Cara Menyusun Visi Misi OSIS: Panduan Lengkap, Trik, dan Pedoman

 

Visi misi OSIS

Membuat visi dan misi OSIS memang hal yang cukup memusingkan tapi perlu dilakukan para calon ketua. Saat calon ketua OSIS memiliki visi dan misi yang jelas, terstruktur, dan baik, maka peluang terpilih jadi makin besar.

Visi dan misi calon ketua OSIS adalah proyeksi bagaimana organisasi intra sekolah ini dibawa di masa depan. Dengan adanya visi dan misi yang tertulis jelas, seluruh elemen sekolah akan mengetahui bagaimana perkembangan OSIS di masa depan.

Kreativitas, inovasi, dan cita-cita adalah unsur penting yang perlu dimiliki saat membuat visi misi. Tanpa ketiga faktor tersebut, visi misi yang dibuat hanya jadi kalimat-kalimat kosong semata. Kenapa bisa begitu? Mari membahasnya satu per satu.

Memahami apa itu visi dan misi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, visi memiliki sejumlah opsi pengertian, yaitu:

  1. Kemampuan untuk melihat pada inti persoalan
  2. Pandangan atau wawasan ke depan: seluruh rakyat mempunyai — yang sama mengenai perjuangan bangsa
  3. Kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan
  4. Apa yang tampak dalam khayalan
  5. Penglihatan; pengamatan

Benang merah kelima pengertian visi tersebut adalah visi merupakan bagaimana pandangan seseorang di masa depan atas sebuah hal.

Sedangkan kata “misi” memiliki arti tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dan sebagainya.

Secara sekilas, pengertian visi dan misi tidak jauh berbeda. Akan tetapi ada perbedaan khas di antara keduanya. Misi cenderung sebagai bagaimana menjalankan sebuah visi yang dimiliki organisasi OSIS. Jadi, visi adalah induk pemikiran OSIS, sedangkan misi adalah turunannya.

Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki membuat visi misi adalah kemampuan berbahasa Indonesia. Dalam artikel ini, Anda akan dituntun menjalankan praktik berbahasa Indonesia yang baik dan kreatif untuk membuat visi misi OSIS.

Sebagai alat bantu Anda menguasai bahasa Indonesia dan membuat visi misi OSIS yang baik, cobalah untuk belajar memakai aplikasi bimbel online Ruang Guru. Dengan ikut bimbel online, Anda bisa memiliki kemampuan praktik berbahasa Indonesia yang baik dan kreatif. Untuk bisa mengikuti bimbel online Ruang Guru, Anda cukup mengakses dan dapatkan aplikasinya di sini.

Lalu, bagaimana cara menyusun visi misi OSIS?

Berdasarkan pengertian dan perbedaan di atas, maka sang calon ketua perlu membuat visi OSIS terlebih dahulu. Sebagai awalan, ada 5 pedoman utama membuat visi yang perlu dipegang, yaitu:

  1. Tidak lebih dari dua kalimat dan tetap di bawah 30 kata
  2. Tetap sederhana dan mudah dicerna
  3. Spesifik dalam kata-kata Anda dan buatlah itu relevan dengan murid
  4. Memiliki kekuatan untuk menginspirasi dan ambisius
  5. Sejajarkan dengan budaya dan nilai yang ada

Dari pedoman tersebut, sang calon ketua sudah mulai bisa membuat visi OSIS berdasarkan tahapan berikut:

  1. Pembuatan Kata Terkait

Ketika memikirkan organisasi OSIS Anda, maka sejumlah kata terkait akan muncul di pikiran. Tulis semuanya, bisa berupa nilai, keinginan, cita-cita, atau aspirasi.

  1. Pembuatan Kata Sukses

Sekarang, tuliskan kata-kata yang membuat Anda sukses. Mengapa OSIS Anda bisa atau akan berhasil? Apa yang membuat Anda spesial sebagai ketua OSIS dibanding orang lain? Dengan mengumpulkan kata-kata sukses, maka Anda menambahkan elemen inspirasi ke dalam kalimat.

  1. Rangkai dalam Kalimat yang Jelas

Sekarang saatnya untuk mulai membentuk Visi Anda. Visi Anda adalah pernyataan dari kata terkait dan kata sukses. Rangkai kata-kata di atas tadi agar menjadi sebuah kalimat. Anda bisa menambahkan atau mengurangi kata terkait sehingga jadi kalimat utuh.

Jangan khawatir tentang alur atau cara membacanya. Anda hanya perlu merangkainya jadi sebuah kalimat jelas. Setelah 1 kalimat selesai, buatlah 3-5 kalimat lagi sebagai alternatif.

  1. Draf Pertama

Setelah itu, bandingkan kalimat dan kata-kata Anda. Apa yang Anda sukai dari tiap kalimat? Sorot bagian yang terasa menginspirasi dan akurat. Sekarang, coba untuk mengembangkan kalimat menggunakan bahasa yang positif dan emosional.

  1. Penyempurnaan

Dari draf pertama tadi, sempurnakan lagi hingga kalimat visi Anda tidak terlalu spesifik dan tidak terlalu umum. Pastikan kalimat visinya mudah diingat, bermakna baik, dan mudah dimengerti.

Sekarang Waktunya Membuat Misi OSIS

Ada banyak aliran pemikiran tentang cara membuat pernyataan misi yang sempurna, tetapi ada beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk dipertimbangkan. Berikut ini sejumlah pedoman singkatnya:

  1. Jaga agar tetap singkat dan padat. Ringkas misi OSIS hanya dalam beberapa kalimat.
  2. Jangan menulis surat cinta, esai, atau kalimat panjang.
  3. Pikirkan jangka panjang. Pernyataan misi adalah investasi di masa depan organisasi intra sekolah Anda.
  4. Jangan terlalu membatasi. Misi yang baik harus memiliki kemampuan menerima berbagai kemungkinan baru yang potensial bagi perkembangan OSIS
  5. Cari tahu apa pendapat murid lain tentang pernyataan misi. Misi adalah sesuatu yang dirancang untuk dijalankan bersama-sama. Karenanya, tanyakan bagaimana siswa akan menjalankannya, memperbaikinya, menyukainya, dan lain sebagainya.
  6. Jangan takut untuk mengubahnya. Jika pernyataan misi dirasa tidak lagi mampu mewakili aktivitas OSIS, jangan takut untuk menulis ulang.

Misi harus memiliki 4 elemen utama yang terkait dengan visi OSIS. Keempat elemen itu adalah

  1. Nilai: Apa nilai yang akan ditawarkan ke siswa, anggota OSIS, dan para guru?
  2. Inspirasi: Mengapa siswa ingin bergabung sebagai pengurus OSIS?
  3. Masuk akal: Pernyataan misi harus terdengar masuk akal dan tidak mengawang-awang
  4. Kekhususan: Dengan memiliki elemen khusus, seperti target dalam 1 tahun, maka misi memiliki nilai uniknya.

Pernyataan visi misi OSIS adalah pernyataan tentang apa yang membuat organisasi dan peran Anda sebagai ketua menjadi penting. Visi misi tersebut akan memandu berbagai tindakan anggota, para murid lain, dan para guru untuk dalam bertindak mendukung serta menjalankan organisasi. Jadi, pastikan setiap langkah di atas dijalankan dengan baik dan kreatif.

Add a Comment

Your email address will not be published.