Memilih Pengobatan Kanker Payudara di Malaysia 

Pengobatan Kanker Payudara di Malaysia

 

Dukungan dari keluarga, sahabat dan teman dekat menjadi penyemangat untuk tetap kuat. 

***

Kanker payudara kini menjadi salah satu penyakit yang banyak menjangkiti perempuan. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) 1 dari 8 wanita di dunia terdiagnosa mengidap penyakit kanker payudara ini. Itulah kenapa kanker payudara menjadi perhatian bagi lembaga kesehatan di seluruh dunia. 

Saya sendiri punya beberapa temans dengan diagnosa kanker. Mereka orang-orang kuat yang hidup penuh semangat. Melawan kanker payudara bagi mereka seperti melawan diri sendiri untuk tetap berdiri tegak. Hal penting lain dalam penanganan kanker ini adalah dukungan dan perhatian dari seluruh anggota keluarga dan lingkungan. 

Dukungan dari keluarga dan sahabat menjadi penting dalam memberi semangat para penyintas untuk sembuh. Saya ingat cerita tentang nenek yang bisa sembuh melawan kanker payudara karena dukungan penuh dari keluarga. Nenek dari suami ini juga penuh semangat untuk terus mengkonsumsi buah dan sayur. Tak ada hari tanpa jus buah dan sayur. 

Salah satu bentuk kepedulian terhadap para penyintas kanker terwujud lewat kampanye Pink Promise. Dan tahukah temans bahwa Oktober merupakan bulan untuk menunjukkan dukungan pada para penyintas kanker payudara. Karena itu, selama Oktober ini kita bisa terus menyebarluaskan dukungan dan meningkatkan kesadaran untuk terus menjaga pola hidup agar selalu sehat. 

Bila diagnosa itu jatuh, temans tak perlu berkecil  hati. Dunia belum runtuh. Ada banyak cerita bahagia di luar sana dari para penyintas lainnya yang bisa hidup lebih baik setelah mendapat penanganan yang tepat. Selain itu temans bisa menjalani pengobatan kanker payudara di rumah sakit terbaik. Bila dirasa perlu harus berobat ke negeri tetangga Malaysia yang terkenal dengan pengobatan kanker payudara terbaik di Asia Tenggara. 

Tunjukkan dukungan untuk para penyintas dengan pingky promise

Pengobatan Kanker Payudara di Malaysia

Berobat ke Malaysia menjadi salah satu pilihan yang banyak diambil keluarga Indonesia termasuk dalam pengobatan kanker. Menurut mereka yang memilih berobat ke negeri jiran ini, Malaysia menjanjikan layanan dan penanganan yang lebih profesional. 

Dari cerita beberapa kenalan, mereka merasa tingkat kepercayaan pada rumah sakit di Malaysia lebih tinggi dari rumah sakit di Indonesia karena keramahan dan komunikasi yang diberikan dengan baik. Dibanding di Indonesia, menurut para kenalan ini, prosedur penanganan penyakit di Malaysia lebih transparan. Dari segi biaya pun relatif lebih murah dibanding layanan dan teknologi yang sama di beberapa rumah sakit tanah air. 

Berdasarkan hasil bincang-bincang dengan mereka yang terbiasa berobat ke Malaysia, berikut keunggulan berobat kanker payudara di Malaysia yang dirasakan:

  • Banyak dokter spesialis senior yang ahli dalam penanganan kanker.
  • Ada banyak pilihan rumah sakit yang bagus dalam pengobatan kanker.
  • Fasilitas pengobatan yang canggih 
  • Layanan yang ramah
  • Biaya relatif terjangkau

Beberapa rumah sakit untuk pengobatan kanker payudara di Malaysia yang sering menjadi rujukan pasien dari Indonesia adalah

– RS Mahkota Medical Centre di Melaka

– RS Sunway Medical Centre di Kuala Lumpur

– RS Loh Guan Lye di Penang

– RS Pantai Hospital di Kuala Lumpur

– RS Mount Miriam di Penang

 

 

Di Malaysia, ada banyak pilihan pengobatan yang bisa dipilih. Dan biasanya penentuan jenis pengobatan ini akan diketahui setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis. Jadi diagnosa dan penanganan dilakukan dengan pertimbangan yang tepat.

Nah dalam menentukan pengobatan ini nantinya akan ada penentuan berdasarkan berbagai pertimbangan seperti stadium kanker, tingkat perkembangan sel kanker, serta kondisi pasien. Ada pasien penyintas kanker yang juga memiliki penyakit bawaan sehingga penanganannya menjadi lebih khusus.

Beberapa penanganan kanker yang bisa didapatkan di Malaysia seperti lumpektomi atau operasi untuk mengangkat sel kanker/abnormal yang berada di payudara. Pengangkatan sel kanker  dilakukan oleh dokter spesialis bedah payudara. 

Bentuk penanganan lain yang bisa diambil dalam pengobatan kanker payudara di Malaysia adalah mastektomi atau biasa dikenal dengan pengangkatan payudara. Mastektomi dilakukan apabila sel kanker telah menyebar cukup signifikan di payudara. Tindakan inilah yang dulu dilakukan terhadap nenek kami, pengangkatan payudara. 

Untuk kasus tertentu dokter bisa menyarankan untuk melakukan kemoterapi. Kemoterapi merupakan pengobatan dengan mengandalkan obat khusus untuk menghancurkan serta  memperlambat perkembangbiakan sel kanker pada pasien. Pelaksanaan kemoterapi ini bisa dilakukan pada saat sebelum atau setelah operasi, sesuai kondisi pasien.

Pengobatan kanker payudara di Malaysia juga bisa dilakukan melalui radioterapi. Radioterapi merupakan pengobatan kanker payudara menggunakan radiasi dengan dosis tertentu yang dilakukan oleh dokter ahli. Beberapa rumah sakit di Malaysia yang memberi layanan radioterapi ini bisa ditemukan di beberapa RS di Penang, Melaka, dan Kuala Lumpur. 

Pinky Promise, Bergerak Bersama

Besarnya risiko kanker payudara untuk perempuan membuat kita harus bergerak bersama. Memberikan dukungan kepada seluruh penyintas kanker payudara agar tetap semangat dan optimis menjalani hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan turut terlibat dalam  campaign Pinky Promise With Malaysia Healthcare di Instagram.

Lewat ikut kampanye #PinkyPromise kita bisa berbagi cerita di media sosial instagram. Bersama menyebarkan semangat positif dan mendaftar pada program #PinkyPromiseWithMH.

Bagaimana cara ikut berpartisipasi dalam campaign Pinky Promise With Malaysia Healthcare 

* Follow akun @medtourismmy.id

  • Like postingan ini dan ajak 3 teman kamu dengan mention mereka di kolom komentar.
  • Upload foto / video dengan gesture ‘pinky promise’ di ig feeds / ig story menggunakan nuansa pink (background pink, baju pink, rambut pink, pita pink dll)
  • Tulis caption yang menginspirasi untuk memberikan dukungan pada penyintas kanker payudara seperti janji untuk hidup lebih sehat supaya terhindar dari kanker payudara, raise awareness & mengedukasi kanker payudara pada orang lain atau cerita pengalaman menjadi pejuang kanker payudara.
  • Sertakan hashtag #PinkyPromiseWithMH dan tag @medtourismmy.id + 3 orang teman
  • Postingan paling menarik akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 200.000,- untuk 10 orang pemenang.
  • Periode campaign 9 – 23 Oktober 2020.
  • Keputusan pemenang ditentukan oleh Malaysia Healthcare dan tidak bisa diganggu gugat.

 

Bagaimana, yuk ikutan. Oiya, semakin banyak atribut pink yang dikenakan, semakin besar kesempatan untuk menang.

 

 

 

25 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.