5 Jenis Makanan Saat Hamil yang Dapat Mendorong Tumbuh Kembang Otak Bayi

Makanan saat hamil tumbuh kembang otak janin

Salah satu hal tak boleh abai ketika hamil adalah soal asupan buat calon debay (adek bayi). Saat hamil keluarga ataupun mom’s pasti sibuk memperhatikan pola makan. Benar ga?

Bahkan ketika mom’s mulai malas makan pasti deh suami dan orang terdekat sibuk mengingatkan. Bila hal itu terjadi moms jangan sewot ya. Sebab harus diakui asupan yang di makan moms saat hamil sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si calon bayi.

Berdasarkan kajian pusat informasi tumbuh kembang anak, Child Development Institute, mengingatkan calon mom’s selalu memperhatikan pola makan untuk membantu tumbuh kembang otak anak. Mereka mengatakan masa depan sangat sulit untuk diramal. Meski begitu satu hal yang penting — intelegensi dan kemampuan berfikir cepat akan membuat anak kita lebih unggul.

Tentu sebagai orang tua selalu ingin buah hati kita sukses di sekolah, kampus, dan di dunia kerja. Dan untuk meraih kesuksesan itu banyak faktor yang mempengaruhi. Satu hal yang dapat kita pastikan sebagai seorang calon ibu adalah: Apa saja makanan yang kita asup semenjak hamil.

Asupan makanan yang kita telan akan menjadi bahan baku tumbuh kembang otak dan kecerdasan calon buah hati. Kekeliruan suplai makanan atau yang lebih buruk seperti banyaknya asupan makanan yang salah malah akan mengurangi kualitas IQ sang anak. Bahkan sebelum ia melihat buku sekolah pertamanya.

Berikan nutrisi berikut dengan cukup untuk mendorong tumbuh kembangnya

  • Naikan Asupan Seafood

Nutrisi bayi yang tepat telah lama menjadi perdebatan di kalangan ilmuan, dan dipahami untuk tumbuh kembang otak dibutuhkan banyak zat gizi. Akan tetapi, para ahli sepakat makan ikan yang cukup merupakan salah satu langkah yang sangat baik yang dapat dilakukan oleh calon mom’s. Kandungan minyak omega di dalam ikan sangat bermanfaat untuk perkembangan otak cadebay.

  • Cobalah sebanyak mungkin makanan sehat.

Penelitian menunjukan makan berbagai macam variasi makanan akan mendorong dan membiasakan bayi pada selera makan yang baik maupun bau. Janin yang sedang berkembang merekam isyarat dari mom’s.

Jika mom’s memakan makanan sehat dengan baik, maka bayi akan merekamnya dan dalam proses waktu tumbuh kembang lebih mungkin untuk memakannya. Hasil penelitian ini harus mendorong mom’s untuk membiasakan diri memakan sayuran dan menghindari panganan buruk seperti alkohol.

  • Hindari Junk Food

Dalam proses kehamilan ada godaan untuk memakan jenis makanan tertentu dalam porsi berlebihan. Kadangkala godaan makan itu adalah junk food. Penelitian menunjukan kelebihan makanan junk food membuat otak anak akan memproduksi berlebihan pengatur sel energi. Akibatnya anak akan lebih kesulitan memaknai kata kenyang yang pada akhirnya membuat kelebihan berat badan.

  • Minimal Sekali Sepekan Makan Makanan yang mengandung Zat Kolin

Peneliti menunjukan zat kolin membantu untuk membentuk daerah otak yang berhubungan dengan memori. Kolin dalam konsentrasi tinggi ditemukan pada telur dan makanan lainnya.

  • Rutin meminum suplemen yang diberikan dokter

Selama kehamilan sangat penting memastikan asupan makanan kita sempurna. Akan tetapi, tidak peduli seberapa telaten mempersiapkan makanan seringkali ada zat tertentu yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi selama kehamilan terabaikan. Untuk itu perlu dipertimbangkan suplemen yang disarankan oleh ahli gizi. Bahkan untuk nutrisi utama seperti asam folat, zat besi hingga yodium sulit untuk dikonsumsi dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan mom’s dan calon bayi.

Memperhatikan saran ahli gizi dalam mengkonumsi makanan selama hamil dan menyusui menjadi satu langkah awal memastikan sang buah hati memperoleh apa yang mereka butuhkan selama tumbuh kembang. Untuk itu penting bagi Ibu untuk memenuhi semua kebutuhan awal perkembangan mereka sehingga dapat meningkatkan kekuatan otak dan memberikan awal terbaik dalam hidup.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.