Menentukan Sofa untuk Rumah Minimalis

Punya rumah minimalis, propertinya pun harus minimalis. 🙂

***

Setengah tahun pindah ke rumah baru, membuat list daftar barang rumah tangga impian makin panjang. Salah satu yang nangkring di daftar tunggu adalah sofa.

Sejak dulu, saya berharap minimal bisa punya rumah lengkap seperti rumah orang tua di kampung, ada sofa, lemari, bofet, rak buku, dan beberapa properti lain. Nah karena rumah kami sekarang konsepnya minimalis, otomatis property yang dibutuhkan pun juga yang minimalis.

Yup. Ketika memutuskan membeli rumah minimalis, biasanya kita harus menyesuaikan desain interior rumah menjadi minimalis pula. Selain agar konsepnya sesuai, hal ini dilakukan agar suasana di dalam rumah tidak terlalu sempit atau padat.

Salah satu furniture yang memegang peranan penting dalam hasil akhir interior rumah adalah sofa. Saat ini ada banyak pilihan sofa di pasaran. Mulai dari yang berharga mahal hingga murah, dengan warna bervariasi dari hitam hingga merah. Dari ukuran kecil hingga besar, dan bahan dari yang halus hingga kasar.

Banyaknya pilihan jangan sampai membuat kita bingung ya. Untuk itu, berikut beberapa tips membeli sofa untuk rumah minimalis.

 

  1. Pilih Bentuk yang Sesuai

Sofa yang dijual di pasaran  hadir dalam berbagai bentuk. Pilihlah bentuk yang sesuai dengan konsep yang diinginkan, atau dengan bentuk dan ukuran ruangan.

Sofa dengan bentuk huruf L biasanya menjadi pilihan banyak orang. Ada pula sofa memanjang ukuran 3 orang yang biasanya ditambah dengan sofa satuan. Sofa untuk rumah minimalis biasanya mengandalkan konsep garis horizontal dan vertical. Karena itu, pastikan sofa yang dipilih tak menyita ruang.

  1. Warna yang Tepat

Sofa yang kita beli haruslah sesuai dengan suasana rumah yang ingin diciptakan. Misalnya, ketika ingin menampilkan konsep retro, pilihlah warna yang cocok seperti hitam atau putih. Yang terpenting, pilih warna yang sesuai dengan keinginan karena sofa akan menjadi furniture untuk waktu lama.

 

ilustrasi pixabay

 

  1. Pastikan Mengukur Ruangan dan Sofa

Sangat penting mengukur sofa yang akan dibeli sebelum diboyong pulang. Terutama untuk rumah bertipe kecil seperti rumah minimalis. Jangan sampai, sofa terbeli justru tak bisa masuk ke rumah atau tak pas ketika diletakkan di ruang tamu.

Pastikan temans membeli sofa dengan ukuran yang cocok dengan ruangan. Jangan sampai sofa yang dibeli terlalu besar sehingga membuat ruangan terasa sempit. Atau terlalu kecil sehingga tidak cukup menampung  banyak orang.

Pastikan juga ukurannya sesuai dengan furnitur lain seperti meja, karpet, atau lemari. Tujuannya agar ketika dipakai tak jemplang dan klop.

 

  1. Gunakan Bahan yang Pas

Pilihlah material sofa yang cocok dengan kondisi rumah. Misalnya, jika kita memiliki anak berusia 5 hingga 10 tahun, ada baiknya membeli sofa yang berbahan kulit atau vinyl. Hal ini agar memudahkan saat membersihkan sofa.

Jika kita tinggal dengan orang dewasa, pilihan sofa bermaterial halus dan lembut bisa dijadikan pilihan. Bahan yang halus akan membuat kita lebih nyaman duduk di atasnya.

 

Nah itu dia temans beberapa tips dari saya.

Selamat memilih sofa idaman.

 

 

 

 

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *