Cerdas Memilih Susu Terbaik untuk Anak

 

Hanya yang terbaik untuk mendapatkan hasil terbaik

***

Memiliki anak yang cerdas dan pintar. Hmm, rasanya ini sudah jadi impian semua orang tua ya. Dan tentu saja semua berharap agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan si kecil. Selain asupan saat ibu hamil, asupan ketika sudah lahir ke dunia pun sangat menentukan. Dan nutrisi pertama yang didapatkan si kecil setelah lahir berasal dari Air Susu Ibu. Itulah kenapa, saat lahir anak perlu  mendapatkan susu bayi terbaik yang mampu menunjang tumbuh kembang sang buah hati.

Hasil dari berbagai studi menunjukkan susu terbaik untuk bayi adalah Air Susu Ibu. ASI mengandung zat baik yang sulit ditemukan padanannya dari sumber makanan lain. ASI juga mengandung imun yang sangat baik dan diperlukan tubuh anak. Itulah kenapa, ASI menjadi makanan rekomendasi satu-satunya yang perlu diberikan pada bayi hingga berusia 6 bulan.

Meski begitu, pada kasus tertentu dan tentu saja melalui pertimbangan medik, terdapat beberapa bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI secara penuh selama 6 bulan. Dan seharusnya, keputusan untuk memberikan susu tambahan atau biasa disebut susu formula diambil sebagai pilihan terakhir dan di bawah pengawasan ketat tenaga medis.

Pemberian susu formula merupakan upaya dari orang tua untuk memastikan terpenuhinya asupan nutrisi pada si kecil. Kecukupan nutrisi merupakan kunci utama dalam mendukung tumbuh kembang dan perkembangan kecerdasan anak. Dalam keadaan normal, pemberian susu formula pada anak baru disarankan saat si kecil sudah berusia di atas 2 tahun.

Saat ini ada banyak merek serta jenis susu anak yang tersedia di pasaran. Para orang tua biasanya bisa dengan mudah mendapatkannya di toko dan pasar. Bahkan, susu formula kini juga bisa dibeli dengan mudah secara online. Berbagai merek yang tersedia memberi kesempatan bagi para orang tua memilih susu terbaik sesuai kebutuhan anak dan kemampuan keuangan keluarga.

 

ilustrasi : keceriaan anak

 

Sebelum memutuskan membeli susu formula dengan merek tertentu, ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa hal. Sebab, pemilihan susu formula yang tepat bisa membantu terpenuhinya kebutuhan nutrisi dan gizi si kecil dengan baik.

Berikut beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan saat memilih susu formula untuk si kecil

  1. Pastikan bahwa orang tua tetap mengupayakan pemberian ASI sampai si kecil berusia 2 tahun. Sebab ASI merupakan sumber gizi dan nutrisi terbaik yang diperlukan tubuh.
  2. Saat memilih susu bubuk, pastikan kita mengetahui kandungan nutrisi sertab gizi yang tedapat dalam merek yang dipilih.
  3. Pastikan susu yang dipilih bisa menunjang pertumbuhan pada otak dan kecerdasan bayi.
  4. Pilih susu yang mengandung protein, gizi, nutrisi, karbohidrat, dan vitamin yang sesuai dengan kondisi anak. Hal ini penting diperhatikan karena pada beberapa anak terdapat potensi alergi yang membuat ia tidak cocok dengan salah satu bahan yang terkandung dalam susu formula yang dipilih.

 

Mendapatkan susu formula saat ini memang mudah. Meski begitu memilih susu yang terbaik tidaklah mudah. Justru karena banyak pilihan membuat jadi bingung sendiri saat memilih mana susu formula yang tepat buat anak. Selain itu perlu diperhatikan bahwa pemberian susu formula dilakukakan dengan tujuan memastikan kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi. Jadi susu formula adalah pelengkap.

Para orang tua tidak boleh hanya mengandalkan kecukupan nutrisi anak pada susu formula semata. Sangat penting tetap memberikan makanan dengan menu gizi seimbang setiap hari. Karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan gizi lain yang dibutuhkan tubuh anak untuk kecerdasan otak dan tumbuh kembang sangat dibutuhkan setiap hari. Dan sumber gizi baik ini bisa didapatkan dari makanan sehari-hari.

Untuk memudahkan para orang tua, saat ini pembelian susu formula bisa dilakukan secara online. Saya sendiri biasanya membeli susu melalui online bila tidak dalam keadaan mendesak. Bila beruntung, biasanya membeli secara online kita bisa menemukan harga yang murah dibanding saat membeli ofline. Apalagi bila sedang di musim promo seperti akhir tahun atau hari besar agama.

Membeli susu formula melalui online biasanya dilakukan berbarengan saat membeli kebutuhan rumah tangga lain. Selain murah, pembelian online juga menghemat waktu banyak. Jadi kita tetap bisa melakukan aktivitas lain tanpa perlu capek ke minimarket atau mall. Namun, berbeda dengan membeli kebutuhan rumah tangga, membeli susu formula harus ekstra cermat.

Para orang tua tentu saja tidak mau upaya memberikan nutrisi terbaik untuk si kecil justru berbuah tidak baik karena tidak tepat dalam memilihkan susu formula. Karena itu jangan malu untuk membaca label kandungan yang tertera pada kemasan susu formula yang dipilih. Hal ini penting karena saat ini begitu banyak merek susu formula yang beredar di pasaran.

Dan bila masih merasa kebingungan dalam memilih susu terbaik untuk anak, tak ada salahnya meminta saran pada dokter anak. Temans bisa juga mencari referensi dari teman, saudara atau sahabat  yang berpengalaman dalam pemilihan susu terbaik untuk bayi.

 

 

 

:_)

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *