Cara Mempromosikan Makanan Secara Online Agar Laris Manis

serba praktis lewat belanja online

 

Kehadiran internet telah banyak membawa perubahan pada proses kegiatan yang ada di masyarakat, mulai dari cara orang berkomunikasi, mencari informasi hingga jual-beli.

Perubahan-perubahan ini tentu saja memiliki dampak positif maupun negatif, walaupun dibalik hal negatif tersebut  tentu saja hal positif dari internet lebih dominan dalam hal memudahkan kegiatan masyarakat.

Nah, salah satu poin yang ingin dibahas pada artikel kali ini adalah bagaimana internet telah membawa perubahan pada proses jual-beli, produk-produk yang dijual pada platform e-commerce tentu saja dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkannya. 

Dilansir dari data yang dirilis oleh Goodstats saat ini persentase pengguna e-commerce di Indonesia berada di angka 88% dan hal tersebut membuktikan Indonesia memiliki pengguna terbanyak di dunia. 

 

Data tersebut menyimpulkann bahwa potensi bisnis berbasis online di Indonesia memiliki pangsa yang sangat besar dan tentu saja menjadi kabar baik bagi semua pelaku usaha UMKM.

Bisnis berbasis online merupakan bisnis yang sangat terbuka untuk segala sektor industri tidak terkecuali sektor kuliner yang umumnya berjualan secara langsung.

 

7 Tips Jualan Online Makanan 

Berikut adalah beberapa cara jualan online makanan yang bisa dilakukan oleh pelaku industri kuliner yang ingin merambah pasar lebih luas dengan berjualan secara online.

  1. Manfaatkan platform e-commerce 

Hal ini telah disinggung sebelumnya namun memang harus diakui pengaruh platform e-commerce dalam perkembangan bisnis online sangatlah besar.

Di samping jangkauan pasar yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pasar yang dilakukan secara konvensional, hadirnya platform e-commerce juga seakan memberikan kesempatan bagi siapapun yang ingin mencoba untuk berjualan.

Karena berbeda dengan sistem berjualan yang dilakukan konvensional, dengan menggunakan platform e-commerce pelaku usaha tidak perlu memikirkan modal yang besar untuk membuka toko sehingga lebih ramah bagi pelaku usaha yang terhambat di masalah modal.

Salah satu platform e-commerce yang dapat dimanfaatkan adalah LaDaRa dimana banyak pelaku UMKM yang berhasil meraup keuntungan dan membuka pasar baru disana.

2. Manfaatkan media sosial 

Media sosial  lahir sebagai platform komunikasi yang dapat menghubungkan individu  satu dengan individu yang lain dimanapun berada dan kapanun.

Namun seiring dengan perkembangan waktu penggunaan media sosial  tidak hanya menjadi sebatas sarana komunikasi namun lebih dari itu media sosial  saat ini sering dimanfaatkan untuk menjadi sarana promosi bagi sebuah bisnis.

Hal ini juga turut didukung oleh platform media sosialseperti Instagram, twitter hingga youtube yang menyediakan fitur ads dimana terbuka bagi bisnis apapun untuk beriklan disana.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk memanfaatkan media sosial  sebaik-baiknya untuk sarana promosi maupun sarana untuk membangun branding produk-mu.

3. Tampilkan foto yang unik dan menarik

Salah satu kelemahan dari bisnis kuliner yang dijalankan dengan basis online adalah konsumen tidak bisa merasakan aroma serta cita rasa dari makanan yang kamu buat.

Satu hal yang dapat dirasakan dan dibayangkan oleh konsumen dari makananmu hanyalah foto tampilan makanan yang kamu unggah di platform e-commerce maupun di media sosial. 

Maka tak heran banyak usaha kuliner yang sebenarnya memiliki cita rasa yang enak namun justru tidak berhasil berkembang di pasar online karena mereka tidak bisa mempresentasikan produknya dengan tampilan menarik.

Jadi untuk kamu yang ingin berbisnis kuliner yang dipasarkan secara online sebaiknya kamu juga mulai mempertimbangkan bagaimana cara menampilkan foto produk-mu agar terlihat menarik.

4. Bergabung dengan aplikasi pesan makanan online 

Selain cita rasa yang tidak bisa langsung dirasakan oleh konsumen hal lain yang menjadi kendala dari bisnis kuliner secara online adalah ketahanan serta kesegaran makanan.

Untuk makanan yang memiliki jangka waktu penyimpanan yang singkat mungkin platform e-commerce bukanlah pilihan terbaik bagi bisnis kamu.

Namun kamu dapat memanfaatkan jasa kurir instan di berbagai platform online yang mendukung penjualan makanan secara real time. 

5. Melakukan inovasi

Inovasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh semua pelaku bisnis dari sektor apapun karena inovasi adalah langkah terpenting agar bisnis dapat terus berkembang secara dinamis.

Dalam konteks di sektor kuliner inovasi ini dapat dilakukan dalam berbagai hal, mulai dari mengikuti perkembangan teknologi hingga menu-menu yang saat ini tengah digandrungi masyarakat.

Karena seperti yang kita tahu industri kuliner atau makanan merupakan salah satu industri yang sangat dinamis, dimana selalu ada tren dan bentuk makanan baru yang viral tiap saat.

 

6. Rutin memberikan promo

Promo merupakan suatu taktik promosi yang telah terbukti selalu efektif untuk menarik minat konsumen serta memberikan dampak berupa keuntungan yang meningkat.

Kamu dapat memberikan berbagai tipe promo untuk konsumen-mu mulai dari buy 1 get 1, gratis ongkir atau pun potongan harga yang tentunya harus disesuaikan dengan budget dan biaya produksi ya.

Maka dari itu sebagai pelaku usaha kamu tidak perlu ragu dalam memberikan promo, karena hal ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu kegiatan marketing.

7. Bekerjasama dengan influencer di bidang makanan

Media sosial  dan influencer saat ini sudah menjadi dua hal yang sangat sulit dipisahkan karena satu sama lain saling memiliki peran dalam pembentukan ekosistem yang ada di media sosial itu sendiri.

Dalam hal ini peran influencer begitu besar hingga dapat membentuk persepsi masyarakat terhadap suatu hal termasuk pada makanan yang kamu jual.

Maka dari itu bekerjasama dengan influencer merupakan hal yang perlu kamu lakukan agar produk yang kamu jual memiliki ‘nilai’ di mata calon konsumen-mu.

Demikianlah 7 tips cara jualan online makanan yang tentunya perlu untuk kamu ketahui sebelum kamu terjun di pasar online.

Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan serta membantumu dalam memulai dan juga mengembangkan bisnis makanan yang dijual secara onlline. usaha kamu untuk mengembangkan bisnis-mu di bidang makanan yang dijual secara online.

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.