Binus Online Learning, Saatnya #MajuTanpaBatas

DJ

Mau melanjutkan kuliah tapi tak punya cukup waktu? Mau ambil jurusan yang sesuai, adanya di universitas yang jauh? Duh gimana ya???

***

Boleh jadi kendala jarak dan waktu menjadi penghalang banyak orang untuk melanjutkan pendidikan. Meski sudah ada kuliah dengan waktu yang lebih fleksibel seperti kelas karyawan atau kuliah malam hari, tetap saja masih ada penghalang. Misalnya,  pada kelas malam mahasiswa harus tetap datang ke kampus dan mengikuti pembelajaran sesuai jadwal.

Padahal masalah utamanya ya itu, susahnya menyisihkan waktu secara rutin. Barangkali hal itu juga terjadi pada kamu. Memang urusan kuliah ini ada yang bilang jodoh-jodohan, harus klop dulu baru bisa dilanjutkan.

Eh tapi tunggu. Jangan mundur dulu. Bila memang semangat dan kemauan sudah bulat untuk kuliah lagi, ada alternatif lain lho. Temans bisa mencoba kuliah online yang tak lagi mempersoalkan masalah jarak dan waktu. Eh kok begitu. Memangnya ada kuliah online? Ada garansi gak?

Kalau pertanyaanya, apakah ada kuliah online? Jawabannya jelas ada. Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui online. Termasuk juga kuliah. Kuliah Online sama seperti kuliah pada umumnya, kita tetap belajar, mendapatkan materi dan berdiskusi. Bedanya, semua aktivitas belajar mengajar dilakukan secara maya melalui internet.

 

Binus Online

 

Oke pertanyaan pertama terjawab. Pertanyaan kedua adalah apakah ada garansi? Ya, benar. Urusan garansi ini memang harus jadi perhatian sebelum memutuskan kuliah online. Sebab, sekarang semakin banyak lembaga yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk membuka kuliah online. Karena itu, sebelum memutuskan mengambil kuliah secara online, kita perlu memilih Universitas penyelenggara yang dapat di percaya dan berkualitas.

Kualitas yang diharapkan mencangkup kegiatan belajar serta interaksi mahasiswa dan dosen selama belajar. Eh iya dong, meski berlangsung secara online, kuliah maya juga harus menyediakan ruang interaksi antara murid dan dosen sehingga bisa terjadi diskusi. Interaksi ini misalnya terjadi melalui sebuah forum.

Sebelum memilih tempat kuliah online, temans jangan lupa ceki-ceki dulu ya latar belakang lembaga penyelenggara. Hal ini perlu agar perjuangan temans ga sia-sia. Misalnya, ketika sudah selesai kuliah dan dapat sertifikat ee ternyata ijazah dan sertifikatnya gak diakui. Nah repotkan, Karena itu tak ada salahnya temans mengambil kuliah online di lembaga yang sudah jelas kredibilitasnya seperti yang diselenggarakan Binus Online Learning.

Dj lagi

 

 

Selain sudah berpengalaman, sistem Binus Online Learning juga sangat fleksibel. Dalam kegiatan belajar, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas tetap akan dilakukan, tetapi terbatas pada kegiatan yang bersifat pembahasan kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah, dan pada saat mengikuti ujian.

Di Binus Online Learning, interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode dirancang cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur bahkan ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat.

Untuk kegiatan belajar mahasiswa, Binus Online Learning sudah mempersiapkan dan memperhitungkan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Nah untuk dosennya, ternyata tak hanya dari dalam negeri lho temans. Untuk memperluas wawasan, mahasiswa juga akan mendapat bimbingan dari sejumlah dosen dan praktisi luar negeri.

Binus Online Learning memberikan ruang interaksi untuk mahasiswa
Binus Online Learning memberikan ruang interaksi untuk mahasiswa

Bagaimana pola komunikasi akan dibangun? Binus Online Learning menggunakan LMS (learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interakasi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis.

Untuk metode perkuliahan, setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk seperti, diskusi di forum, tugas individu / kelompok, video confrence, video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online. Namun untuk awal masuk perkuliahan, dan ujian setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS.

Untuk diploma temans bisa mengambil jurusan Komputerisasi Akuntansi. Untuk program sarjana ada Manajemen, Sistem informasi, Akuntansi, Manajemen Marketing, dan Sistem Informasi. Untuk program master juga ada dengan pilihan jurusan Magister Teknik Informatika – MTI, dan Magister Manajemen Sistem Informasi.

binusSaat ini Binus University Learning Community atau yang dikenal sebagai BULC sudah hadir di beberapa kota, di antaranya Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Dengan adanya BULC ini jika mahasiswa Binus Online Learning sedang ada tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu ujian ataupun perkuliahan Face to Face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Ada lagi lho. Tak sekadar perkuliahan biasa, Binus Online Learning juga memiliki program Employabiity & Entrepreneurial Skill yang dimasukkan ke dalam mata kuliah. Tujuannya tidak saja menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan. Saat ini Binus Online Learning sudah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan baik nasional maupun multinasional.

Wow, banget kan. Dengan metode pembelajaran yang fleksibel siapa saja bisa mengakses pendidikan. Kapan lagi bisa kuliah di mana saja dan kapan saja tetapi dengan jaminan kualitas sama dengan perkuliahan pada umumnya. Ini benar-benar pendidikan yang mengerti dan menyiapkan mahasiswanya untuk #MajuTanpaBatas.

 

 

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *