Tips Menyimpan Sayuran Segar Tanpa Kulkas

Menyimpan sesuatu seperti sayuran ke dalam kulkas memang dapat memperpanjang masa simpan sayur tersebut. Namun, tidak semua orang memiliki lemari pendingin tersebut di rumah. Lantas, akankah sayur tetap segar tanpa kulkas?

Ternyata selain dengan kulkas ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menyimpan aneka sayuran segar. Untuk mengetahui bagaimana caranya, yuk simak tipsnya berikut ini:

Buang bagian sayur yang busuk

Sayuran yang masih segar, bisa diletakkan satu wadah dengan sedikit saja bagian sayur yang busuk maka semuanya akan ikut membusuk. Oleh karena itu, sebaiknya pilih dengan benar sayur yang hendak dibeli jangan sampai ada sedikit saja bagiannya yang busuk.

Namun untuk menghindari agar sayuran tak mudah “tertular” busuk, maka bersihkan sayur kemudian buang bagian-bagian yang busuk walau cuma sedikit. Pastikan sayur bersih dan aman untuk disimpan.

Cuci bersih sayuran yang baru dibeli

Setelah membeli aneka sayuran segar sebaiknya dicuci hingga bersih pada air yang mengalir. Pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel seperti pasir dan dedaunan yang layu. Karena kotoran tersebut menjadi tempat bakteri berkembang menjadi faktor utama penyebab sayur busuk.

Beri lapisan kertas atau tisu

Sayuran segar yang habis dibeli biasanya badah dan lembab. Kondisi lembab ini jika dibiarkan akan membuat sayuran menjadi mudah busuk dan tidak tahan lama. Maka, keringkan bagian sayur dengan dibungkus menggunakan tisu.

Sifat mudah menyerap pada tisu mampu menjaga sayur tetap dalam kondisi kering. Selain tisu, Anda bisa memanfaatkan kertas atau koran yang tidak terpakai untuk membungkus sayuran tersebut.

Letakkan sayuran pada tempat yang kering

Anda bisa menyimpan sayuran segar yang sudah dibungkus tisu tadi pada sebuah keranjang ataupun rak. Pilih wadah penyimpanan yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar sayur tidak panas karena disimpan pada wadah yang kedap.

Pisahkan sayuran berdasarkan jenisnya, seperti sayuran berdaun, sayuran batang dan sayuran sejenis umbi-umbian. Usahakan menyusun sayur tidak terlalu penuh agar sayuran tidak menjadi lembab.

Bungkus sayur menggunakan plastik

Cara menyimpan sayuran segar tanpa kulkas berikutnya adalah dengan membungkus sayuran menggunakan kantong plastik yang sudah dilubangi kecil sebagai sirkulasi udara. Cara ini adalah cara lain yang dapat dilakukan selain membungkus sayuran menggunakan tisu atau koran.

Sayur yang disimpan menggunakan plastik yang sudah diberi lubang sebelumnya akan tetap segar dan tidak busuk walaupun tidak disimpan ke dalam kulkas. Hanya saja Anda perlu memastikan kantong plastik dalam kondisi yang kering.

Cuci sayuran ketika hendak dimasak saja

Walaupun sebelum disimpan sayur sudah dicuci bersih, tetap saja Anda perlu mencucinya kembali untuk memastikan bahwa tidak ada bakteri yang menempel selama disimpan.

Letakkan sayuran pada wadah jaring-jaring kemudian cuci bersih sayuran pada air mengalir. Ulangi proses mencuci hingga dirasa sayur sudah benar-benar bersih dan siap dimasak.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba di rumah untuk menyimpan sayuran agar tetap segar walau tak menggunakan kulkas. Caranya begitu simpel dan mudah namun sangat bermanfaat.

Dapatkan aneka sayuran segar hanya dengan berbelanja di sayurbox.com. Tempat belanja sayur dan kebutuhan harian terlengkap, termurah dan terpercaya. Akan ada diskon khusus yang diberikan setiap belanja produk tertentu.

Nah, kapan lagi bisa dapat sayur segar dengan harga diskonan kan? Yuk, belanja sayuran segar sekarang juga dengan klik link berikut : https://www.sayurbox.com/category/vegetables-1-a0d03d59 maka pesanan akan dikirim dihari yang sama.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.