Asyiknya Dukung si Kecil Jadi Juara Hebat Kebaikan

 

Karena setiap anak istimewa. Bantu ia menemukan kebaikan dalam dirinya.

 

***

Nuansa orange, menyambut kedatangan kami ketika sampai di restoran Patio Trattoria & Pizzeria di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu, 17 Juni lalu. Hari ini saya dan keluarga akan menghadiri undangan Blogger Family Gathering yang diadakan oleh Bebelac.

Karena acaranya adalah family gathering, so pasti kami datang dengan kekuatan penuh. Ada saya, suami, Bintang, Zizi dan Baby Arsyad. Senang banget bisa hadir karena jarang banget squad DuniaBiza bisa datang full dalam suatu acara.

Di meja panitia, kami diminta registrasi. Lalu diberi dua crayon dan buku mewarnai. Selain crayon dan buku mewarnai, kami juga diberi dua kertas berbentuk love.

“Ibu silakan tuliskan kebaikan yang sudah dilakukan si kecil selama bulan ramadhan ini.”

Wooohooo. Disuruh menulis kebaikan Bintang selama Ramadhan saya jadi bersemangat. Apalagi selama Ramadhan ini si sulung memang sering saya dapati berbuat kebaikan. Pada temannya dan juga pada beberapa tetangga.

Berhubung, hari itu saya akan menuliskan pengalaman Bintang, sebelum mengisi, saya berdiskusi dulu dengan si sulung.

Selama ini saya selalu berusaha melibatkan Bintang dalam beberapa hal yang berkaitan dengan dirinya. Hal ini untuk melatih tanggung jawab dan kepedulian si kecil akan lingkungannya.

“Bintang kemarin sudah membantu siapa?”

“Bantu abang, Bintang bantu mama juga,” ujar Bintang semangat.

Oh iya. Saya jadi ingat. Hari sebelumnya Bintang memang membantu saya mengantarkan takjil pada tetangga. Waktu itu ia bersemangat membantu. Apalagi takjil itu akan diantar ke rumah abang sahabatnya.

“Bintang bisa. Bintang aja,” ujar si sulung menawarkan bantuan.

Jawaban Bintang langsung saja deh saya masukan dalam list. Tak lupa saya tuliskan kebiasaan Bintang membantu teman-teman bermainnya.

 

Papan catatan kebaikan si kecil

 

Setelah urusan di meja depan selesai, kami masuk ke dalam. Asyik… Sudah banyak teman-teman blogger dan keluarga di sana. Saya langsung berinteraksi dengan beberapa yang dikenal. Nah serunya, panitia juga menyediakan arena bermain buat anak. Di area bermain, si kecil juga bisa berinteraksi dengan anak-anak dari panti asuhan yang diundang.

Kami pun berpisah. Saya dan Arsyad memilih tempat duduk untuk mengikuti seminar, sedangkan Bintang, Zizi dan suami langsung menuju arena bermain. Bintang senang berada di sana. Selain bermain, ia juga bisa ngobrol dan berinteraksi dengan abang dan kakak yang ada di sana.

 

Dukung si Kecil Menjadi Juara Hebat Kebaikan

 

Workshop juara hebat kebaikan

 

“Menjadi juara hebat kebaikan”. Itulah hal baik yang ingin disebarkan oleh Bebelac Indonesia pada Ramadhan kali ini. Bagi Bebelac, momen Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk mengajak buah hati memaknai nilai-nilai kebaikan. Juara Hebat Kebaikan juga bertujuan mendukung para Ibu dalam memberikan stimulasi yang tepat kepada sang buah hati agar ia menjadi anak hebat.

Menanamkan kebaikan pada anak menjadi lebih penting karena nilai kebaikan yang ditanamkan sedari dini akan membantu menumbuhkan kecerdasan emosional buah hati. Kemampuan berbuat baik sejak kecil merupakan basis agar kelak anak mampu berinteraksi dalam cara positif, tidak agresif, dan kooperatif bersama orang lain di sekitarnya.

Selain perwakilan dari Bebelac, saat family gathering saya juga dapat banyak pencerahan mengenai cara menumbuhkan semangat menebar kebaikan pada si kecil dari Mbak Binky Paramitha, psikolog dari Rumah Dandelion.

Menurut Mbak Bingky, untuk bisa menjadikan anak juara hebat kebaikan, orang tua khususnya ibu harus menumbuhkan keseimbangan kecerdasan intelektual dan emosional anak. Para orang tua juga perlu mengajarkan nilai-nilai kebaikan untuk membentuk karakter anak yang hebat.

 

“Dengan pendampingan dari Ibu, anak bukan hanya diberikan kesempatan untuk berbuat kebaikan sesuai dengan inisiatifnya tetapi juga merasa mendapatkan apresiasi sehingga mereka semakin termotivasi dari dalam diri untuk melakukan perbuatan baik setiap hari.”

Binky Paramitha, psikolog dari Rumah Dandelion

 

Hmmm…, ternyata program Juara Hebat Kebaikan ini banyak sekali ya manfaatnya. Orang tua jadi berkesempatan membangun bonding yang lebih besar dengan anak. Juga secara alamiah mengajarkan mereka untuk berbagi dan berempati.

 

 

Nah, menurut Mbak Bingky, ada  beberapa tips yang bisa Moms and Dads lakukan untuk menstimulasi si kecil menjadi Juara Hebat Kebaikan. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah

 

1, Menumbuhkan Percaya Diri Anak

Menumbuhkan percaya diri anak akan membuat mereka terbiasa melakukan berbagai hal sendiri. Anak mandiri akan membuat mereka semakin peduli dengan lingkungan. Karena ia sudah bisa melakukan berbagai hal sendiri, ia akan lebih mudah memberi bantuan pada teman dan orang sekitar untuk melakukan hal-hal yang sudah ia bisa.

Cara menumbuhkan percaya diri ini misalnya dengan melibatkan si kecil dalam pekerjaan rumah tangga. Membiasakan ia mengurus diri sendiri seperti memasang sepatu, makan, dan mengambil kebutuhan dan mainan sendiri. Bila ia sudah terbiasa, ia akan dengan mudah memberi bantuan pada teman yang ia lihat kesulitan melakukan hal kecil.

 

  1. Membiasakan anak berkolaborasi

Membiasakan si kecil berkolaborasi akan mendorong si kecil mengambil peran untuk melakukan hal-hal yang dia bisa. Hindari anak untuk berkompetisi sehingga ia menjadi lebih punya empati dengan lingkungan.

 

  1. Transfer nilai baik berupa percakapan sederhana

Percakapan sederhana ini misalnya dengan membacakan buku cerita yang berisi nilai kebaikan. Lalu ajak si kecil memahami dan mengerti alasan kenapa ia harus berbuat baik.

 

  1. Beri si kecil kesempatan menyampaikan pendapatnya

Si kecil yang dibiasakan terlibat dalam pekerjaan kecil biasanya akan lebih terdorong untuk menyampaikan pendapatnya. Misalnya ketika ia melihat ada temannya yang kesusuhan ia akan spontan berkata. “Kasian, sini aku bantu.’

Setelah ia menyampaikan kebaikan, jangan lupa ya Moms and Dads untuk mengapresiasi setiap kebaikan kecil yang ia lakukan. Apresiasi bisa dengan pujian agar ia lebih bersemangat untuk melakukan kebaikan lagi di masa selanjutnya.

Oya, tak hanya soal pendampingan, menumbuhkan anak cerdas juga tak lepas dari nutrisi dan asupan yang didapat si kecil. Karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk selalu memperhatikan kecukupan gizi si kecil. Anak cerdas, sehat dan kuat akan terwujud dengan pendampingan yang tepat dan juga pemenuhan gizi yang baik.

 

4 Manfaat utama nutrisi untuk anak hebat

 

 

Tips-tips yang disampaikan Mbak Bingky ini menurut saya ngena banget dan terbukti efektif mendorong si kecil untuk berbuat kebaikan. Dan baru saja disampaikan, saya langsung merasakan mafaatnya.

Ketika acara hampir selesai, tiba-tiba si sulung Bintang datang menghampiri saya dan Arsyad. Ia lalu menanyakan crayon dan buku mewarnai pada saya.

“Tadi kan sudah mama kasih Bintang,” ujar saya.

“Yang satu lagi ma. Yang buat abang. Mama lupa ya?” ujar Bintang.

Nah benar, saya hampir saja lupa. Saya lalu menyerahkan crayon dan buku mewarnai itu. Dan tanpa diduga, bintang lari menemui salah satu abang dari panti asuhan dan memberikan crayon dan buku.

Tak lama setelah itu, acara pun dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Kami para blogger dan keluarga yang hadir diperkenankan makan bersama. Tentu saja juga bersama anak-anak dari panti asuhan yang diundang.

 

Bintang memberikan crayon

 

Di rumah, seperti yang disampaikan Mbak Bingky, saya mendiskusikan lagi beberapa hal yang kami lakukan selama Family Gathering. Tak lupa saya bertanya mengenai crayon dan buku mewarnai yang diberikan Bintang pada salah seorang abang.

Rupanya Bintang bersemangat memberikan crayon itu karena saat di tempat bermain yang disediakan panitia, Bintang melihat abang dari panti asuhan itu kehabisan crayon mereka. “Crayon abangnya habis. Bintang kasih punya Bintang aja deh,” ujar Bintang.

Saya takjub dengan jawaban si kecil. Tak sekadar menunjukkan aksi kebaikan, ia juga sangat paham alas an dan untuk apa dia harus berbuat kebaikan. Terima kasih Nak!

 

Pengalaman menghadiri family Gathering Bebelac kemarin banyak banget memberikan manfaat buat saya dan keluarga. Anak-anak, Bintang, dan Zizi puas bermain dan bereksplorasi. Yang membuat saya senang mereka bisa berinteraksi dan belajar empati.

Yang tak kalah bikin senang adalah si Baby Arsyad yang kompak banget dan senang ikut acara. Si bungsu tak terlihat bosan mengikuti semua rangkaian. Semoga nanti bisa merasakan lagi keseruan acara bareng Bebelac.

 

Serunya Family Gathering Bebelac

Yuk, Ajak Si Kecil Jadi Juara Hebat Kebaikan

Anak-anak selalu punya banyak kejutan ya. Termasuk juga dalam hal berbagi dan berempati terhadap lingkungan sekitar. Apalagi pas Ramadhan dan menjelang lebaran seperti sekarang. Saya yakin Moms and Dads punya segudang cerita mengenai kebaikan si kecil.

Di rumah, Bintang misalnya suka bermain bersama Zizi dan Arsyad. Bintang juga suka membantu teman dan meminjamkan mainan dengan temans. Hal lain, si kecil juga suka membantu mengusir ayam kalau bermain di teras. Ada banyak cerita kebaikan si kecil yang bisa moms and dads ceritakan.

 

Yuk Jadi Juara Hebat Kebaikan

 

Yuk, share cerita si kecil dan menjadi bagian dari aksi Juara Hebat Kebaikan. Caranya, Moms and Dad tulis dan kirimkan cerita disertai foto dan video si kecil saat melakukan kebaikan pada website www.bebeclub.co.id/juarahebatkebaikan.

Selain bisa berbagi cerita, untuk setiap aksi kebaikan yang ditulis, kita juga sudah berpartisipasi dalam memberi donasi pada anak panti asuhan. Dan serunya lagi, ada hadiah menanti. Moms and Dads berkesempatan mendapatkan hadiah gadget dan perjalanan wisata bersama keluarga. Seru kan.

Kegiatan ini akan berlangsung sampai 30 Juni 2017 ini. Biar ga ketinggalan, yuk langsung aja berbagi cerita di sana, Kalau mau dapat ide, berikut ini video kebaikan si kecil yang sudah kami upload.

 

 

Ini juga ada video saat Bintang membantu menyiapkan buka puasa bersama warga. 

 

Oke. Selamat berbagi cerita ya…

🙂

 

 

 

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
11 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *