Seribu Jalan Membantu Sesama

foto : duniabiza.com Keceriaan anak di pengungsian
foto : duniabiza.com
Keceriaan anak di pengungsian

Bantuan kemanusiaan bisa datang dari segala penjuru. Tak perlu terpaku pada satu pintu.

Raut muka ceria terpancar pada wajah puluhan anak yang berkumpul di titik pengungsian Kampung Duri Tanjakan saat saya datang, Senin kemarin. Gurat sedih dan duka akibat kebakaran yang terjadi Kamis, 24 Desember lalu, mulai sirna. Berganti dengan antusiasme untuk mengikuti berbagai kegiatan yang digelar.

Bersama anak-anak, beberapa relawan sibuk menghidupkan suasana. Relawan lain hilir mudik mengurus bantuan kemanusiaan yang terus datang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang organisasi. Salah satunya dari Palang Merah Indonesia.

Tak lama setelah kebakaran hebat menghanguskan 67 bangunan di Kampung Duri Tanjakan, PMI DKI Jakarta memang langsung mendirikan dua tenda besar di lokasi pengungsian. Di tenda itu disiapkan layanan kesehatan dasar, terutama untuk pertolongan pertama. Berdasarkan pendataan PMI, sekitar 400 jiwa kehilangan tempat tinggal, sepertiganya merupakan anak-anak dan lansia.

Foto : duniabiza.com Korban kebakaran di barak PMI
Foto : duniabiza.com
Korban kebakaran di barak PMI

 

foto : duniabiza.com hasil pendataan korban oleh PMI
foto : duniabiza.com
hasil pendataan korban oleh PMI

Salah seorang relawan yang saya temui, Pak Andy Suwarto, bercerita, pada hari pertama 40 relawan PMI DKI Jakarta yang turut membantu lebih mengutamakan pemberian layanan kesehatan dasar. Sedangkan hari-hari berikutnya mereka fokus pada kegiatan pemulihan mental dan psikologi masyarakat korban terutama anak-anak. “Kami di sini untuk mendampingi,” ujar Pak Andy.

Apa yang dilakukan Pak Andy dan kawan-kawan di Kampung Duri hanyalah satu contoh kecil. Hampir di semua lokasi bencana, kita selalu bisa menemukan relawan PMI yang turut membantu. Bahkan dalam bencana kemanusiaan internasional.

Pak Andy yang bergabung menjadi sukarelawan PMI sejak 35 tahun lalu misalnya. Ia pernah ikut kegiatan kemanusiaan ke Nepal. Dalam setiap kegiatan itu, ada banyak bantuan yang diberikan PMI seperti bantuan logistik, pelayanan kesehatan, dan dapur umum.

Masih banyak lagi cerita hadirnya PMI di lokasi bencana. Kita tentu masih ingat peristiwa tsunami yang terjadi di Aceh sebelas tahun lalu, atau meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta pada 2013. Juga bagaimana dapur umum begitu penting dalam penanganan pengungsi muslim Rohingya yang terdampar di Aceh pertengahan tahun lalu.

 

PMI DKI Jakarta menyalurkan air bersih sumber: PMI DKI Jakarta
PMI DKI Jakarta menyalurkan air bersih
sumber: PMI DKI Jakarta

Sayangnya, tak semua punya kesempatan seperti Pak Andy dan relawan PMI lain untuk terlibat aktif dalam misi kemanusiaan. Saya misalnya. Aktivitas sebagai ibu rumah tangga penuh waktu dengan dua bocah yang masih kecil membuat saya tak bisa pergi meninggalkan rumah dalam waktu lama.

Begitu pula dengan mayoritas orang lainnya yang tak punya waktu menjadi relawan. Tidak usah berkecil hati. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Tak satu jalan untuk menolong sesama bukan? Caranya pun tidaklah rumit.

Bila kita punya tenaga lebih kita bisa bergabung menjadi relawan PMI. Datang ke kantor cabang terdekat lalu isi form registrasi. Bila tak punya waktu tapi dikaruniai kesehatan bisa mendaftar menjadi pendonor darah.

Bagaimana bila kita tak bisa keduanya? Masih ada cara lain. Kita bisa mengambil peran menjadi donatur dengan mengirim sejumlah uang untuk digunakan dalam setiap misi kemanusian bersama PMI. Apalagi saat ini sedang ada kegiatan Bulan Dana PMI. Ayo peduli bantu sesama.

seribu jalan membantuLalu bagaimana caranya biar bisa menjadi donatur. Cukup transfer bantuan melalui rekening PMI DKI Jakarta seperti berikut.

  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta,

Jadi, yuk mari bahu membahu untuk misi kemanusiaan. Berapapun nominal yang kita sumbang bisa sangat berarti bagi saudara kita yang sedang kesusahan. Selama ada itikad baik, ada seribu jalan untuk membantu sesama.

 

 

Please follow and like us:
5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
21 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *