Persiapan Sebelum Naik Pesawat, Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan

Kondisi sekarang ini melakukan perjalanan penerbangan dengan pesawat membutuhkan banyak persiapan. Terutama dengan kebijakan yang mengutamakan protokol kesehatan dari satgas Covid-19.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, pesanlah tiket pesawat ke Medan secara online. Tak lupa pula dengan Railink Bandara Medan yang bisa dipesan melalui aplikasi Traveloka.

Memesan tiket pesawat online merupakan bentuk dari menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah. Sebab, transaksi online dapat mengurangi kerumunan yang terjadi. Dan tentunya jauh lebih praktis karena pemesanan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

 

Syarat Naik Pesawat Terbaru Menuju Medan

Setelah mendapatkan tiket pesawat ke Medan, kamu tinggal mempersiapkan hal-hal lainnya sebelum naik pesawat. Persiapan ini berguna agar bisa melakukan perjalanan udara. Jangan sampai mengabaikan hal-hal ini, jika tidak kamu gak bisa naik pesawat.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa melakukan perjalan ke Medan dengan pesawat: 

  • Sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama.

Aturan terbaru dari pemerintah mengatakan calon penumpang harus minimal mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Untuk dosis pertama, kamu diwajibkan menunjukan hasil tes RT-PCR negatif dalam waktu 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Sedangkan calon penumpang yang sudah mendapatkan dosis kedua, hanya perlu menunjukan hasil tes antigen negatif dalam waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk yang belum mendapatkan vaksin karena alasan kesehatan, harus menunjukan surat rekomendasi dari rumah sakit.

Sedangkan untuk penumpang anak-anak yang belum mendapatkan vaksin, wajib terbang bersama pendamping yang sudah mendapatkan vaksinasi maupun menunjukan hasil tes negatif antara RT-PCR maupun antigen.

Walau begitu, jauh lebih baik kalau sudah mendapatkan vaksinasi demi kemudahan perjalanan udara.

  • Rajin-rajinlah membersihkan diri seperti mencuci tangan.

Sebisa mungkin untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Biasanya di tempat umum seperti bandara tersedia keran untuk cuci tangan. Namun, bagaimana kalau gak ada keran?

Jika tidak ada keran, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 persen. Maka dari itu, sediakan hand sanitizer ketika ada di pesawat. Gunanya agar kamu siap sedia untuk cuci tangan.

  • Perhatikan kesehatan diri sebelum berangkat.

Sering kali, orang yang terkena Covid-19 gak sadar kalau dirinya kena. Maka dari itu, jika badan terasa kurang enak dianjurkan untuk karantina mandiri. Jika selama beberapa hari kondisi badan tidak semakin parah, bisa dikatakan kesehatanmu membaik.

Oleh sebab itu, bandara memberlakukan cek suhu pada penumpang yang hendak berangkat. Jika suhu tubuh lebih tinggi, kamu dilarang melakukan perjalanan dengan pesawat.

Kamu bisa mengantisipasi dengan mengajak kondisi kesehatan diri, terkhusus beberapa hari sebelum keberangkatan. Sebab, kalau hasil tes antigen maupun RT-PCR hasilnya positif, kamu gak bisa berangkat.

  • Gunakan dan sediakan masker dalam jumlah banyak.

Selama berada di bandara, kamu diwajibkan memakai masker demi keamanan bersama. Apalagi kalau sedang batuk dan bersin, kamu bisa menutup dengan masker maupun siku tangan.

Selama persiapan sampai perjalanan, ada baiknya kamu menyediakan masker sesuai dengan kebutuhan. Gabungan masker medis dengan masker kain jadi rekomendasi untuk melindungi diri.

  • Hindari menyentuh area wajah

Berdasarkan cara penularan, Covid-19 menular melalui saluran pernafasan. Penyebarannya bisa lewat air liur ketika batuk maupun bersin. Terkadang, tanpa disadari, benda disekitarmu berpotensi kena cipratan tersebut.

Oleh sebab itu, hindari menyentuh pada area wajah terutama bagian mata, hidung, dan mulut kalau kamu belum cuci tangan. Sebab, Covid-19 menular melalui bagian tersebut.

  • Bawa peralatan kebersihan sendiri

Ketika menyediakan peralatan kebersihan sendiri bukan berarti pihak maskapai penerbangan malas membersihkan area penumpang pesawat.

Walau pihak maskapai sudah melakukan prosedur protokol kesehatan sebelum keberangkatan, risiko penularan tetap ada. Terutama pada bagian pintu, jendela, meja, monitor, kursi, dan tempat lain yang sering disentuh manusia.

Sebagai antisipasi, bawalah tisu basah untuk membersihkan benda-benda yang kamu gunakan. Hal ini juga berlaku ketika kamu di bandara, hotel, sampai Railink Bandara Medan.

  • Ikuti perubahan terkait info perjalanan

Mengingat kondisi yang belum ada kepastian, maka ada baiknya terus mengikuti perubahan terkait info perjalanan udara. Terakhir, pada 4 April 2022 terjadi perubahan aturan perjalanan yang tertuang dalam Surat Edaran No 16 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Dengan mengikuti informasi, dapat membantu perjalananmu selama naik pesawat. Semua informasi tersebut dapat kamu temukan di Traveloka.

Naik pesawat pada kondisi sekarang ini harus mengikuti berbagai aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Hal ini bertujuan untuk memutus penyebaran Covid-19 dan memberi kenyaman bagi penumpang.

Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan persiapan sebelum naik pesawat. Persiapan tersebut meliputi:

  1. Sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama.
  2. Rajin-rajinlah membersihkan diri seperti mencuci tangan.
  3. Perhatikan kesehatan diri sebelum berangkat
  4. Gunakan dan sediakan masker dalam jumlah banyak
  5. Hindari menyentuh area wajah
  6. Bawa peralatan kebersihan sendiri
  7. Ikuti perubahan terkait info perjalanan.

Informasi lainnya terkait perubahan aturan naik pesawat telah tersedia di Traveloka.***

Add a Comment

Your email address will not be published.