Rahasia Si Kecil Tumbuh Tanggap yang Lengkap; Starts form Brain

 

Pernahkah moms terkesima dengan tahap perkembangan anak yang tiba-tiba di luar ekspektasi. Saat si kecil suatu kali pamer tanpa kita tahu bagaimana ia mengetahui dan mempelajarinya?

***

Misalnya saat si kecil tiba-tiba berlari ke rumah, mengambil sesendok nasi, lalu mencampurnya dengan sedikit ikan dan berlari-lari keluar penuh semangat sambil berseru.

“Ma, look at that funny kitten. Dia terlihat sangat lemah dan kurus, pasti dia lapar dan butuh makan,” ujar si kecil seraya menyodorkan nasi yang sudah dicampur ikan.

Its amazing. Saya tak pernah menyangka si kecil akan mengerti korelasi lemas, dan makan saat umurnya belum genap dua tahun. Hal yang dilakukan si kecil jelas bukan saja tentang cepat tanggap (IQ), tetapi juga menunjukkan kemampuan bersosialisasi (SQ) dan rasa peduli untuk membantu makhluk di sekitarnya (EQ).

Memiliki anak dengan kecerdasan menyeluruh, tanggap yang lengkap, sudah pasti menjadi dambaan para orang tua. Dan tahukah moms, agar anak tumbuh tanggap yang lengkap rahasianya sangat sederhana. Start from Brain.

Yesss. Meski terlihat lunak dan lemah, otak memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang. Saking pentingnya peranan otak ia menjadi bagian sangat krusial dalam tumbuh kembang anak sejak masih menjadi janin dalam kandungan. Karena itu otak perlu mendapat nutrisi yang tepat terutama bagi si kecil.

Pemberian nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembang otak si kecil akan mendukung kecerdasan anak. Tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial.

Bermain dan terstimulasi

Nutrisi Tepat untuk Perkembangan Otak

Mengawal masa emas pertumbuhan si kecil tak bisa lepas dari perlunya memberi asupan bergizi yang mendukung perkembangan nutrisi otak si kecil.

Berdasarkan berbagai literatur, para ahli sepakat bahwa memberikan makanan bergizi akan sangat membantu meningkatkan pertumbuhan otak si kecil. Ada beberapa jenis makanan diketahui dapat mendukung perkembangan anak serta meningkatkan daya ingat.

Beberapa di antara makanan yang dianjurkan adalah telur, ikan, daging sapi bebas lemak, kacang hijau, oat, dan sayuran berwarna. Bahan makanan ini sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Apa saja manfaat bahan makanan tersebut untuk kecerdasan anak. Saya senang, dengan bergabung dan mengikuti beragam informasi di bebeclub.co.id, saya jadi tahu beragam manfaat bahan makanan sehari-hari untuk pertumbuhan otak si kecil.

Telur misalnya merupakan sumber protein. Kuning telur yang berada di dalamnya mengandung kolin yang berkhasiat membantu perkembangan otak. Sedangkan ikan terutama Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak.

Zat besi pada daging bebas lemak bisa membantu Si Kecil tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Satu potong daging sapi dengan berat 100 gram setiap hari akan membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan lain. Daging sapi juga mengandung zinc yang membantu memelihara daya ingat. Begitu pula dengan oat, selai kacang, sayuran berwarna dan kacang hijau. Penuh nutrisi yang dibutuhkan otak.

 

 

Untuk mendukung agar nutrisi otak si kecil terpenuhi, moms perlu memastikan anak mendapatkan makanan seimbang (makanan beraneka ragam). Berikut ini beberapa zat gizi yang berfungsi spesifik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

1. Karbohidrat

Sumber energi yang diperlukan untuk proses metabolism otak dan proses pembentukan saraf otak. Karbohidrat bisa moms dapatkan dari beras, terigu, jagung, kentang, ubi, dan oat.

2. Protein

Protein disusun oleh asam amino. Beberapa yang dibutuhkan oleh otak adalah tirosin dan triptotan yang berfungsi sebagai pembentuk neurotransmitter. Bisa diperoleh dari telur, kacang-kacangan dan susu yang telah difortifikasi. Selain itu ada pula kolin yang berfungsi untuk membantu kerja normal otak.

3. Lemak

Yaitu asam lemak omega 3 (asam linoleat, EPA dan DHA) dan asam lemak omega 6 (asam linoleat dan AA) yang merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan dalam pembentukan membran sel saraf otak. Bisa didapatkan dari lemak ikan laut, lemak biji-bijian seperti kacang tanah, kenari, kedelai, wijen dan biji bunga matahari.

4. Vitamin

Beberapa vitamin yang bekerja membantu otak yaitu:

  • – Vitamin B1 untuk pertumbuhan organ dan sistem syaraf pusat pada bayi. Terdapat pada roti, sereal, wheat dan pasta.
  • – Vitamin B5 untuk membantu mengantar rangsangan syaraf. Bisa didapat dari daging, unggas, ikan, sereal, biji-bijan, susu dan telur.
  • – Vitamin B6 untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Bisa didapat dari daging ayam, hati, pisang, semangka, kacang panjang.
  • – Vitamin B12 untuk membantu pengembangan sistem saraf. Sumbernya yaitu daging merah, ayam, ikan, kerang telur, dan makanan yang mengandung susu.
  • – Asam folat untuk membantu pembuatan zat-zat di dalam otak yang penting untuk menyimpan data dalam daya ingat. Bisa didapatkan dari bayam, brokoli, pok coy, asparagus, kol, daging, gandum, telur, susu dan keju.

 

5. Mineral
  • – Kalsium: membantu perkembangan tulang, fungsi otak dan jantung. Bisa ditemukan pada bayam, brokoli, kacang-kacangan, kentang manis, dan produk susu.
  • – Fe: mencegah gangguan kecerdasan. Bisa didapat dari daging hati, jantung sapi, daging ayam, ikan, kuning telur, kacang-kacangan serealia dll
    – Zinc: penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, fungsi sensori dan stabilisasi membran otak. Bisa diperoleh dari buncis, daging, kacang, padi-padian, tiram dan produk susu.
    – Iodium : berperan dalam perkembangan mental serta kecerdasan. Diperoleh dari sayuran, daging dan ikan.

Sayangnya tak semua anak bisa mengkonsumsi seluruh bahan makanan kaya nutrisi yang bisa mendukung pertumbuhan otak. Karena itu si kecil perlu asupan nutrisi tambahan. Saya sendiri memberikan Bebelac untuk memastikan kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi.

Dan sekarang, makin lengkap karena Bebelac hadir dengan formula baru yang disempurnakan.

 

 

Setidaknya terdapat 3 kandungan utama dalam Bebelac formula baru yang sangat dibutuhkan dalam mendukung tumbuh kembang si kecil.

– Minyak Ikan dan Omega 3 dan  6 yang ditingkatkan dibanding formula Bebelac sebelumnya

– FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan.

– 13 Vitamin & 9 Mineral sebagai nutrisi tepat untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Terpenuhi asupan nutrisi si kecil dan ditambah pemberian stimulasi yang tepat akan mendukung anak Ibu untuk tumbuh menjadi anak hebat. Stimulasi bisa dengan membiasakan si kecil belajar membaca. Bisa juga dengan menerapkan pendidikan karakter sejak kecil.

Sejak kecil anak misalnya bisa dilatih cara mengendalikan emosi. Mulai diperkenalkan dengan beragam permainan anak baik permainan anak perempuan atau permainan anak laki-laki.

Dengan begitu, jangan kaget ya moms bila nantinya setelah memberikan stimulasi dan nurisi terbaik serta Bebelac formula baru akan menumbuhkan si kecil menjadi lebih cepat tanggap (IQ), lebih peduli (SQ), dan punya rasa peduli (EQ).

Yuk, sudah saatnya kita dukung si kecil menjadi anak yang tumbuh dengan tanggap yang lengkap. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai produk dan formula Bebelac Baru, moms bisa berkunjung ke situs resmi Bebelac di www.bebeclub.co.id ya

🙂

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.