5 Jurus Irit Belanja Perlengkapan Bayi Online ala DuniaBiza

 

Kalau disuruh belanja online dengan budget Rp 100 ribu, menurut temans asyik ga si? Hmm pasti pada mikir kan.  Hari gini, belanja online 100 ribu paling dapat capeknya doang?

 

***

 

Eitss tunggu dulu. Jangan buru-buru angkat bendera putih ya. Kalau tidak temans bakalan nyesel. Seperti yang nyaris saya rasakan karena sudah underestimate duluan.

Jadi ceritanya bulan Agustus ini baby Arsyad masuk usia 6 bulan. Itu artinya ia siap dengan makanan pertamanya setelah enam bulan penuh hanya mendapat ASI. Yeyy… Sebagai momy tugas utama saya adalah menyiapkan segala kebutuhan MPASI Arsyad..

Berhubung food maker lungsuran dari Zizi sudah tak tahu lagi di mana rimbanya, jadilah saya harus membeli yang baru. Waktu mengajukan proposal pada pak misua, dia sih langsung iyain aja. Tapi ada catatannya.

 

“Beli online aja ma, biar gampang. Tapi budgetnya seratus ribuan aja ya.”

 

Nah ini dia. Seingat saya, dulu waktu beli food maker untuk kakaknya Zizi harganya sekitar Rp 95 ribuan. Ditambah dengan ongkos kirim, lewat deh dari budget yang disetujui suami. Belum lagi kemungkinan ada kenaikan harga karena inflasi.

 

Baby Arsyad tak sabar mencoba MPASI

 

Dalam keadaan setengah menyerah itu, saya ingat sering dapat surel dari beberapa online store. Salah satu email yang menarik perhatian itu adalah email berisi promo Garansi Harga Termurah, Uang Kembali 2x Lipat” dari e-commerce Shopee Indonesia.

Promo Garansi Harga Termurah memungkinkan pembeli membandingkan harga dalam kategori berstempel garansi harga termurah dengan barang sejenis di e-commerce lain. Bila bisa mendapatkan harga lebih murah, bakal mendapat uang kembali dua kali lipat.

Pucuk dicinta si ulam tiba. Pas saya lagi mau nyari food maker untuk Arsyad dengan budget terbatas, pas bisa berkesempatan dapat hadiah. Ya kali, iseng bisa ketemu harga murah di ecommerce lain. Sekaligus menggunakan bakat terpendam, menjadi #pejuangirit. Hihii. 🙂

Setelah klik sana sini, akhirnya saya menemukan Food Maker murah meriah tapi bagus. Bagus karena punya SNI dan Free BPA. Namanya Kiddy Food Maker 7 in 1.

Dan setelah membanding-bandingkan ketemunya yang paling murah ya di Shopee. Kembali lagi deh ke awal. Harga di Shopee tetap paling murah. Bayangkan saja, saya bisa mendapatkan food maker baby di bawah Rp 20 ribu. Woww..

 

 

Yap, Harga di Shopee memang paling murah. Jadi, meski gagal dapat hadiah berlipat, saya tetap sumringah karena dapat harga termurah. Bisa beli banyak pula.

Beneran beli banyak lho. Mulanya saya hanya berniat beli satu. Sekarang  malah dapat ENAM barang.

Ini namanya sekali merangkuh dayung dua pulau terlampaui.  Saya senang sebab bisa melewati tantangan yang diberikan suami. Ini dia 6 Barang yang akhirnya masuk keranjang belanja di Shopee. 🙂

 

Hasil jelajah Shopee, budget irit hasil selangit

Well. Jadi sebenarnya apa ya rahasianya. Kok uang seratus ribunya jadi menghasilkan banyak. Penasaran kan..kan,…Yuks mari saya bocorkan. 🙂

Ini dia 5 Jurus menjadi #PejuangIrit ala DuniaBiza 🙂 

 

  1. Tentukan tujuan dan durasi penggunaan barang

Sebelum membeli sesuatu, penting memastikan spesifikasi barang yang diincar. Bila barang yang dibeli akan dipakai dalam waktu lama, akan lebih baik beli barang branded. Bukan karena mereknya juga sih, itu karena saya percaya ada harga ada kualitas.

Begitu juga dengan durasi pakai. Barang branded biasanya lebih tahan. Namun untuk barang yang hanya sesekali dipakai atau hanya dipakai dalam jangka waktu pendek sebaiknya beli yang murah saja.

Contohnya food maker yang saya beli. Karena hanya akan dipakai dalam kurun 3-4 bulan saja jadi bisa deh pilih yang murah tapi meriah. Selama standar produk dasar terpenuhi seperti SNI dan BPA Free.

  1. Beli saat hari khusus

Berbagai e-commerce biasanya rajin memberikan bonus pada hari tertentu. Misalnya hari kemerdekaan, lebaran, tahun baru. Nah pada saat momen tertentu ini biasanya harga-harga akan turun drastis. Atau temans bisa juga membeli di saat Hari Belanja Online Nasional.

 

 

  1.  Masuk ke situs Shopee Indonesia dan Pilih barang di etasale harga termurah

Setelah menentukan barang yang akan dibeli yaitu food maker baby, saya langsung menuju ke Shoppe ke menu perlengkapan bayi. Tujuannya untuk perbandingan awal, plus sekalian mau memastikan spesifikasi untuk mencari di e-commerce lain.

 

  1. Bandingkan barang dengan tipe dan spesifikasi yang sama di beberapa toko online

Repot memang. Tapi kenapa tidak bila ingin dapat harga yang murah. Toh kalau bisa ngirit yang untung kita juga kan. Nah untuk perbandingan ini bisa lho mampir pada toko online sejenis. Misal untuk sesama toko online yang menjual barang sama. Namun pengalaman saya yang termurah ya di Shopee.

 

  1. Dapatkan gratis ongkos kirim

Ini nih temans yang perlu diperhatikan juga, Di Shopee Indonesia ada kesempatan mendapatkan fasilitas gratis ongkos kirim. Syaratnya belanja dengan harga tertentu di toko yang sama. Lumayan lho, sebab kadang ongkos kirim ini bisa besar sekali.

Promo ongkos kirim gratis ini biasanya baru diberikan setelah belanja mulai dari Rp 40 ribu tergantung toko onlinenya. Di tempat saya belanja food maker untuk Arsyad, gratis ongkos kirim baru diberikan setelah belanja Rp 90 ribu. Jadi biar makin irit saya pun belanja deh memenuhi kuota.

 

 

Nah, jadi lebih murah kan? Bagaimana? Apakah tertarik mencoba?

Selamat berburu barang belanjaan murah dan irit ya.

 

🙂

 

 

 

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *