Ini Dia Investasi Recommended untuk Papa Masa Kini

 

Investasi merupakan cara paling aman untuk melindungi masa depan.

***

 

Bila biasanya DuniaBiza ngomongin soal Moms, sesekali boleh dong cerita soal Papa. Ini terinspirasi dari obrolan saya dan suami beberapa waktu lalu tentang makin besarnya tanggung jawab Papa sebagai kepala keluarga di zaman sekarang. Salah satunya adalah urusan investasi.

Urusan investasi ini menjadi makin penting karena makin besarnya kebutuhan zaman sekarang. Dan dari hitung-hitungan kami biaya yang akan menjadi sangat besar itu adalah urusan dana pendidikan anak-anak. Bila dikalkulasi, biaya pendidikan untuk kuliah anak-anak pada 15-20 tahun mendatang akan terkena biaya 10 kali lipat.

Mengatasi peningkatan beban ini, maka berinvestasi menjadi pilihan tepat. Investasi akan menyelamatkan tergerusnya uang karena inflasi yang tak terbendung. Investasi juga menjadi penting mengingat kebutuhan jangka panjang yang banyak. Apalagi kebutuhan jangka pendek juga nilainya terus meningkat.

Bayangkan bila tak berinvestasi dari sekarang untuk pendidikan anak-anak. Hmmm, bisa-bisa nanti akan kelabakan dan (jangan sampai) anak putus sekolah. Karena itu, hampir semua konsultan keuangan akan menyarankan para papa masa kini untuk memulai investasi sejak dini.

 

 

Lalu investasi apa yang tepat untuk Papa masa kini? Berikut beberapa alternatif yang bisa dipilih:

  1. Investasi jangka pendek

Kebutuhan mendadak dan darurat adalah hal yang kerap datang silih berganti tanpa bisa diprediksi. Berinvestasi jangka panjang memang diperlukan, namun investasi jangka pendek juga tak kalah pentingnya.

Investasi jangka pendek ini harus dipilih dengan likuiditas tinggi meski return tidak banyak karena fokus utamanya adalah untuk dana cadangan. Selain tabungan, investasi jangka pendek juga bisa dalam bentuk obligasi atau deposito. Dengan deposito uang bisa dititipkan ke perbankan hanya dalam waktu pendek saja mulai dari 3 bulan.

 

  1. Investasi jangka panjang

Berinvestasi untuk jangka panjang sangat baik dilakukan sejak muda. Saat anak-anak masih kecil.  Hal ini lantaran tak hanya untuk persiapan saat ini saja melainkan perencanaan keuangan di masa depan yang maksimal.

Berikut ini beberapa jenis instrumen mudah untuk berinvestasi jangka panjang yang akan menguntungkan:

 

  • Properti

Bagi pemilik modal cukup besar, berinvestasi dalam bentuk properti akan membuat seseorang mendapat keuntungan berlipat di jangka panjang. Tak melulu harus dijual karena kita bisa menyewakan properti tersebut misalnya untuk rumah sewa, homestay hingga kos-kosan.

Melalui investasi property, seseorang bisa mendapat penghasilan pasif secara bulanan. Belum lagi nilai properti yang terus menerus merangkak naik sehingga sangat menguntungkan di jangka panjang secara maksimal.

 

  • Emas

Emas adalah jenis instrumen termudah untuk berinvestasi. Belilah emas di masa kini dan tunggu hingga 10 sampai 15 tahun ke depan. Bisa dipastikan jika harga emas tersebut akan naik sehingga menguntungkan.

Investasi emas juga terbilang mudah karena kita tak perlu mengurus emas tersebut. Cukup menyimpan di tempat aman sehingga bisa dimanfaatkan di masa depan ketika dibutuhkan.

 

  • Reksadana

Selanjutnya adalah berinvestasi dalam bentuk reksadana. Investasi di reksadana kini menjadi lebih mudah karena sudah tersedia di berbagai toko online khusus reksadana. Kita bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mengingat reksadana memiliki beberapa jenis yang berbeda.

Untuk jangka panjang, reksadana saham merupakan pilihan yang recommended. Apalagi bila investasi akan dilakukan untuk jangka waktu 15 tahun. Keuntungan investasi reksadana saham biasanya akan meningkat drastis.

 

Itulah beberapa pilihan investasi yang bisa dipilih papa masa kini. Mengingat sosok seorang papa adalah teladan dan contoh dalam keluarga, maka finansial pun harus tegak. Bila tidak seluruh keluarga juga akan dalam masalah.

Tanggung jawab seorang Papa memang berat dan amat besar, namun segala hal tetap bisa untuk direncanakan, termasuk urusan keuangan. Lakukan investasinya sejak dini sehingga para papa bisa menuai hasilnya di masa mendatang dengan lebih maksimal.

So, sudahkah para papa masa kini berinvestasi? 🙂

 

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *