Cara Mengelola THR agar Raih Peluang dapat Saldo Saham Hingga Mobil

 

Menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan tentu saja menghadirkan nuansa tersendiri bagi sebagian masyarakat Indonesia. Apalagi bila menjalankan puasa bersama keluarga tercinta. Berbagai momen istimewa dan penuh cerita akan mewarnai kehidupan selama satu bulan lamanya.

Setelah berpuasa, tentu momen lebaran menjadi hal yang ditunggu. Bukan hanya soal ketupat dan silaturahmi, tetapi karena ada banyak hal tak biasa saat lebaran tiba. Salah satunya adalah adanya tunjangan hari raya atau THR.

Dari dulu THR sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Mereka yang bekerja terutama di bawah korporasi biasanya akan mendapat tunjangan berupa THR untuk mendukung berbagai kebutuhan pada saat lebaran. Bahkan kebijakan THR ini menjadi salah satu kebijakan strategis pemerintah setiap tahunnya.

Untuk lebaran 2022 ini, pemerintah telah mengeluarkan ketentuan tentang pembayaran tunjangan hari raya (THR) Lebaran 2022 yang harus diberikan ke semua pekerja/buruh. Keputusan itu diatur dalam Surat Edaran (SE) Nomor M/1/HK.04/IV/2022 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2022 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan yang ditujukan kepada para gubernur di seluruh Indonesia. Nah dengan begitu kebijakan THR ini tidak bisa diabaikan.

Nah kalau THR sudah turun tentunya akan menghadirkan kebahagiaan tersendiri. Eits tapi jangan lupa ya untuk bijak mengelolanya. Jangan sampai THR yang ada malah habis begitu saja tak berbekas. Jangan pula THR justru habis dipakai untuk membayar utang. Ya namanya THR berarti tujuannya untuk menghadirkan senyum ceria selama lebaran.

Agar THR yang diterima tidak habis begitu saja, berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

1. Buat Perencanaan Keuangan Selama Lebaran

Meski lebaran belum benar-benar tiba, tidak ada salahnya lho untuk kamu menyiapkan anggaran utama selama lebaran nanti. Kamu bisa menganggarkan keperluan utama seperti kebutuhan mudik, kebutuhan bahan pokok selama lebaran atau kebutuhan baju dan perlengkapan sholat baru.

Perencanaan keuangan ini memang tidak akan menjadi pengikat kamu tetapi setidaknya bisa menjadi guidance buat kamu untuk merencanakan beberapa hal. Jangan sampai kamu larut dan tergoda dengan kebutuhan tambahan tetapi malah melewatkan hal-hal pokok seperti kebutuhan dapur selama lema lebaran.

2. Prioritaskan Kebutuhan Lebaran

Yups. Namanya juga tunjangan hari raya, harapannya dana yang diterima  bisa mensuport kebutuhan selama lebaran. Karena itu akan sangat bijak bila THR yang diterima digunakan untuk mencukupi segala kebutuhan selama lebaran.

Kamu bisa membeli berbagai kebutuhan seperti kebutuhan dapur untuk membuat kue dan aneka makanan, untuk memberi hampers pada keluarga. Buat kamu yang akan mudik,  dana THR yang diperoleh bisa banget lho dipakai untuk tambahan biaya perjalanan.

 

3. Zakat dan sedekah

Nah, hal lain yang perlu dicatat bahwa adanya kebijakan THR diharapkan bisa memastikan semua muslim bisa membayar zakat di hari raya. Karena itu jangan lupa untuk menyiapkan pos anggaran untuk membayar zakat ya. Jika ingin meningkatkan kehidupan spiritual jangan lupa juga untuk menyisihkan sebagian rezeki untuk sedekah.

 

4. Sisihkan untuk Ditabung dan Investasi

Saat memiliki uang lebih biasanya godaan untuk konsumtif menjadi lebih besar. Rasanya ada saja hal yang ingin dibeli dan dipenuhi. Apalagi kalau memikirkan rekening yang masih tebal.

Agar tidak terjebak dengan sikap konsumtif tak ada salahnya mengalokasikan THR untuk ditabung dan diinvestasikan. Kamu bisa menyisihkan uang THR sesuai dengan kondisi keuangan sejak awal seperti 5 persen, atau mungkin hingga 30 persen untuk ditabung dan diinvestasikan. Tujuannya agar uang THR yang kamu terima tidak menguap begitu saja.

Hari ini, berinvestasi tidaklah menjadi perkara sulit karena kamu bisa memanfaatkan berbagai fasilitas investasi yang disediakan oleh aplikasi investasi seperti Aplikasi Ajaib. Kemajuan teknologi informasi kini telah membuat masyarakat semakin dekat dengan dunia investasi karena investasi pun kini bisa dilakukan dari mana saja hanya bermodal aplikasi yang terinstal di gawai.

Aplikasi Ajaib merupakan aplikasi investasi yang memberi banyak kemudahan untuk pengguna. Pembuatan akun hanya 5 menit, dan bisa diproses 100 persen online. Untuk membuka rekening di Aplikasi Ajaib tidak butuh modal besar, karena tidak ada minimal deposit. Kamu bisa mulai investasi dari Rp10 ribu.

Oiya, saat memilih aplikasi investasi kamu tetap harus pastikan aplikasi yang dipilih aman. Seperti aplikasi Ajaib yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal lain yang perlu diingat bahwa kamu harus selalu mengenali profil risiko setiap instrumen investasi yang dipilih.

 

#BerbagiKeAJAIBanTHR dengan aplikasi AJAIB
#BerbagiKeAJAIBanTHR dengan aplikasi AJAIB

 

Nah mumpung menyambut momen lebaran, kamu juga bisa memanfaatkan promo ramadhan Ajaib lewat program  “Ajaib #BerbagiKeAJAIBanTHR di bulan Ramadan 2022” bila kamu mendaftar di aplikasi Ajaib menjelang lebaran ini. Lewat program ini, Ajaib bagi-bagi THR saham dengan cara berbagi kode Ajaib dengan teman. Program ini berlaku dari 11 April – 13 Mei 2022.

Keuntungan yang didapat dengan ikut program ini adalah kamu bisa mendapatkan saldo Buying Power Rp 150 ribu untuk setiap 3 teman yang melakukan top up pertama kali tanpa minimum deposit, berlaku kelipatan. Yang tak kalah seru, hadiah utama berupa Honda Brio. Baca keterangan lebih lanjut seputar promo Ramadhan Ajaib di website mereka ya

Well. Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa mengelola THR dengan bijak. Semoga lebaran kali ini penuh berkah dan kebahagian ya.

Add a Comment

Your email address will not be published.