama ga nulis blog, hidup terasa hampa,” ujar Mba Inna.

emak-riweuh-inna-riana

Hmm jadi penasaran nih temans, apa ya rahasia Mba Inna sehingga bisa rutin memberi makan semua blog?

  1. Membuat Jadwal Post

“ Agar tidak lieur alias bingung dengan jadwal ‘ngasih makan’ postingan blog, saya membuat blogpost agenda.”

Bener juga sih. Memang kadang-kadang kita mikir ya temans, enaknya update apa ya. Nah menurut Mba Inna, biar ga bingung tak ada salahnya membuat jadwal post. Untuk memudahkan penjadwalan ini,

Untuk jadwal posting ini, Mba Inna menyediakan blogpost agenda. Agenda ini ia download dari internet. Semacam blog weekly calendar. Ada juga yang diunduh dari Blogger Perempuan. Blogpost agenda ini, selanjutnya diisi dengan rencana dan tanggal tayang tulisan.

Wah, telaten juga ya Mba Inna dalam menjadwalkan agenda. Kalau saya sih menyiapkan white board kecil di dekat meja komputer. Tapi ya itu lebih sering kosongnya daripada terisi. Jadi biasanya menulis random. Hehee.

Oia, sebenarnya apa saja sih yang ditulis Mba Inna da;a, blogpost weekly calendarnya?

  1. Rencana tema yang akan diposting setiap minggu.
  2. Pengingat deadline tulisan lomba, giveaway, atau job review
  3. Rencana tema untuk minggu depan.
  4. Ide tulisan yang kebetulan lewat.
  5. Setelah posting, tulis judul postingan pada kolom tanggal tayangnya sehingga jadi tahu kapan terakhir kali posting untuk setiap blog.
  6. Buat chek list apakah postingan baru tersebut sudah dishare di media sosial atau belum.
  7. Pakai pulpen berwarna-warni biar kelihatan ceria dan centil

 

  1. Konsistensi

Tentang konsistensi ini temans tak perlu berpikir berat ya. Konsistensi menulis itu tak mesti setiap hari harus update lho. Inti dari konsistensi itu adalah teratur. Misalnya, kalau diputuskan update blog sekali dua hari, maka usahakan tetap konsisten begitu. Kalau seminggu sekali berarti selanjutnya ya seminggu sekali.

Pengalaman saya dan hasil baca-baca dari Mbah Google, konsistensi ini menjadi catatan juga dalam alexa. Tak masalah sekali seminggu atau sekali dua minggu asal stabil.

Nah kalau Mba Inna sendiri, menjadwalkan update untuk masing-masing blog yaitu setiap satu minggu sekali.  Dengan begitu setiap minggu Mba Inna menulis sebanyak tiga kali untuk tiga blog berbeda.

Mengenai hari postingnya sih bebas. Tak ada waktu khusus. Biasanya postingan blog dengan ide segar akan tayang lebih dahulu. Atau postingan lomba dan giveaway yang sudah mepet deadline.

Nah itu dia temans, sedikit bocoran dari Mba Inna. Kalau temans penasaran, silakan mampir langsung ke blognya. Atau kepoin mba Inna di akun sosmednya. Eh tapi kalo kepoin mba Inna di IG siapin lap biar ga ileran ya lihat menu makanan yang aduhai… J

15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.