Belajar Menjadi Blogger Profesional dari Blog Anisae.com

Blogger profesional Anisae

Sejak aktif ngeblog kurang dari setahun yang lalu, saya punya satu blog yang saban hari saya kunjungi. Sebagai orang yang baru bereinkarnasi dari blog gratisan yang mati suri menjadi blog dengan domain,  tentu saja saya harus belajar banyak hal. Apalagi, saya sudah berikhtiar bisa menjadi blogger profesional pada ulang tahun pertama DuniaBiza.com November mendatang.

Ada banyak memang blog yang eksis, dan bisa menjadi rujukan. Tapi blog satu ini tak boleh dilewatkan. Apalagi postingan mengenai tips ngeblog yang selalu penuh isi. Disampaikan dengan lugas, tuntas, dan base on pengalaman.

Temans mau tahu blog apa itu? Anisae.com, itulah nama blognya. Dimiliki seorang ibu muda nan energik, perempuan tangguh yang semangatnya melebihi batas, Anisae namanya. Persis seperti nama domainnya. Jadi mudah diingat deh.

Sebelum sama-sama tergabung di kelompok 1  Arisan Link Blogger Perempuan, saya dan Mba Anisa terhubung dalam komunitas telegram yang sama. Saat itu saya lebih memilih menyimak dan belajar dari Mba Nisa dan blogger-blogger keren lainnya. Kesan yang saya tangkap waktu itu dengan sosok Mba Nisa adalah kegigihan dan semangat ngeblognya yang luar biasa. Selain itu Mba Nisa juga tak pelit berbagi ilmu.

Dari semula menjadi silent reader saya pun mulai berani bertanya beberapa hal pada Mba Nisa terkait ngeblog. Dia tak banyak cerita, langsung menyodorkan postingan-postingan berbagai tips blog yang to the point. Beberapa postingan yang dulu sering saya buka adalah cara merampingkan alexa dalam waktu singkat dan cara membuat media kit.

Mba Anisa AE
Mba Nisa tampil energik dengan kegiatan offline

Menjadi blogger bagi Mba Nisa adalah sebuah kebanggan. Lewat blog sejak Desember 2013 ia menyalurkan hobi menulis. Dan kini tak sekadar hobi, ia pun mendapat banyak pemasukan dari blog. Awalnya hanya dari adsense. Namun belakangan penghasilan dari job review pun terus mengalir.

Kini selain mengelola Anisae.com Mba Nisa mengelola beberapa blog lain yaitu  kepanjenkita.com, aepublishing.id, wisatamalangku.com, dan babyae.com. Blog yang terakhir baru didirikan Mba Nisa setelah lahiran anak kedua beberapa bulan lalu.

Hal yang membuat saya makin takjub dengan Mba Nisa adalah kelima blognya terurus. Alexanya pun ramping-ramping. Untuk alexa blog utama di Anisae.com selalu stabil di sekitar 200 ribuan.

Hmm, sebenarnya apa sih yang membuat blog Mba Nisa begitu stabil?

Menurut pembacaan saya dari mengenal sosok Mba Nisa, setidaknya ada 5 langkah yang bisa ditiru dari dia.

Berikut 5 Langkah Menjadi Profesional Blogger ala Mba Anisa AE.

1. Totalitas

Ketika sudah memutuskan menjadi blogger profesional maka kita juga harus bisa bertindak profesional. Salah satunya dengan rajin mengupdate blog. Bagi seorang Mba Nisa, tak ada istilahnya mati gaya. Alexa harus selalu diberi makan agar stabil. Memberi makannya ya dengan konten baru.

Totalitas Mba Nisa dalam dunia blog ini sangat terasa bagi saya ketika masa-masa menjelang kelahiran anak kedua. Meski sudah mendekati hari H, ia tetap setia mengupdate blog. Sampai-sampai saya dan beberapa blogger lain yang tergabung dalam grup WA yang sama dengan Mba Nisa gemes sendiri melihat totalitas si Mba.

Kami gemes, tapi Mba Nisa santai saja. Ia bahkan masih sempat-sempatnya live report detik-detik menjelang persalinan. Hahahaa..

  1. Konsisten

Konsistensi tulisan ini menurut Mba Nisa penting untuk menjaga statistik blog. Tak perlu update tiap hari, yang penting bisa diupdate secara berkala dan konsisten. Bisa tiga atau dua kali seminggu.

Untuk menjaga konsistensi update blog ini Mba Nisa bahkan tak segan merekrut tenaga penulis artikel. Ini dilakukan ketika ia tengah sibuk dengan kegiatan keluarga dan juga kegiatan offline. Sssttt, selain aktif ngeblog mba Nisa juga aktif mengurus kerjasama blog dengan dinas dan kepolisian juga lho. Ia juga mengelola sebuah penerbitan indie yang kini sudah menerbitkan lebih dari 200 buku. Wow.. bukan?

  1. Kualitas Konten

    Kualitas konten menurut saya menjadi salah satu kekuatan blog Anisae.com. Selain gaya penulisan yang ramah mesin pencari, artikel yang disuguhkan juga banyak yang bernilai guna dan bersifat jangka panjang.

Di blog Mba Nisa, kita akan menemukan berbagai postingan tentang prosedur pengurusan layanan publik. Misalnya pengurusan bea balik nama kendaraan, pengurusa  akta, pengurusan BPJS. Artikel-artikel layanan publik ini selain informatif juga banyak dicari pembaca. Secara tidak langsung, tingkat kunjungan ke blog akan terus mengalir sepanjang waktu.

  1. Menjaga jejaring

Sebagai blogger menurut Mba Nisa harus hukumnya kita ikut dengan beberapa komunitas blogger. Di setiap komunitas kita bisa menyerap berbagai ilmu tentang kepenulisan dan juga blogging.

Suatu kali, dalam sebuah percakapan Mba Nisa menyarankan agar para blogger pemula tak mudah minder dalam komunitas. “Manfaatkan komunitas dan grup untuk menyerap sebanyak mungkin ilmu,” kata dia. Pesan Mba Nisa ini selalu saya ingat dan selalu diupayakan utuk diterapkan. Kalaupun tak bisa jadi peserta diskusi aktif, menjadi silent reader pun tak masalah selama bisa menyaring info.

  1. Terus berbagi

Nah ini salah satu point lebih Mba Nisa. Di beberapa komunitas saya sering menemukan Mba Nisa hadir bila ada anggota grup yang bertanya perihal blogging. Meski belakangan ia tak terlalu aktif chit-chat tetapi ia selalu datang memberi solusi bila ada anggota grup yang bertanya.

Bahkan, belakangan Mba Nisa lagi rajin membagi-bagi job dengan teman-teman komunitas. Nah ini dia. Tak hanya berbagi ilmu, tapi Mba Nisa juga berbagi rezeki. Asyik..

Semoga makin sukses ya Mba Nisa. My Virtual Mentor.

Keep inspiring!

 

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
39 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *