Ramadan Ekstra, Jurus Belanja Online Hemat Saat Puasa

 

Tak terasa, momen Ramadhan kembali hadir. Ini waktu yang sangat istimewa bukan? Selama Ramadan, mayoritas masyarakat Indoesia menjalankan ibada puasa satu bulan penuh.

Banyak hal isitimewa yang terjadi selama ramadan. Coba deh teman perhatikan, aneka jajanan cemilan dan minuman tiba-tiba melimpah di mana-mana selama bulan puasa. Ada juga yang hanya dijual selama bulan puasa saja.

Berbagai aktivitas juga terjadi selama puasa. Masjid dan mushola yang biasanya anyep jadi semarak. Riuh dan diramaikan dengan suara orang tadarus pagi dan petang. Anak-anak yang biasanya sore keluyuran entah ke mana mendadak jadi anak rumahan, duduk manis di rumah menunggu bedug tiba.

Ya. Ramadahan memang istimewa. Tapi yang tak kalah bahwa pada bulan ramadhan semua juga jadi ekstra. Ibu-ibu jadi memasak ekstra untuk kebutuhan sahur dan berbuka. Anak-anak punya waktu ekstra untuk tadarus di mushola. Dan yang tak kalah penting, selama ramadhan orang-orang juga mengeluarkan biaya ekstra.

Biaya ekstra yang ditimbulkan selama ramadan tak hanya untuk memenuhi kebutuhan harian. Tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran. Karena itu perlu jurus khusus agar bisa menghemat pengeluaran selama puasa.

Salah satu cara berhemat dalam belanja adalah berbelanja online. Selain hemat waktu dan tenaga, belanja online juga bisa lebih hemat karena berbagai promo dan diskon yang diberikan. Di Tokopedia misalnya, untuk menyemarakkan bulan suci ramdahan, terdapat program Ramadhan Ekstra.

 

 

Nah biar program penghematan selama Ramadhan berjalan sesuai rencana, berikut tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :

 

1. Awali dengan Window Shopping

Sama halnya saat berbelanja offline di toko, belanja online juga butuh window shopping dulu. Asyinya belanja online ya mau keluar masuk banyak toko ga berasa capek. Paling jadi lupa waktu aja deh karena ternyata semuanya menarik.

Selain memilih barang yang disuka, saat window shopping jangan lupa bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia ya. Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah.

Biar menghemat waktu, cukup cari produk yang dibutuhkan. Ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Agar bisa menghemat pengeluaran saat belanja online selama Ramadan, kita bisa memilih produk dengan harga tepat serta spesifikasi yang sesuai.

 

2. Pilih produk berkualitas

Agar Ramadan Ekstra menjadi makin istimewa pilihlah barang dengan kualitas bagus. Kita bisa memilih berdasarkan bahan dan model yang ditawarkan. Pemilihan bahan akan menentukan kualitas pembuatan produk. Jadi jangan hanya terpancing harga ya. Kadang kita bisa mendapatkan barang berkualitas bagus dengan harga murah.

 

3. Pilih Produk kreator lokal

Hampir semua kita mau mendapatkan barang bagus bukan? Nah membeli barang yang bagus bukan berarti harus selalu dengan memilih barang branded dengan harga wow lho. Di Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap terdapat koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia.

Berbelanja pada kreator lokal biasa akan memberi keuntungan tambahan. Dari segi harga, produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring. Dan lebih senang lagi karena membeli produk kreator lokal secara tidak langsung kita memberi apresiasi dan dukungan pada industri kreatif tanah air.

 

4. Cari toko online terdekat

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Yap. Bahkan pernah lho saya membeli barang yang nilai ongkos kirimnya sama besar dengan harga barang,

Bagaimana ya agar bisa hemat ongkos kirim? Kita perlu memilih toko online yang berlokasi paling dekat dari rumah  kita untuk mengurangi ongkos kirim. Di Tokopedia, temans dapat mencari tahu lokasi toko online secara detail sehingga bisa memilih toko online yang lokasinya terdekat.

 

5. Pilih pembayaran yang tepat

Semua yang sudah belanja di tokopedia pasti merasakan kemudahan berbelanja online di Tokopedia saat melakukan pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket.

Buat yang punya tokocash atau saldo tokopedia belanja akan lebih mudah karena tak perlu repot pergi ke atm atau minimarket. Dan buat yang kebetulan sedang punya uang di rekening bisa memilih pembayaran lewat minimarket seperti indomaret dan alfamaret.

Bila temans sudah memilih cara pembayaran yang sudah disesuaikan dengan kondisi tentu akan menghemat pengeluaran ketika berbelanja online.

 

6. Tentukan mode pengiriman yang pas

Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman. Tak hanya pengiriman secara konvensional melalui ekspedisi, kita juga bisa memilih pengiriman melalui jasa transportasi online. Jadi pas banget buat temans yang membeli barang dari toko yang lokasinya dekat dan sudah tersedia sarana transportasi online.

Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada. Selain kualitas jaminan, pilihlah ekspedisi terpercaya yang memberikan jaminan harga lebih murah pula.

 

7. Manfaatkan promo dan diskon

Saat Ramadan biasanya ada banyak promo serta diskon di Tokopedia. Akan lebih menyenangkan bila temans bisa memanfaatkan momen ini agar mendapatkan hasil maksimal. Promo dan diskon akan memberi keuntungan besar untuk menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

 

Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Menikmati rangkaian promo selama  bulan Ramadan bisa membuat  Ramadan kali ini jadi makin Ekstra.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Sama halnya dengan festival belanja online saat “Black Friday”, kejutan seperti apa ya yang bisa  memberi pengalaman belanja online saat Ramadan Ekstra ini jadi lebih special?

Duh saya jadi tak sabaran menunggu promo Ramadan Ekstra di Black Friday Tokopedia. Berharap nanti ada flash sale hingga 50 persen untuk kebutuhan rumah tangga dan pakaian. Kan asyik jadinya bisa memborong beberapa keperluan lebaran.

Atau kalau tidak bisa juga nanti ada flash sale bagi2 diskon voucher hiburan. Jadinya lebaran bisa ajak anak-anak main hemat dengan beli voucher di tokopedia. Ah tak sabar menunggu waktunya tiba.
Lingkarin kalender dari sekarang ah biar ga lupa. 🙂

Selamat menyambut puasa ya temans….

🙂

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.