ERP, Solusi Kelola Manajemen gudang Industri Manufaktur

Systemever solusi ERP

 

Digitalisasi menjadi kunci transformasi bisnis pada abad ke-21. Dikenal dengan industry 4.0, manufaktur di seluruh dunia bergerak menuju otomatisasi. 

Lebih detail, untuk menuju manufaktur 4.0 ini maka harus ditopang oleh Internet of things (IoT), big data, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), cloud computing serta additive manufacturing.

Perubahan arah bisnis ini mau tidak mau harus diserap oleh pelaku bisnis. Termasuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tentu tujuannya agar bisnis tetap relevan mengikuti perubahan zaman.

Bagi pelaku usaha UMKM misalnya, saat tidak dapat menyerap seluruh teknologi 4.0, maka dapat dilakukan secara bertahap.

Salah satu sisi yang dapat diserap untuk menuju digitalisasi bisnis adalah penggunaan teknologi sistem cloud ERP (enterprise resource planning).

Seperti namanya, ERP adalah desain modernisasi bisnis dengan dukungan teknologi. Baik alur kerja, penyusunan strategi penjualan, pengelolaan konsinyasi hingga pergerakan laba rugi usaha secara real time.

Hasilnya, perusahaan akan semakin efisien karena mengurangi pekerjaan teknis untuk manusia digantikan oleh komputer. Tampilan data real time juga memudahkan perusahaan membuat keputusan detail tanpa bias.

Lainnya, ragam aplikasi yang menjalankan berbagai sistem di dalam perusahaan dapat disatukan. Keberadaan cabang yang tersebar di berbagai wilayah juga akan otomatis terstandarisasi karena memiliki standar perangkat ERP yang sama.

SystemEver Solusi ERP di Indonesia 

Salah satu penyelenggara sistem ERP terkemuka adalah SystemEver Indonesia. Perusahaan ini berasal dari Korea Selatan, Younglimwon Softlab.  

Dukungan SystemEver Indonesia maka pelaku bisnis dapat melakukan lompatan usaha  yang lebih besar dan bersaing di pasar global melalui penerapan manajemen berbasis teknologi Cloud ERP.

Dengan software ERP manufaktur dari SystemEver Indonesia maka pembenahan bisnis dapat dilakukan secara menyeluruh. Tidak hanya penyediaan teknologi namun dukungan mapping kebutuhan bisnis termasuk penyusunan strategi yang tepat. Cakupannya baik pada perusahaan distribusi, perdagangan dan manufaktur.

Lainnya, software ERP manufaktur terbaik  dengan Systemever memiliki fitur khusus bernama Visual-K Process Map. Layanan ini memberikan visualisasi kertas kerja sehingga terlihat lebih mudah digunakan. Termasuk melakukan eksplorasi data berdasarkan kebutuhan perusahaan.

Untuk pabrik yang memproduksi barang misalnya, software ERP manufaktur pergudangan terbaik dapat membantu menyelesaikan setiap kendala yang ada.

Selain software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan, Systemever juga dapat diterapkan ke semua jenis manufaktur yang hendak maju dan menyambut era industry 4.0.

Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunakan ERP Systemever

1.  Penyimpanan Data yang Aman

Penyimpanan data industri dengan bentuk kertas sangatlah tidak aman, tidak efisien dan membuang-buang anggaran. Kertas selain mudah rusak juga mudah hilang. Begitu pun jika kamu menyimpannya dengan menggunakan flash disk atau hard disk. Tidak ada yang bisa menjamin keamanan data di dalamnya. Terlebih jika banyak orang yang dapat menggunakannya.

Penerapan sistem ERP pada industri manufaktur, membuat perusahaan dapat memberikan akses untuk karyawan yang memang bekerja untuk mengelola data di mana saja dan kapan saja.

2. Pengelolaan Inventaris secara Keseluruhan

Penggunaan sistem ERP dalam industri manufaktur juga membuat perusahaan dapat memantau stok persediaan barang. Sehingga perusahaan dapat melihat produk mana yang menjadi banyak target pasar dan mana yang kurang diminati pasar.

3. Penyediaan Laporan Lengkap dan Akurat

Sistem ERP juga membuat industri manufaktur mendapat data lengkap tentang karyawannya. Bagaimana pekerjaan mereka, produktivitas, efektivitas serta efisiensi dari setiap kinerja karyawan di perusahaan manufaktur itu sendiri. 

4. Keuangan

Perusahaan  jelas membutuhkan sistem ERP untuk mengelola laporan keuangan perusahaan manufaktur. Pilih program akuntansi yang memiliki sistem pengelolaan persediaan barang yang lengkap, mencatat transaksi pembelian dan penjualan. 

Termasuk hingga mencetak invoice, menghitung penyusutan serta dapat menghasilkan laporan dan grafik analisis keuangan perusahaan industri manufaktur. Bahkan, software tertentu juga sudah mencakup akuntansi, penjualan, inventaris dan pembelian dalam satu program akuntansi sekaligus. 

5. HRM

HRM atau human resource manager management dapat membantu dalam peningkatan efisiensi departemen SDM atau HR dalam perusahaan manufaktur. Terlebih jumlah karyawan dalam industri manufaktur sendiri memiliki angka ratusan atau bahkan ribuan.

 

SystemEver untuk Manajemen gudang
SystemEver untuk Manajemen gudang

 

Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan dapat mengelola data karyawan, menjadwalkan jam kerja shift bagi mereka, pengajuan cuti serta lembur bahkan hingga komponen perhitungan penggajian.  Penyimpanan database karyawan yang terpusat akan memudahkan pihak HRD dalam proses penggajian atau perusahaan dalam mengambil keputusan. 

Dengan realitas ini, maka bagi pelaku usaha tidak dapat dihindari lagi untuk mengadopsi teknologi ERP guna memajukan bisnisnya. Karena saat ini bukan hanya emas yang berharga namun juga data sehingga melahirkan keputusan terbaik. 

Di tengah berbagai tantangan dunia usaha saat ini, SystemEver Indonesia siap menjadi mitra bisnis terpercaya. Dengan berbagai keunggulan, SystemEver hadir, untuk membantu Anda mengelola bisnis #jadimudah. Silakan klik link ini untuk informasi lebih lanjut https://systemever.co.id/id/join-partner.

 

SystemEver di mata mereka 

Manfaat penggunaan SystemEver untuk kebutuhan manajemen pergudangan sudah banyak dirasakan oleh pelaku manufaktur. Salah satu pengguna SystemEver adalah Jung Saem Mool, perusahaan kosmetik terkemuka dari Korea. 

Jung Saem Mool adalah brand kecantikan ternama asal Korea Selatan, bagi Anda pecinta #Kbeauty tentu tidak asing dengan #jsmbeauty. Sebagai salah satu brand ternama, Jung Saem Mool memiliki kebutuhan untuk mengintegrasikan proses penjualan, ketersediaan barang, capital flow, hingga Analisa data yang dapat membantu karyawan bekerja lebih efektif dan perusahaan dalam menentukan keputusan lebih efisien.

Mengapa Jung Saem Mool memilih SystemEver? Menurut Mr. Kwon Ki-deok (SCM Team Leader) SystemEver memudahkan karyawan dalam mengoperasikannya, karena memiliki excel interface. SystemEver memiliki cost structure yang transparan dan jelas. Sehingga cost analysis data menjadi lebih akurat dan membantu manajemen dalam menentukan keputusan.

Tertarik? Slakan Hubungi info@systemever.com ya untuk info lebih lanjut. 

#SystemEverID #CloudERP #JadiMudahKerja #JadiMudah

Add a Comment

Your email address will not be published.