PERTAMINA HADIRKAN SOLUSI BAHAN BAKAR BERKUALITAS DAN RAMAH LINGKUNGAN

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan 

PERTAMINA SOLUSI BAHAN BAKAR BERKUALITAS DAN RAMAH LINGKUNGAN. Sekarang kebutuhan akan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan sudah menjadi keharusan.

***

Temans, saat ini hampir semua orang menginginkan bahan bakar berkualitas bukan? Bahkan, tak sekadar berkualitas, kebutuhan akan bahan bakar ramah lingkungan juga meningkat.

Selain itu, kebutuhan ini bahkan sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Sayangnya, belum banyak pilihan yang ada. Salah satu perusahaan yang berkomitmen adalah Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah lingkungan.

Lebih jauh, mengenai kebutuhan akan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan ini juga didukung gencarnya kampanye dari pemerintah. Sosialisasi dan kampanye ini juga seperti yang dilakukan Pertamina, Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.

 

PERTAMINA SOLUSI BBM BERKUALITAS DAN RAMAH LINGKUNGAN
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina dan Komitmen Lahirkan Energi Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Perubahan gaya hidup masyarakat untuk menggunakan bahan bakar berkualitas dan bbm ramah lingkungan tentu saja patut kita syukuri. Karena dengan semakin meningkatnya minat masyarakat menggunakan bahan bakar ramah lingkungan berarti kelestarian lingkungan akan semakin terjaga.

Selain itu, bahan bakar berkualitas juga akan menguntungkan pengguna secara langsung karena akan lebih irit dan hemat. Pertamina sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara yang mengelola penggunaan energi di tanah air pun berperan penting dalam mewujudkan kampanye ini.

Bagi Pertamina, urusan ramah lingkungan ini merupakan komitmen penuh perusahaan. Sejak didirikan pada tahun 1957, Pertamina terus berinovasi untuk bisa menghadirkan solusi akan pentingnya bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan.

Komitmen dan Capaian Pertamina

Lebih jauh, komitmen Pertamina mengembangkan energi ramah lingkungan ini sudah tak perlu diragukan lagi. Karena itu, tak salah bila baru-baru ini, majalah Warta Ekonomi mengganjar upaya pertamina ini dengan meraih penghargaan Living Legend Companies Award 2016 kategori Gold.

Vice Presiden Stakeholder Relation Pertamina, Syahrial Mukhtar, yang mewakili Pertamina dalam kesempatan itu mengatakan bahwa di usia yang masuk 59 tahun, Pertamina ingin menunjukkan komitmen. Yaitu, selalu survive  dan  senantiasa berusaha maju dan berkembang.

Dalam hal peningkatan peran Pertamina dalam memberikan solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan ini menjadi tanggung jawab penuh Direktorat Gas, Energi Baru dan Terbarukan. Upaya kongkrit yang dilakukan yaitu mengelola bisnis Gas, Power,dan NRE sebagai bisnis utama Pertamina untuk memperkuat posisi bisnis dan daya saing.

Selain itu, Pertamina juga berkomitmen meningkatkan profit di bidang energi ramah lingkungan dan terbarukan. Berdasarkan data pada laporan tahunan 2015, untuk meningkatkan inovasi dalam menghadirkan solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan ini.

 

Langkah Nyata Pertamina Hadirkan Bahn Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

  • Mengembangkan penguasaan pasar Gas, Power, dan NRE dengan mengamankansisi pasokan, serta mengcreate danmemperluas pasar untuk mengembangkan skala bisnis melalui optimalisasi bisnis eksisting dan penguasaan resources baru.
  • Ekspansi pasar baru untuk mengakselerasi bisnis Direktorat GEBT di bidang Gas, Power, dan NRE
  • Mengembangkan resources dan bisnis baru sebagai new growth engine
  • Ekspansi pasar baru untuk mengakselerasi bisnis Direktorat GEBT di bidang Gas, Power, dan NRE
  • Mengembangkan resources dan bisnis baru sebagai new growth engine

Agar terus bisa bersaing, Pertamina pun selalu berupaya melakukan berbagai inovasi dalam menghadirkan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan. Hal ini juga menjadi salah satu komitmen Pertamina dalam menjalankan peran strategis untuk turut memajukan perekonomian nasional.

Semangat terbarukan yang saat ini terus dikembangkan merupakan salah satu bukti komitmen Pertamina menciptakan alternatif baru dalam penyediaan sumber energi yang lebih efisien dan berkelanjutan. Solusi untuk menghadirkan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan.

Pertamina Lakukan Berbagai Inovasi

Upaya yang dilakukan untuk bisa menghadirkan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan misalnya dengan terus memanfaatkan sumber daya dan potensi yang dimiliki untuk mendapatkan sumber energi baru dan terbarukan. Hal ini dilakukan seiring dengan bisni utama yaitu dalam pengelolaan dan pendistribusian bahan bakar minyak dan gas.

Untuk mendukung visi menjadi perusahaan ramah lingkungan, Pertamina menetapkan strategi jangka panjang perusahaan, berupa “Aggressive in Upstream, Profitable in Downstream”. Dengan visi ini manajemen menjadikan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.

 

Produk dan Layanan Pertamina

Dalam upaya memenuhi kebutuhan energi nasional, di sektor hilir, Pertamina mengeluarkan beberapa varian produk. Produk Pertamina hingga kini terdiri dari Bahan Bakar Minyak (BBM), Non BBM, Gas, Petrokimia, dan Pelumas.

1. Bahan Bakar Minyak (BBM)

Produk BBM yang dihasilkan Pertamina terdiri dari bensin, minyak tanah, solar, diesel, dan minyak bakar.

2. Bahan Bakar Khusus (BBK) 

Bahan bakar khusus (BBK) merupakan produk bahan bakar yang hanya digunakan oleh kendaraan tertentu dan dengan syarat dan ketentuan khusus pula.

Produk BBK yang dikeluarkan Pertamina terdiri dari Aviation Gasoline (BBM pesawat udara), Aviation Turbine Fuel (BBM pesawat udara ber-turbin), Bio Pertamax, Bio Solar, Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, Pertamax Racing, dan Premium

3. Bahan Bakar Subsidi

Produk Bahan Bakar Subsidi ini terdiri dari Bio Solar dan Premium

4. Non BBM

Selain berbentuk minyak, Pertamina juga mengeluarkan produk non bahan bakar. Beberapa produk itu adalah aspal, pelumas (Lube Base Oil), pelarut (Solvent), Green Coke, Calcined Coke, Slack Wax, Heavy Aromate, dan sulphur

5. Gas

Produk Gas merupakan varian lain dari produk utama Pertamina. Terdiri dari LPG (Liqueified Petroleum Gas), BBG (Bahan Bakar Gas), Musicool (Pengganti CFC yang ramah lingkungan).

6. Petrokimia 

Berbagai produk petrokimia keluaran Pertamina di antaranya Asam Tereftalat Murnis, Benzene, Paraxylene, Polytam, Propylene

7. Pelumas

Produk pelumas ini tak hanya digunakan untuk kendaraan tetapi juga untuk industri. Berdasarkan kegunaannya, produk pelumas keluaran Pertamina terdiri dari Air Cooled Motorcycle or Small Engine Oil, Automatic Transmission & Manual Transmission Oils, Circulating Oils, Grease, Heat Transfer Oils, Heavy Duty Diesel Engine Oils.

Juga ada produk pelumas untuk industri seperti Industrial and Marine Engine Oils, Industrial Compressor Oils, Industri Pelumas Hidrolik, Industri Pelumas Turbin, Industri Pelumas Gear, Pelumas Mesin Gas Alam, Pelumas Mesin Mobil Penumpang, Pelumas Diesel Mobil Penumpang, Pelumas Powershift & Hydraulic Untuk Alat Berat, Pelumas Pendingin, Produk Khusus, dan Pelumas Mesin Kecil Berpendingin Air

 

Produk Gas Pertamina

PERTAMINA SOLUSI BAHAN BAKAR BERKUALITAS DAN RAMAH LINGKUNGAN 1

Selama ini, boleh jadi sebagian masyarakat lebih banyak mengenal Pertamina sebagai penyedia bahan bakar seperti solar, premium, dan pertalite. Namun sebenarnya Pertamina juga terus mengembangkan produk gas yang merupakan bahan bakar ramah lingkungan.

Bahan bakar gas yang diproduksi Pertamina tak hanya satu jenis. Namun terdiri atas tiga.

  • Fuel Gas berupa Bahan Bakar Gas
  • Liquid Petroleum Gas (LPG)
  • Musicool (Pengganti CFC yang ramah lingkungan).

Tak hanya bahan bakar kendaraan, Pertamina juga makin serius mengeluarkan solusi untuk pemenuhan energi berkualitas dan ramah lingkungan. Termasuk urusan memasak di setiap rumah tangga.

Bila dulu orang hanya mengenal masak dengan kayu, lalu muncul kompor dengan bahan bakar minyak tanah. Setelah itu Pertamina hadir dengan membawa solusi baru berupa bahan bakar gas Elpiji.

Elpiji Sebagai Inovasi BBM Ramah Lingkungan

Elpiji adalah brand Pertamina untuk produk ramah lingkungan LPG (Liquefied Petroleum Gas). LPG merupakan gas hidrokarbon yang dihasilkan dari kilang minyak dan kilang gas. Pada dasarnya LPG sebenarnya berbentuk gas, tetapi untuk memudahkan distribusi LPG diubah menjadi cair dengan pemberian tekanan. Perubahan bentuk ini juga membuat LPG lebih mudah didistribusikan dalam tabung ataupun tanki. LPG aman untuk dipakai sehari-hari.

Sejak diproduksi dan didistribusikan pertamina, LPG kini banyak digunakan di kalangan rumah tangga dan komersil seperti restoran dan hotel. Namun ada juga sejumlah industri yang menggunakan LPG.

Belakangan, seiring dengan tekad kuat Pertamina untuk mendukung lahirnya bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, kemudian produk Elpiji berkembang menjadi Bright.

Pertamina menghadirkan varian produk terbaru ke bagi konsumen gas rumah tangga untuk kelas menengah ke atas. Bright Gas tersedia dalam kemasan tabung 12Kg.

 

Bright Gas Sebagai Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Kehadiran Bright Gas di pasar bahan bakar, sebenarnya merupakan bagian dari terobosan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan untuk meningkatkan layanan pada pengguna gas. Bright Gas Hemat  merupakan produk elipiji hadir dengan menyasar pengguna gas di kelas menengah.

Varian Bright Gas

1. Bright Gas 5,5 kilogram

Bright Gas 5,5 kg diproduksi Pertamina untuk menyasar keluarga yang tinggal di Apartemen dan rumah minimalis. Produk Pertamina Bright Gas 5,5 kg ini lebih ringan. Dengan begitu akan lebih praktis dan lebih mudah dibawa. Penataan di dapur minimalis pun juga akan sangat mudah.

2. Bright Gas 12 Kilogram

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan  memproduksi Bright Gas 12 kg sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan memasak keluarga aktif. Mereka yang punya kebutuhan tinggi akan gas bisa menggunakan varian ini. Buat masyarakat yang sebelumnya menggunakan Elpiji 12 kilogram sangat dianjurkan untuk segera beralih ke Bright Gas.

Apalagi sekarang ada promo tukar tabung dari Pertamina. Program promo Tukar Tabung Gratis dengan tabung ELPIJI 12 kg. Cara penukaran pun sederhana. Pelanggan hanya perlu membayar isi ulang Bright Gas 12 kg. Tapi ingat, promo ini hanya berlaku pada periode tertentu.

3. Bright Gas 220 Gram

Bright Gas 220 gram merupakan varian terbaru. Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan menawarkan solusi untuk memenuhi kebutuhan LPG Rumah Tangga & Industri. Produk ini cocok untuk aktivitas memasak dalam ruangan maupun di luar ruangan. Juga bisa dipakai untuk kebutuhan memasak saat kegiatan outdoor seperti camping.

PERTAMINA SOLUSI BBM BERKUALITAS DAN RAMAH LINGKUNGAN
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Bright Gas memiliki keunggulan yang membuat produk terbaru ini berbeda dengan produk Elpiji dan bahan bakar gas yang sebelumnya sudah diproduksi Pertamina.

Keunggulan Penggunaan Bright Gas

1. Bright Gas lebih aman

Tabung Bright Gas dilengkapi dengan katup pengaman ganda (Double Spindle Valve System). Keberadaan katup membuat Bright Gas lebih aman dari kebocoran. Bila salah satu katup rusak, gas tidak akan langsung keluar dari tabun. Pertamina memberikan solusi pengamanan yaitu kebocoran akan tertahan oleh katup pengaman lain.

2. Pilihan warna Bright Gas Lebih menarik

Untuk menambah daya tarik masyarakat agar mau berpindah menggunakan Bright Gas, disediakan dua pilihan warna. Ada tabung warna ungu dan merah muda. Dengan warna baru ini, keberadaan tabung Bright Gas akan menjadi bagian pendukung dan mempercantik suasana dapur. Dengan begitu suasana saat memasak akan lebih adem menyenangkan bukan.

3. Bright Gas lebih mudah dalam penggunaan

Untuk memahami tata cara menggunakan dan mememasang Bright Gas tidaklah sulit. Alasannya, untuk Bright Gas seluruh tabungnya dilengkapi dengan sticker petunjuk penggunaan. Hal ini tentu akan membuat konsumen lebih mudah dalam menggunakan produk. Jadi selain berkualitas dan ramah lingkungan Bright Gas juga ramah terhadap pengguna atau user friendly.

4. Memiliki fitur keamanan segel

Bright Gas memiliki fitur keamanan segel resmi Pertamina yang menjamin kualitas LPG maupun isi LPG dalam tabung.

5. Bright Gas Layan Antar

Lebih Nyaman dengan layanan antar melalui Contact Pertamina 500 000.

6. Lebih Terjangkau

Lebih Terjangkau dengan harga jual isi ulang yang ditawarkan sebesar Rp 57.500/tabung* untuk daerah Jawa & Bali. Sedangkan untuk daerah Kalimantan harga per tabung Rp 62.000/tabung*.

***

Saat ini, Bright Gas sudah diluncurkan di beberapa kota di Indonesia. Pertamina berharap kehadiran Bright Gas bisa membantu pemerintah dalam mengurangi subsidi bahan bakar serta menjadikan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. 

Sebelum meluncurkan produk ini, Pertamina sudah melakukan survei mengenai perilaku pengguna Elpiji di tanah air. Hasil dari survei yang dilakukan AC Nielsen menunjukkan bahwa 53 persen pengguna Elpiji 3 kilogram adalah Swing User.

Berdasarkan penelitian AC Nielsen banyak pengguna Elpiji 3 kilogram juga memiliki tabung gas 12 kilogram. Itu artinya mereka sebenarnya memiliki kemampuan untuk berpindah meninggalkan gas subsidi. Saatnya menjadikan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.

35 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *