Masih Ragu Pakai Instagram Shopping? Cek Keunggulan Berikut Agar Makin Yakin

IG Shopping

 

Hai sobat, kalian mungkin sudah tidak asing ya dengan fitur Instagram Shopping yang merupakan salah satu fitur dari aplikasi sosial media Instagram untuk membantu para penggunanya yang memiliki bisnis. Fitur ini muncul setelah banyaknya penggunanya yang memanfaatkan Instagram sebagai media untuk menjual produknya dan promosi untuk bisnisnya. Keberadaan Instagram Shopping ini sangat membantu para pelaku bisnis karena keunggulan Instagram Shopping tentunya sangat luar biasa.

Pada Instagram Shopping sendiri memiliki sejumlah fitur yang sangat keren seperti Shopping Tags, Collections, Shopping Ads, dan banyak lagi. Dengan adanya fitur tersebut membuat para pebisnis yang memanfaatkan Instagram bisa semakin mudah melakukan penjualan.

Jika para Sobat belum mengetahui detail mengenai Instagram Shopping sebaiknya segera pelajari dan gunakan untuk meningkatkan bisnis kamu deh. Karena keunggulan Instagram Shopping ini gak main-main loh. Berikut diulas untuk para sobat yang masih penasaran nih:

Menjangkau Lebih Luas

Seperti yang Sobat tau Instagram merupakan salah satu sosial media dengan jumlah pengguna yang banyak. Sebut saja berdasarkan Napoleon Cat, pada periode Januari-Mei 2020 pengguna Instagram di Indonesia telah mencapai sekitar 69,2 juta pengguna. Jumlah yang cukup fantastis, apalagi jumlah tersebut hanya jumlah pengguna di Indonesia saja, belum lagi pengguna lain dari negara lain. Untuk itu Sobat dapat menjangkau calon customer lebih luas lagi dengan Instagram.

Selain penggunanya dapat melakukan sosialisasi, Instagram juga menjadi tempat untuk mencari dan menemukan produk. Ada sekitar 70% orang yang gemar berbelanja kini telah memanfaatkan Instagram untuk menemukan produk yang mereka incar. Untuk itu dengan menggunakan Instagram Shopping, Sobat bisa memiliki jangkauan target customer yang lebih luas juga bisa menyasar target lebih tepat.

Tampilan Seperti Toko

Dengan fitur Instagram Shopping membuat akun Instagram Sobat terlihat seperti toko dengan katalog dan etalase yang dipajang. Dengan etalase yang tampilannya bisa disesuaikan sesuai dengan selera Sobat. Para calon konsumen juga bisa langsung melihat detail produk dan berbelanja langsung di halaman profil bisnis Sobat.

Menyematkan Label Produk

Keunggulan Instagram Shopping lainnya adalah Sobat bisa menyematkan label produk pada foto yang Sobat unggah pada halaman Instagram. Label produk membuat Sobat dapat lebih mudah menyoroti produk di katalog pada foto atau video yang Sobat unggah di feeds atau story.

Dengan menyematkan label tersebut para calon customer dapat dengan mudah segera mencari tau selengkapnya tentang produk yang Sobat unggah, para calon customer hanya perlu menyoroti label produk yang ada pada foto atau video di feeds atau story Instagram Sobat lalu klik dan langsung terhubung dengan halaman yang memberikan deskripsi produk.

Koleksi Sesuai Tema dan Kategori

Sobat bisa loh mengelompokan produk sesuai dengan tema atau kategori sesuai keinginan Sobat. Dengan mengatur tampilan sesuai tema atau kategori maka toko Sobat akan terlihat rapi dan lebih menarik tentunya. Selain itu para calon customer juga akan mudah bereksplorasi melihat-lihat produk yang ada pada Instagram bisnis Sobat.

Memiliki Halaman Detail Produk

Jika pada Instagram yang umum biasanya Sobat akan menuliskan deskripsi produk pada Caption di foto atau produk yang Sobat unggah, berbeda hal dengan Instagram Shopping ini. Sobat dapat menuliskan deskripsi produk selengkap-lengkapnya pada halaman khusus yang fokus pada produk yang ditawarkan.

 

serba praktis lewat belanja online

 

Iklan Dengan Label Produk

Tentunya Sobat tak asing dengan iklan Instagram. Dengan fitur Instagram Shopping Sobat dapat membuat iklan yang berbeda dengan iklan biasanya. Sobat dapat membuat iklan dengan menyematkan label produk yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada unggahan yang akan Sobat promosikan dapat disematkan label produk sehingga memungkinkan Sobat memaksimalkan jangkauan produk.

Calon Customer juga akan dimudahkan, ketika mereka melihat iklan yang Sobat buat dan tertarik melihatnya lebih lanjut maka mereka hanya perlu klik pada label produk.

Peluncuran Produk

Dapat mengumumkan peluncuran produk merupakan salah satu Keunggulan Instagram Shopping yang sangat keren. Sobat dapat mengumumkan peluncuran produk mendatang di Instagram. Dengan begitu, para calon customer dapat mengetahui lebih dulu detail produk yang akan diluncurkan dan mengatur pengingat untuk membelinya saat produk sudah mulai dijual.

Belanja Dari Influencer atau Selebgram

Sudah tak asing kan dengan Influencer atau Selebgram yang ada di dunia sosial media Instagram? Pastinya banyak Sobat juga yang memfollow mereka sesuai dengan minat atau kesukaan Sobat, misalnya Influencer dalam bidang makeup dan fashion. Melakukan endorsement atau kerja sama dengan para Influencer atau Selebgram ini tentunya hal yang tak asing lagi dalam dunia bisnis di Instagram.

Dengan fitur Instagram Shopping ini para calon customer dapat melihat inspirasi dari para Influencer atau Selebgram dan terhubung langsung ke Instagram Shopping Sobat nantinya. Sehingga Sobat dapat dengan mudah menyasar target pasar yang sesuai dengan produk Sobat.

Meningkatkan Traffic Web Toko Online

Untuk informasi bagi para Sobat, untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping ini Sobat harus memiliki website sendiri untuk toko online Sobat. Dengan fitur Instagram ini nantinya akan dapat langsung mengarahkan calon customer yang melihat unggahan produk Sobat ke website toko online untuk melihat-lihat lebih lanjut.

Dengan begitu, jumlah pengunjung atau traffic pada website toko online Sobat tentunya akan bisa semakin meningkat. Umumnya pun para calon customer juga akan lebih percaya pada toko online yang memiliki website sendiri, bisnis Sobat akan lebih terlihat professional. Ini tentunya akan membuat calon customer lebih percaya pada bisnis Sobat.

Jika Sobat belum memiliki website untuk bisnis, dapat dengan mudah membuat di TokoTalk yang menyediakan website praktis serta dilengkapi fitur-fitur canggih untuk membantu Sobat mengembangkan bisnis online. Selain itu Sobat juga bisa mempermudah mengaktifkan Instagram Shopping dengan memanfaatkan layanan Solusi Instagram Shopping TokoTalk (SIST) di TokoTalk.

Layanan ini adalah untuk membantu Sobat membuat dan memiliki IG shopping. Sobat hanya perlu mendaftarkan dan mengundang teman seller online lainnya untuk bergabung ke dalam SIST. Dan yang asiknya lagi ini gratis loh Sobat. Dengan TokoTalk Sobat juga bisa mendapatkan website yang cepat dan aman agar selalu bisa diandalkan oleh para customer.

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.