Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi

 

Beberapa waktu lalu, saya sekeluarga berkunjung ke salah satu perguruan tinggi. Ups, yang pasti bukan untuk mendaftarkan Bintang kuliah ya. Kami ke sana untuk mengunjungi playgroup yang ada di dekat perguruan tinggi itu.

Di kawasan itu kami berpapasan dengan banyak anak muda. Dari pembawaannya saya menduga mereka adalah mahasiswa di perguruan tinggi itu. Ada yang duduk bergerombol dan ada pula yang menyendiri di bangku. Juga ada yang tengah asyik nongkrong di salah satu kafe.

Saat itu saya jadi teringat masa sepuluh tahun lebih lalu ketika masih berstatus sebagai mahasiswa. Melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi memang bukanlah hal yang wajib bagi setiap orang. Apalagi mengingat biaya pendidikan perguruan tinggi yang demikian besar.

Pun di kota-kota besar seperti Jakarta misalnya, kendala biaya seringkali menjadi alasan masyarakat yang ingin mengenyam pendidikan hingga Strata 1. Banyak yang harus menunda bahkan mengubur impiannya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta.

Padahal menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi memiliki banyak manfaat bagi setiap orang. Apa saja manfaatnya? Berikut ini alasan pentingnya melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

  1. Kesempatan kerja yang lebih luas

Tak bisa dipungkiri, banyak perusahaan atau instansi yang lebih mencari seorang sarjana. Ini tentu berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan praktis yang didapatkan semasa kuliah.

Selain itu, dalam persaingan dunia kerja, seorang sarjana juga memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan lulusan SMA.

  1. Membentuk kepribadian yang bertanggungjawab

Pendidikan yang didapat di perguruan tinggi tak hanya sebatas bidang akademik saja, namun juga dalam bentuk organisasi. Sehingga hal ini dapat membentuk kepribadian seseorang untuk lebih bertanggungjawab, pemikiran yang analitis serta kemampuan untuk memecahkan masalah.

  1. Lebih mandiri

Seringkali ketika kuliah banyak dari mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua, karenanya hidup mandiri merupakan keharusan bagi mereka terutama yang tinggal di perantauan. Bahkan tak jarang mereka harus bekerja untuk mencari tambahan uang bulanan guna membayar sekolah dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sikap mandiri ini yang terus terpupuk dan akan sangat berguna untuk menjalani hidup di masa depan.

  1. Mewujudkan cita-cita terbesar

Dengan mengenyam pendidikan di bangku kuliah, kita akan dapat mewujudkan cita-cita terbesar yang kita impikan selama ini. Misalnya, kita diterima di perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta dan bercita-cita menjadi dokter. Maka untuk mencapai itu, kita akan memilih program studi kedokteran dan sebagainya.

  1. Kemajuan dalam karir

Alasan lain tentang pentingnya melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi adalah kemajuan dalam karir. Banyak contoh yang menunjukkan bahwa pendidikan tinggi akan lebih mudah dipromosikan oleh perusahaan karena diyakini akan membuat perubahan dan kemajuan sesuai bidang yang mereka kuasai.

Jadi mengenyam pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi ternyata memiliki banyak manfaat yang akan berguna bagi masa depan. Kita pun akan memiliki banyak teman.

Keuntungan akan lebih banyak didapat bila kita kuliah di universitas yang bonafit seperti di salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta. Teman-teman yang memiliki visi dan misi yang sama itulah yang bisa kita ajak bekerjasama nantinya.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.